Apa itu Omega 3? Manfaat, Sumber dan Perbedaan Kebutuhan Laki-laki dan Perempuan

Apa itu Omega 3? Asam lemak omega-3 adalah asam lemak tak jenuh ganda yang ditandai dengan adanya ikatan rangkap tiga atom dari gugus metil terminal dalam struktur kimianya. Asam lemak omega-3 sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Kandungan Omega 3 yang tinggi dapat di temukan dalam minyak ikan.

Apa itu Omega 3? Menurut para ahli menyarankan untuk mengonsumsi suplemen minyak ikan karena bermanfaat untuk ketajaman pikiran anak pada usia berkembang.

Baca Juga:  Krim dan Herbal Alami untuk Flek dan Keriput

Omega-3 merupakan unsur dari kelompok asam lemak tak jenuh ganda yang sangat penting untuk kesehatan manusia. Omega-3 dapat di temukan pada ikan salmon, ikan sarden, ikan kecil dan tuna. kandungan tersebut juga di temukan dalam telur, yogurt dan susu.

- Iklan -

namun untuk mengonsumsi minyak ikan tidak berlebihan, jika telah mengonsumsi makanan berupa ikan maka tidak perlu lagi mengonsumsi suplemen minyak ikan. Menurut National Institute of Health pada usia 0 – 12 bulan membutuhkan 6 gram omega 3, 8 gram selama 3 tahun, 9 gram untuk anak berusia 4 – 8 tahun.

Baca Juga:  Penuaan Dini, Kenali Tanda-tandanya

Serta kebutuhan anak laki-laki dan perempuan setelah usia 8 tahun akan berbeda. Anak perempuan usia 9-13 tahun membutuhkan 1 gram dan anak laki-laki 1,6 gram, anak perempuan usia 14-18 tahun 1,1 gram omega 3.

Manfaat omega 3 yakni untuk perkembangan mental anak, meningkatkan daya ingat, kecerdasan dan keterampilan anak.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU