Rabu, Januari 20, 2021

Minyak Kayu Putih Bisa Menghambat Replikasi Virus Corona

Oleh : Dr. Indrianti Idrus. Sp.KK

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Ini kisah nyata. Setelah ayahku, Prof. Idrus Paturusi, divonis positif covid 19, dia langsung masuk ruang isolasi RS.Unhas ditemani ibuku. Pada hari kedua atau hari ketiga, saya disarankan oleh sahabat ayahku, Dr Murni.Sp.B, agar bapak diberikan minyak kayu putih.

Kebetulan ibuku memang pencinta minyak kayu putih, minyak tawon, dan rajin mengoleskan minyak ini di tubuhnya. Ayahku pun sangat suka minyak kayu putih. Karena pengalamannya saat kecil, selalu dibalur minyak kayu putih. Saat masuk di kamar isolasi pun, persediaan minyak kayu putih sudah ada. 

Singkat cerita, ketika ayah dan ibuku memakai minyak kayu putih, dia merasakan dadanya plong dan lega. Alhamdulillah, setelah swab ketiga dan keempat, ayahku negative dan bisa keluar dari RS. Akhirnya banyak yang telepon ke ayahku, termasuk sahabatnya, pejabat  dari pusat yang ketika itu, rapid testnya juga positif. Ayahku pun memberitahukan semua pengobatan yang digunakannya. 

Saya sempat kesal pada orang orang yang menawarkan berbagai macam obat dan suplemen. Karena tidak semua obat suplemen bisa menyembuhkan covid 19. Akan tetapi, saat ini banyak yang memanfaatkan situasi dengan menjual suplemen atau obat. Yang katanya,  obat yang paling  mujarab untuk para pasien covid 19. Karena kami, orang akademisi, tentu kami harus melakukan beberapa penelitian untuk terapi end it’s a long jurney. 

Akhirnya, ayahku membentuk tim di awal bulan April 2020. Meneliti efek dari minyak kayu putih ini. Karena minyak kayu putih, sangat masuk akal, bisa menghambat replikasi virus. 

Ayahku Pun mendapat  literatur review dan beberapa jurnal pendukung. Kalau jurnal kayu putih, ternyata manfaatnya sangat banyak. Anti bakteri, anti jamur. Bisa menginaktivasi airborne virus. 1,8 cineol yang merupakan zat aktif. Minyak kayu putih bisa sebagai anti inflamasi. Kandungan eucaliptusnya berfungsi sebagai ekspektoran, mukolistik, dan dekongestan. 

Ketika melakukan pertemuan dengan tim peneliti yang diketuai Prof. Elly dari Farmasi, melalui zoom, maka kami mendapatkan lagi tambahan beberapa journal pendukung bahwa, unsur dari kayu putih yang bernama eucalyptus, bisa bertindak sebagai anti virus.

Penelitian kami pun berjalan sejak itu. Tim kami, gabungan dari para dosen Unhas yang berada di Makassar, Inggris, Jepang dan Korea Selatan.  Sehingga penelitian kami, menghasilkan sesuatu yang berguna untuk para pasien covid 19. 

Metode pengobatannya

1. Ambil minyak kayu putih secukupnya, lalu dibalurkan ke badan. Fungsinya sebagai penghangat tubuh agar lebih fresh.

2. Untuk menangani orang yang positif covid :
– Tuangkan minyak kayu putih secukupnya ke jari.
– Letakkan jari tersebut di tengah lidah. 
– Lakukan metode ini, dalam satu hari 3 – 4 kali. Hasilnya, InsyaAllah,    orang yang sudah positif vovid 19, jadi negative.

3.  Minum teh hangat yang telah ditetesi satu tetes minyak kayu putih. Minum saat hangat. Lakukan, dalam sehari, 2 – 3 kali. (ANA)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Istri Bupati Barru Hasnah Syam Berikan Bantuan Para Korban Gempa Sulbar yang Mengunsi di Barru

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Memegang amanah sebagai "Istri Kepala Daerah" sekaligus "Tokoh Nasional" merupakan dua anugerah yang dapat memberi manfaat besar bagi sebanyak...

Sah! STIE Nobel Jalin Kerja Sama dengan PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda)

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia Makassar sepakat melaksanakan kerja sama dengan PT. Sulsel Citra Indonesia (Perseroda), senin 18...

Jasa Raharja Peduli Sasar Masyarakat Terdampak Covid-19 di Empat Lokasi Ini

FAJARPENDIDIKAN.co.id- PT. Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan mengadakan giat pembagian sembako dengan mengusung tema “Pegawai dan Manajemen Jasa Raharja Berbagi Bantuan Donasi...

Peduli Gempa Sulbar, Sekolah Islam Athirah Galang Donasi

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah melalui Tim Athirah Peduli melakukan penggalangan donasi untuk korban terdampak gempa Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat,...

PBB Terbitkan Laporan Demografi; Populasi Laki-Laki Jauh Lebih Sedikit

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Baru-baru ini PBB menerbitkan laporang Demografi suku pertama 2019 yaitu manusia berjumlah 7.7 Milyar orang di planet bumi ini.

REKOMENDASI