Lindungi Kucingmu dari Penyakit Kulit, Berikut Cara Mencegahnya

FAJAR Pendidikan

Bagi kalian yang memiliki kucing di rumah. Perhatikan dengan baik kebersihan dan kesehatan kucing anda. Karena Bulu kucing yang bersih, halus, dan lembut menandakan kulit yang sehat.

Jika kulit kucing terlihat ada kemerahan, benjolan, pengelupasan, atau iritasi, maka terjadi masalah pada kesehatan kulitnya. Jika kulit kucing mengalami masalah, maka kucing kesayangan kamu perlu mendapatkan perawatan segera.

Perlu diketahui bahwa penyakit kulit pada kucing dapat dicegah dan dihindari. Tentu hampir semua hewan pernah mengalami penyakit kulit, khususnya disebabkan oleh jamur dan parasit lainnya.

Sebelum kucing kesayangan kamu mengalami penyakit kulit, sebaiknya lakukan langkah pencegahan, seperti:

Memberikan Makanan yang Berkualitas Baik

Pilihlah makanan kucing yang mengandung nutrisi baik. Makanan yang berkualitas dapat memberikan kebutuhan yang dibutuhkan kucing peliharaan. Penting untuk selalu memastikan makanan kucing mengandung omega-3 bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan bulu. Kamu bisa mengetahui makanan berkualitas dengan membaca komposisi pada kemasan makanan kucing.

Hindari Kucing dari Gangguan Kutu dan Jamur

Membasmi jamur di kulit kucing sangat penting untuk menjaga kesehatan kulitnya. Selain jamu, kutu juga bisa menjadi penyebab munculnya penyakit kulit pada kucing.

Hal ini karena gigitan kutu dapat membuat kucing menggaruk kulit, sehingga menyebabkan luka yang bisa menimbulkan penyakit kulit lain. Kamu dapat mencegah atau menghilangkan kutu dan jamur dengan memandikan kucing dengan sampo khusus.

Kontrol Frekuensi Mandi

Ini adalah cara yang terpenting agar kesehatan kulit dan bulu kucing terjaga tetap sehat. Pastikan selalu memandikan kucing kesayangan secara teratur supaya ia terhindar dari semua kotoran dan bakteri penyebab penyakit kulit. Selain mandi, kamu juga harus rajin menyisir atau menyikat bulu kucing setiap hari. Ini supaya rambutnya tetap halus dan minyak alami pada tubuh dapat tersebar secara merata ke bagian badannya yang lain.

Yang tidak kalah penting, kamu juga harus rajin dan merawatnya. Hindari pula hewan kesayangan kamu berkontak langsung dengan kucing liar atau kucing yang sedang mengalami penyakit kulit.

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA