Najis dan Macam-Macam Najis

FAJAR Pendidikan

Najis dan Macam-Macam Najis, beriky penjelasannya. Najis sebagai hukum dalam Islam tentang menjaga kebersihan dan kekudusan sehingga tetap menjaga kebersihan dari kekotoran yang mencegah seseorang dalam menyembah Allah.

Maka definisi dari kata Najis itu sendiri dapat diartikan sebagai jijik atau sebuah kekotoran yang masih menempel pada tubuh seperti darah, nanah, bangkai dan lain sebagai nya. Dalam ungkapan bahasa Arab najis terdapat dua jenis di antaranya adalah:

Najis hakikiyyah atau ‘ainiyyah adalah salah satu kotoran yang tidak berubah menjadi suci sehingga hal ini dapat menghalangi seorang untuk melakukan beribadah.

Najis hukmiyyah atau ma’nawiyyah adalah salah satu kotoran yang dapat menghalangi seorang tidak bisa melakukan ibadah karena di dalam tubuhnya masih kotor atau tidak suci.

Macam Macam Najis

Dari ulasan singkat di atas, maka kami juga akan memberikan beberapa macam najis.

Berikut macam-macam najis di antaranya adalah:

BACA JUGA :   Pasukan – Pasukan Tentara Allah

A. Najis Bangkai

Najis Bangkai adalah salah satu najis hewan yang mati dan tanpa disembelih dengan benda yang tajam sehingga hal yang demikian haram untuk di makan dan akan menyebabkan terhalangnya untuk melakukan beribadah kepada Allah.

B. Najis Kotoran Manusia

Najis Kotoran Manusia adalah salah satu najis apa bila seseorang yang menginjak kotoran maka bagian bawahnya harus di bersihkan karena hal ini akan jadi penghalang apa bila seseorang yang akan melakukan beribadah kepada Alloh.

C. Najis Madzi

Najis Madzi adalah salah satu najis yang berbentuk cairan bening dan encer dan keluar pada saat melakukan hubungan suami istri atau mimpi maka hal ini juga dapat menjadi penghalang untuk melakukan beribadah kepada Allah.

D. Najis Darah Haid

Najis Darah Haid adalah salah satu najis yang di keluarkan dari seorang wanita dengan mengeluarkan darah menstruasi sehingga hal ini dapat menjadi penghalang untuk melakukan beribadah kepada Allah.

BACA JUGA :   Kisah Hasan Outtara Presiden Negara Pantai Gading di Afrika Barat

E. Najis Air seni

Najis Air seni adalah salah satu najis yang keluar dari tubuh yang melalui saluran seni dan najis ini juga akan menjadi penghalang pada saat melakukan beribadah kepada Allah. dan cara menyucikannya juga cukup di bersihkan menggunakan air yang bersih.

F. Najis Wadi

Najis Wadi adalah salah satu najis yang berbentuk cairan bening dan kental yang muncul setelah buang air kecil, Maka hal ini dapat menjadi salah satu faktor seseorang tidak bisa melakukan beribadah kepada Allah.

G. Najis Air liur Anjing

Najis Air liur Anjing adalah salah satu najis yang sangat di haramkan oleh Allah karena kotoran atau air liur anjing sebagai faktor menjadi penghalang untuk melakukan beribadah kepada Allah.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI