Wednesday, August 5, 2020

Musik Campursari, Musik Nasional Kebanggaan Indonesia yang Juga Terkenal di Belanda!

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Pernahkah teman-teman mendengar tentang musik campursari? Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki beragam kebudayaan.

Bagaimana tidak? Negara kita merupakan negara kepulauan yang memiliki 34 provinsi dengan 514 kabupaten dan kota.

Lebih dari itu, hampir setiap daerah memiliki ciri khas dan budayanya masing-masing. Mulai dari rumah adat, makanan tradisional, bahasa, hingga kesenian.

Dalam bidang kesenian bisa dilihat kalau Indonesia memiliki banyak sekali lagu-lagu daerah. Indonesia bahkan memiliki genre musik sendiri, lo.

Nah, musik campursari ini adalah genre musik asli Indonesia. Ia merupakan campuran antara bebrapa jenis musik kontemporer Indonesia. Kita cari tahu lebih lanjut tentang musik campursari, yuk!

Teman-teman mungkin asing dengan istilah musik campursari. Hal itu karena jenis musik ini berjaya pada sekitaran tahu 90-an dan awal tahun 2000.

Sebenarnya apa sih musik campursari itu?

Musik campursari adalah penggabungan beberapa jenis musik tradisional Indonesia (terutama musik jawa) dengan jenis musik modern yang sedikit kebaratan. Jadi alat musik yang digunakan pun adalah campuran antara alat musik tradisional, seperti gamelan dengan alat-alat musik barat, seperti gitar, keyboard, bas, dan lain sebagainya.

Jenis musik ini pertama kali dipopulerkan oleh Pak Manthous pada sekitaran akhir tahun 80-an. Beliau menambahkan instrumen keyboard dalam pertunjukkan gamelan.

Seiring waktu masuklah juga unsur musik khas Indonesia lainnya, seperti keroncong dan dangdut.

Karena kebanyakan lagu-lagu yang dibawakan berbahasa Jawa, musik campursari sering dianggap sebagai salah satu musik budaya khas Jawa.

Musik campursari pernah mengalami kritik karna dianggap mengubah tradisi Jawa. Namun, justru kebanyakan orang berpendapat campursari memberi sentuhan baru pada musik tradisional di Jawa.


Tokoh Musik Campursari

1. Manthous

Pada tahun 1993, Pak Manthous mendirikan Grup Musik Campursari Maju Lancar Gunung Kidul. Garapannya menampilkan kekhasan campursari dengan langgam-langgam Jawa yang sudah ada. Ada warna rock, reggae, gambang kromong, dan lainnya.

Ada juga tembang Jawa murni seperti Kutut Manggung atau Bowo Asmorondono, dengan gamelan yang diwarnai keyboard dan gitar bas.

2. Didi Kempot

Didi Kempot sangat terkenal dan selalu menjadi ikon langgam Jawa dan Campursari.  Pak Didi Kempot tidak hanya terkenal di Indonesia, tetapi juga Suriname dan Belanda, lo.

Beliau pernah diundang secara langsung oleh presiden Suriname bernama Weyden Bosch saat sedang berkunjung ke Indonesia tahun 1998.

Di tahun 2013 Pak Didi Kempot diundang oleh penyelenggara Pasar Malam Indonesia di Belanda untuk tampil dan menyanyikan lagu-lagu campursari. (WLD/*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Dorong Mahasiswa Lakukan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Minta Dukungan Rektor IAIN Bone

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bone Hj Jumriah lakukan audiensi rencana Workshop terkait sosialisasi pengawasan Pemilu dengan Rektor IAIN...

Persiapan Panen Raya dan Vicon Dengan Kasal, Wadan Lantamal VI Tinjau Lahan Ketahanan Pangan Karuwisi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Makassar, Wakil Komandan (Wadan) Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, S.H, M.M melaksanakan kunjungan ke lahan ketahanan pangan Karuwisi Lantamal...

Wisuda Purna Tugas Wujud Penghormatan Lanal Kendari Terhadap Jasa-Jasa Perwiranya Selama Berdinas Di TNI AL

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kendari, Selasa, (04/08/2020) Lanal Kendari mengadakan Upacara Wisuda Purna Tugas dan Acara Tradisi Pelepasan yang dikemas secara menarik dan mengharukan...

Irjen Pol Merdisyam Ditunjuk Jadi Kapolda Sulsel

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kepolisian Republik IndonesiaJenderal Idham Azis mutasi Kapolda Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe, digantikan Irjen Pol Merdisyam.Kapolri, Jenderal Idham Azis...

SMP Islam Athirah 1 Makassar Edukasi Siswa Perihal Esensi Kurban Melalui Webinar

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kegiatan kurban merupakan salah satu agenda tahunan yang dilaksanakan oleh SMP Islam Athirah 1 Makassar. Kegiatan kurban tahun ini dibagi...

REKOMENDASI