7 Cara Menaikkan Berat Badan Secara Sehat

Ada banyak alasan orang ingin menambah berat badan, mulai dari tubuh yang terlalu kurus hingga ingin memperbaiki penampilan. Namun, apa pun alasannya, meningkatkan berat badan perlu dilakukan dengan cara yang tepat agar tidak menyebabkan masalah kesehatan. – Cara Menaikkan Berat Badan Secara Sehat

Tidak sedikit orang yang melakukan berbagai cara untuk menambah berat badan. Namun, cara menaikkan berat badan perlu disesuaikan dengan kondisi kesehatan masing-masing orang dan penyebab mengapa berat badannya bisa rendah. – Cara Menaikkan Berat Badan Secara Sehat

Oleh karena itu, sebelum Anda memulai program peningkatan berat badan, periksa terlebih dahulu status gizi dengan menghitung indeks massa tubuh.

- Advertisement -

Jika hasil perhitungan menunjukkan bahwa berat badan Anda memang kurang, cobalah perbaiki pola makan atau berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui cara yang tepat untuk menambah berat badan.

BACA JUGA :   8 Macan Sayuran Bermanfaat Bagi Ibu Hamil dan Kandungannya
- Advertisement -

Cara meningkatkan berat badan paling baik adalah dengan mengatasi penyakit atau kondisi yang menjadi penyebab berkurangnya berat badan. Bila kondisi tersebut bisa diatasi, berat badan pun akan bertambah.

Selain itu, ada beberapa tips menambah berat badan secara sehat dan aman yang dapat Anda coba, antara lain:

1. Pilih makanan sehat yang kaya akan nutrisi

Untuk menambah berat badan, Anda tidak diwajibkan untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori, makanan cepat saji, makanan berlemak, dan makanan atau minuman dengan kadar gula tinggi.

Agar bisa menambah berat badan dengan lebih sehat, Anda tetap perlu mengonsumsi makanan bergizi seimbang, misalnya buah dan sayuran, kacang-kacangan, daging tanpa kulit atau lemak, tahu, tempe, telur, dan ikan.

BACA JUGA :   8 Tanda Mental Anda Kuat, Apa Saja?

Jika perlu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen nutrisi tambahan sesuai anjuran dokter untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan menambah berat badan.

2. Makan lebih sering dengan porsi kecil

Seseorang yang kekurangan berat badan sering merasa cepat kenyang. Daripada makan 2–3 kali sehari dalam porsi besar, lebih baik makan dalam porsi lebih kecil tetapi sering.

3. Konsumsi minuman padat kalori dan nutrisi

Tak hanya dari makanan, asupan nutrisi juga dapat di peroleh dari minuman padat kalori, seperti smoothies, susu, yoghurt, dan jus segar di sela waktu makan. Selain memenuhi kebutuhan cairan tubuh, Anda pun dapat terhindar dari dehidrasi.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: