Mengenal Kolagen dan Manfaatnya untuk Tubuh

Kolagen saat ini tengah menjadi komponen produk yang diburu oleh kebanyakan orang khususnya bagi mereka yang sangat menyukai produk kecantikan dari Korea.

Saat ini, hampir seluruh produk kecantikan sudah mengandung kolagen dengan komposisi yang berbeda-beda sehingga menyebabkan efek yang berbeda pula. Kolagen seringkali menjadi komposisi utama dan menjadi komponen unggulan dalam penjualan produknya. Minuman collagen terbaik Mengapakah kolagen dapat menjadi terkenal di tengah banyaknya persaingan dari produk kosmetik? Bahkan, saat ini banyak minuman collagen terbaik yang diburu masyarakat.

Artikel ini akan membahas mengenai definisi dari kolagen serta manfaatnya terhadap kesehatan tubuh.

Apa itu Kolagen?

Kolagen merupakan sebuah jenis rantai protein yang tersusun dari asam amino. Kolagen memiliki sifat yang tidak larut di dalam air serta cenderung bertekstur keras. Kata “collagen” pada dasarnya berasal dari bahasa Yunani, yaitu “kólla” yang memiliki arti yaitu lem. Kolagen dapat dikatakan menjadi perekat sebuah organ atau jaringan ke jaringan atau organ lainnya.

- Iklan -

Kolagen memiliki komposisi besar dalam tubuh manusia yaitu sebanyak sepertiga protein pada tubuh manusia merupakan rantai kolagen. Kolagen merupakan salah satu zat yang menjadi pembangun utama bagian tubuh manusia yaitu kulit, tulang, tendon, serta ligamen.

Kolagen juga menyusun bagian tubuh lainnya yaitu pembuluh darah, gigi, dan kornea mata. Tubuh secara alami akan memproduksi kolagen dalam jumlah tertentu. Untuk meningkatkan fungsinya, kolagen sintesis dapat dikonsumsi secara rutin baik dalam bentuk suplemen maupun cairan berupa suntikan.

Baca Juga:  4 Metode Hilangkan Flek Hitam di Wajah

Manfaat Kolagen

Berikut merupakan berbagai manfaat kolagen bagi kesehatan dan keindahan kulit serta tubuh manusia sehingga menjadikannya zat yang sangat laku dipasaran

- Iklan -
  1. Kolagen berfungsi sebagai zat yang mengurangi garis halus pada wajah yang umumnya muncul sebagai dampak dari usia manusia yang semakin bertambah. Usia yang semakin tua juga menyebabkan berbagai organ dan jaringan tidak mampu bekerja maksimal lagi termasuk didalamnya adalah untuk menghasilkan kolagen dalam tubuh untuk membentuk zat tulang, kuku, gigi, rambut, kulit, dan organ lainnya.Menanggapi hal tersebut anda dapat menggunakan kolagen yang berupa pil atau injeksi untuk dapat mengurangi efek dari penuaan.
  2. Mengurangi selulit pada kulit yang sering menjadi hal yang membuat beberapa orang kurang percaya dongan tubunya. Selulit merupakan jaringan lemak yang mampu menembus serat hingga lapisan kulit yang paling atas sehingga akan sering muncul di permukaan kulit.Kolagen dalam hal ini akan berfungsi sebagai zat yang mempercepat proses regenerasi sel kulit pada jaringan kulit tersebut yang mengalami selulit sehingga menyebabkan kulit anda akan menjadi halus dan rata.
  3. Kolagen juga berfungsi sebagai zat yang membantu untuk memperlancar aliran darah pada tubuh dengan cara memperkuat struktur dari pembuluh darah manusia. Jika pembuluh darah dalam keadaan kuat dan baik, maka proses dari pengaluran oksigen dan nutrisi akan mudah dilakukan agar dapat melakukan segala metabolisme tubuh yang akan terjadi di seluruh tubuh manusia.
  4. Kolagen dapat membantu dalam merangsang pertumbuhan rambut karena memiliki gugus asam amino yang menghasilkan keratin yang sangat baik untuk membuat rambut menjadi kuat dan bertumbuh dengan cepat.
  5. Kolagen juga berperan dalam merawat kesehatan dari folikel rambut dimana kolagen dapat berdiri menjadi antioksidan yang berperan untuk melindungi folikel rambut dari berbagai kerusakan rambut yang diakibatkan oleh paparan radikal bebas.
Baca Juga:  Cara Hilangkan Flek Hitam di Wajah dengan Skincare atau Serum

Demikianlah artikel mengenai minuman collagen terbaik dan definisi serta manfaat dari kolagen yang tentunya sangat berguna bagi kesehatan tubuh serta organ yang terdapat didalamnya.

Semoga artikel ini bermanfaat sebagai referensi untuk dapat meningkatkan kualitas hidup anda dengan konsumsi kolagen.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU