10 Manfaat Daun Bidara bagi Kesehatan Jasmani dan Rohani

spot_imgspot_img

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Sebagian dari kita mungkin masih asing bahkan belum mengetahui daun bidara, daun ini bahkan disebutkan di dalam al quran dan memiliki banyak khasiat bagi tubuh kita. Dilansir dari Klikdokter, daun bidara kaya akan polifenol, siklopeptida alkaloid, saponin dammarane, vitamin, mineral, asam amino, serta asam lemak tak jenuh ganda. Selain itu, daun bidara juga mengandung senyawa yang bersifat antimikroba, anti inflamasi, serta memiliki antioksidan yang baik bagi kesehatan.

Berikut ini 10 manfaat daun bidara bagi kesehatan jasmani dan rohani, yakni :

1. Mengatasi Sariawan

Khasiat daun bidara yang pertama yaitu mampu mengatasi sariawan. Daun bidara memiliki kandungan antioksidan di dalamnya, yang dapat mencegah bakteri berada di dalam mulut. Hal ini akan membantu anda mengatasi berbagai masalah mulut, seperti sariawan dan bibir pecah-pecah.

2. Mengontrol Gula Darah

Meminum air rebusan daun bidara secara rutin membantu menurunkan dan menstabilkan kadar gula darah, daun ini bisa menjadi obat herbal yang baik untuk penderita diabetes.

3. Melancarkan Menstruasi

Jika selama ini haid anda tidak lancar, coba rutinkan minum teh bidara atau air rebusan daun bidara. Salah satu khasiat daun bidara adalah membantu melancarkan menstruasi.  Selain itu, daun ini juga dinilai ampuh sebagai antiseptik yang mampu membersihkan daerah kewanitaan dari keputihan dan bau tak sedap.

4.    Mengatasi Jerawat

Manfaat daun bidara yang keempat yaitu dapat mengatasi jerawat. Daun bidara ini juga mempunyai khasiat dalam merawat kulit, termasuk untuk mengatasi jerawat. Hal ini karena daun bidara memiliki kandungan antibakteri yang diyakini dapat membantu mengatasi jerawat.

Penggunaannya cukup mudah, Pertama, siapkan 5 lembar daun bidara, lalu tumbuk halus. Selanjutnya, beri sedikit air atau perasan lemon hingga kental dan oleskan pada bagian yang berjerawat atau bisa juga digunakan sebagai masker.

Baca Juga :   RAMALAN ZODIAK Kesehatan, Selasa, 26 Oktober 2021: Jaga Kesehatamu Aries

Diamkan sekitar 20 menit atau tunggu hingga mengering. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih. Lakukan cara ini sebanyak 3 sampai 4 kali dalam seminggu, selama 2 bulan. Anda juga bisa menggunakan bubuk ekstrak daun bidara yang dijual di toko herbal atau apotek.

5.    Mengatasi Insomnia

Manfaat daun bidara yang kelima dapat mengatasi insomnia. Daun bidara memiliki kandungan saponin, yang berkhasiat untuk memberikan efek yang menenangkan. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda bisa mengonsumsinya dalam bentuk teh. Daun bidara akan menjadi obat tidur alami yang baik sekaligus sebagai peningkat kualitas tidur anda.

Baca Juga :   Ini 6 Kebiasaan yang Bisa Menimbun Lemak di Perut

6. Mempercepat Kesembuhan Luka

Selain berkhasiat untuk jerawat, zat anti inflamasi dan antibakteri dalam daun bidara juga mampu mempercepat penyembuhan luka dan meregenerasi kulit. Misalnya, luka sayatan, lecet, goresan, luka bakar, hingga mencegah bekas luka. Cara menggunakannya, haluskan daun bidara hingga membentuk pasta dan oleskan pada area luka secara perlahan.

7.    Menjaga Jantung

Manfaat daun bidara yang selanjutnya adalah dapat menjaga Kesehatan jantung. Penyakit jantung memiliki berbagai penyebab, salah satunya adalah pola makan yang berubah ubah. Anda bisa menambahkan air rebusan daun bidara ke dalam menu pola makanan anda untuk mencegah munculnya penyakit ini.

8.    Menurunkan Kolesterol

Manfaat daun bidara yang berikutnya adalah dapat menurunkan kolesterol. Serat yang larut dalam air dapat berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL. Serat ini bisa didapatkan melalui air rebusan daun bidara. Daun bidara akan bermanfaat untuk mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan kemudian membuangnya keluar melalui feses.

9.    Mengobati Gangguan Sihir dan Makhluk Halus

Selain mampu memberikan manfaat bagia jasmani, daun bidara juga memberikan manfaat bagi rohani anda. Salah satu manfaat daun bidara yang paling terkenal adalah yang satu ini. Pada umumnya, daun bidara digunakan untuk meruqyah dan menangani masalah-masalah yang timbul oleh akibat adanya gangguan jin dan sihir yang dikirimkan oleh para ahli sihir dan dukun.

Baca Juga :   Gangguan Mata Bisa Sebabkan Depresi Hingga Nyaris Bunuh Diri

Pada masanya, ada seorang tabiin yang ahli pada bidang ilmu kedokteran yang bernama Wahb bin Munabih. Beliau menyarankan untuk menggunakan tujuh lembar daun bidara yang ditumbuk sampai halus. Kemudian daun bidara yang sudah halus tersebut dilarutkan dalam air dan dibacakan ayat kursi, Al Kafirun, Al ikhlas, Al Falaq, dan An nas.

10. Manfaat Daun Bidara dalam Memandikan Jenazah

Sebagai umat islam, semua kegiatan dan aktivitas sehari-hari telah diatur secara lengkap oleh Allah dan sebagian juga dari Nabi Muhammad SAW. Mulai dari bangun tidur sampai tidur lagi. Tak terkecuali dalam masalah jenazah, penjelasan mengenai tata cara dan sebagainya telah dibahas secara rinci.

اغْسِلْنَهَا ثَلاَثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مَنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

“Mandikanlah dengan mengguyurkan air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kapur barus (sebagai wewangian).” (HR. Bukhari no. 1253 dan Muslim no. 939).[/su_note]

Baca Juga :   Faktor dan Gejala Penyebab Kanker Payudara pada Pria

Pada hadits tersebut, disebutkan ketika akan memandikan jenazah maka dianjurkan untuk menggunakan air yang dicampur dengan daun bidara. Daun tersebut mengandung semacam zat yang dapat membantu untuk menghilangkan kotoran secara alami. Ketika daun bidara diremas maka akan menghasilkan busa yang bisa dipergunakan untuk memandikan jenazah.

Sekian pembahasan pada artikel ini, semoga dapat bermanfaat!(AHM)

 

 

- Advertisement -

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- Advertisment -

TERKINI