ADV A1

Mau Mudah Belajar Matematika? Berikut Cara Mudah Belajar Matematika

FAJAR Pendidikan

Matematika masih menjadi mata pelajaran yang ditakuti oleh para pelajar. Padahal mempelajari ilmu matematika ini sangat berguna dalam kehidupan. Oleh karena itu simak cara mudah belajar matematika berikut ini untuk menambah motivasi belajar matematika.

Tanpa disadari, kita selalu mempraktekkan hitung-hitungan matematika dasar di kehidupan sehari-hari. Seperti menghitung kembalian uang sehabis belanja, menghitung kuota yang dibutuhkan kalau mau main game online, dan masih banyak lagi.

Selain itu, dengan mempelajari matematika juga sangat melatih otak untuk berpikir logis, dan juga melatih ketelitian dan kecermatan. Lalu bagaimana cara mudah untuk mempelajari matematika?

Berikut ini 7 tips mudah belajar matematika agar dapat membangun rasa penasaran dan siapa tahu akan jatuh cinta dengan pelajaran matematika.

1. Ubah mindset bahwa matematika itu rumit

Buang jauh-jauh pikiran kalau matematika itu sulit. Penting untuk mengubah mindset dan meyakinkan diri sendiri bahwa matematika itu tidak rumit dan bisa dipahami.

BACA JUGA :   Kumpulan Caption Instagram Singkat dan Cuek

Sugesti yang positif tentunya bisa bikin lebih termotivasi untuk belajar matematika dan tidak gampang menyerah kalau menemukan materi yang sulit. Ingat juga kalau matematika dibutuhkan buat hidup sehari-hari, sehingga matematika pun butuh dipelajari.

2. Cari atau buat suasana belajar jadi menyenangkan

Lingkungan belajar yang nyaman pasti bisa meningkatkan konsentrasi untuk belajar matematika. Cari suasana baru seperti belajar di coffee shop, perpustakaan, coworking space, atau bahkan alam terbuka.

Jika tidak memungkinkan untuk pergi ke luar rumah, bisa dengan membuat kamar atau meja belajar menjadi rapi dan senyaman mungkin supaya lebih semangat belajar.

3. Buat catatan rumus dengan rapi

Buat catatan rumus dengan rapi dalam buku catatan favorit menjadi tips ketiga. Ada studi yang menyatakan kalau mencatat dapat melatih daya ingat, karena adanya proses mengolah materi yang diterima menjadi catatan dalam bahasa kita sendiri.

BACA JUGA :   Kumpulan Caption Instagram Aesthetic Tentang Pantai dan Sunset

Selain itu, proses belajar yang dilalui pasti lebih efektif karena tidak perlu bolak-balik halaman buku materi hanya untuk cari satu baris rumus. Supaya catatan lebih cantik dan enak dilihat, bisa pakai penanda warna-warni atau highlighter, stiker atau gambar yang relevan, dan juga font-font menarik untuk penamaan judul di awal.

4. Pahami rumus, bukan hafal rumus

Banyak yang merasa kesulitan saat mengerjakan matematika karena yang dilakukan adalah menghafal rumus, bukan memahami rumus. Menghafal rumus hanya bisa bertahan dalam jangka pendek karena ada kemungkinan tidak bisa mengingat rumusnya dalam waktu yang lama.

Berusaha untuk memahami rumus akan melatih otak untuk berpikir dan mengetahui bagaimana rumus diperoleh, sehingga kamu tetap mengerti dan bisa cari solusi kalau jenis soalnya dibolak-balik. Dengan memahami rumus, pasti kamu juga akan sekaligus hafal rumus dengan sendirinya.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI