Nurdin Abdullah Resmi Divonis 5 Tahun Penjara, Hakim Cabut Hak Politik

Terdakwa Nurdin Abdullah divonis 5 tahun dan denda Rp 500 Juta terkait kasus dugaan suap dan gratifikasi proyek infrastruktur di Pemprov Sulsel. Bertempat di Ruang Sidang Harifin Tumpa Pengadilan Negeri Makassar. Senin 29 November 2021.

Hakim menyebut Nurdin Abdullah terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan korupsi. Sehingga harus dihukum pidana dan perdata. Agar menjadi contoh bagi masyarakat. Tidak melakukan hal serupa.

Sebelumnya, Nurdin Abdullah telah membacakan pembelaan atau pledoi pada Selasa, 23 November 2021. Nurdin meminta majelis hakim membebaskannya dari tuntutan jaksa penuntut umum KPK.

BACA JUGA :   Resmikan AMN, Presiden Ajak Mahasiswa Tumbuhkan Jiwa Wirausaha

Nurdin Abdullah dituntut hukuman 6 tahun penjara oleh Jaksa KPK. Jaksa juga meminta hakim menjatuhkan denda sebesar Rp500 juta subsider 6 bulan kurungan.

Tuntutan dibacakan pada sidang di ruang Harifin Tumpa, Kamis, 15 November 2021, pekan lalu. Dalam amar surat tuntutannya, JPU berpendapat Nurdin Abdullah sebagai terdakwa terbukti bersalah melakukan tindak pidana korupsi secara berlanjut dan bersama-sama.

- Advertisement -

Dalam perkara itu, jaksa juga menuntut Nurdin membayar uang pengganti sebesar Rp 3 miliar. Juga, meminta hakim untuk mencabut hak politik Nurdin selama lima tahun setelah menjalani pidana.

BACA JUGA :   Wapres Harapkan Dakwah Santri Merambah Dunia Digital

JPU menjerat Nurdin dengan pasal 12 huruf a Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) Ke-1 KUHPidana juncto Pasal 64 ayat (1) KUHPidana.

Kemudian Pasal 12 B, Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana diubah dengan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 65 ayat (1) KUHPidana.

Bagikan

BACA JUGA:

Jalin Kerja Sama Dengan SPOTV, IndiHome Bakal Menampilkan Tayangan Olahraga Dunia

IndiHome tak pernah berhenti untuk menghadirkan tayangan hiburan berkualitas di TV Interaktifnya. Kali ini, layanan fixed broadband unggulan milik PT Telkom Indonesia (Telkom) itu...

KRI Dewaruci dan Bima Suci Akan Ramaikan Garuda di Lautku

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) VI mendatangkan dua kapal perang legendaris Indonesia yakni KRI Dewaruci dan Bima Suci-945 untuk mendukung...

Gratis dan Berbayar, ini Kriteria Penerima Vaksin Covid 19 Dosis Ketiga

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan program vaksin dosis ketiga atau booster akan dimulai pada 12 Januari 2022. Budi mengatakan, vaksin dosis ketiga atau...

DLH Nagekeo Gerakan Kelompok Muda Menanam Bambu di Kelurahan Mbay I

Di pagi yang mendung, juga tanah yang berlumpur akibat hujan kemarin, ratusan orang berkumpul di Aliran Sungai (DAS) Aesesa, Kelurahan Mbay I, Aesesa, Nagekeo,...

Selamat Ulang Tahun Direktur Fajar Pendidikan

FAJARPENDIDIKAN.co.id-Menjadi tua adalah sebuah kepastian. Waktu bergulir dengan cepatnya. Dan tibalah saat dimana engkau bertambah usia. Dengan kesabaran dan ketulusan dalam setiap arahanmu, semoga engkau...

POPULER