ADV A1

Menteri ‘Termiskin’ Sepanjang Sejarah Indonesia

FAJAR Pendidikan

Sosok menteri yang jauh dari kesan kemewahan ialah Ir. Sutami. Ia adalah menteri termiskin menjabat sebagai Menteri Pekerjaan Umum Indonesia di era Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto.

Ir. Sutami lahir di Surakarta, 19 Oktober 1928. Berasal dari SMA Negeri 1 Surakarta dan melanjutkan sekolah di Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan gelar insinyur.

Sebelum menjadi menteri, Ir. Sutami di kenal sebagai teknisi yang telah menciptakan teori perhitungan beton bernama ‘Ultimate Strength Design’.

BACA JUGA :   Ramalan Zodiak Jumat 20 Mei 2022 Bagaimana Peruntungan Zodiakmu Hari Ini?

Teori tersebut di gunakan dalam pembangunan Stadion Utama Senayan hingga dalam pembuatan Gedung DPR RI.

Ia menjabat sebagai menteri sekaligus menjadi menteri dengan masa jabatan terlama  di 2 era kepemimpinan presiden yakni Presiden Soekarno dan Presiden Soeharto selama 14 Tahun (1964-1978).

Sosok beliau merupakan orang kepercayaan kedua presiden tersebut berkat hasil kerjanya yang fantastis. Adapun 2 karya terbaiknya yakni Jembatan Semanggi dan Gedung DPR RI yang masih dapat di nikmati hingga saat ini.

BACA JUGA :   RAMALAN SHIO Sabtu 21 Mei¬†2022 Bagaimanakah Peruntunganmu hari ini?

Beliau meninggal dunia pada 13 November 1980 pada umur 52 tahun di sebabkan penyakit liver.

Untuk menghormati jasanya, pada 16 Desember 1981 Bendungan Karangkates, Kabupaten Malang di beri nama Bendungan Ir. Sutami

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI