Beranda blog Halaman 186

Resep Kue Kecipir, Lezat dan Penuh Tradisi

0

Rubrik Selera Nusantara edisi kali ini menyajikan resep Kue Kecipir by @wawawiati. Kue kecipir adalah salah satu camilan tradisional Indonesia yang cukup unik dan menarik.

Kue kecipir memiliki rasa yang manis dan sedikit gurih. Kue ini juga menawarkan perpaduan rasa yang kaya.

Teksturnya kenyal dan lembut, saat digigit, kue ini memberikan sensasi chewy yang menyenangkan, dan rasanya yang manis tidak terlalu menyengat, membuatnya cocok sebagai camilan. Dari segi nutrisi, kue kecipir mengandung karbohidrat meskipun lebih condong ke camilan manis.

Secara keseluruhan, kue kecipir adalah camilan yang lezat dan penuh tradisi. Dengan rasa manis yang seimbang dan tekstur yang menarik, kue ini layak untuk dicoba, terutama bagi mereka yang ingin menjelajahi kuliner khas Indonesia. Nikmati kue ini dengan secangkir teh atau kopi untuk pengalaman yang lebih menyenangkan!

Resep Kue Kecipir

Bahan:

  • 425 gram tepung ketan
  • 75 gram tepung kanji
  • 130 gula pasir halus, bisa diblender kering, boleh tambah lagi bila suka manis
  • 1 sendok teh peres garam halus
  • 1 butir telur ukuran besar atau 2 butir kalau mau lebih renyah. Di resep ini, hanya menggunakan telur 1 butir, dikocok lepas
  • 125 gram margarine
  • 1 bungkus kecil santan instant
  • 120 – 140 ml air atau menyesuaikan dengan kalisnya adonan

Cara Membuat Kue Kecipir

  1. Campur dan aduk rata tepung ketan, tepung tapioka, garam dan gula halus.
  2. Masukkan margarine, telur, vanilli dan santan, kemudian tuangkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni. Hingga adonan lembut dan kalis. Stop tambah air kalau dirasa sudah cukup bikin kalis.
  3. Panaskan minyak dalam wajan dengan api cenderung kecil. Masukkan adonan ke dalam cetakan, tekan dengan ibu jari langsung di atas wajan hingga adonan keluar.
  4. Potong sesuai panjang yang diinginkan. Lakukan sampai minyak terisi penuh. Goreng hingga kuning kecokelatan. Angkat lalu tiriskan. Setelah dingin, masukkan ke dalam wadah yang tertutup rapat.

Selamat mencoba dan menikmati. (Ana)

Resep Pepes Tahu Pete, Lezat dan Bergizi

0

Rubrik Selera Nusantara edisi kali ini menyajikan resep Pepes Tahu Pete dari @silvialim18. Pepes tahu pete adalah salah satu hidangan khas Indonesia yang menggugah selera dan kaya rasa.

Pepes tahu pete memiliki rasa yang unik dan menggugah selera. Tahu yang lembut dipadukan dengan pete (petai) memberikan kombinasi rasa gurih dan sedikit pahit yang khas. Bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, dan cabai menambah kedalaman rasa, sementara daun pisang yang digunakan untuk membungkusnya memberikan aroma yang harum saat dimasak.

Tekstur pepes tahu pete sangat menarik. Tahu yang lembut berpadu dengan pete yang kenyal menciptakan sensasi yang memuaskan. Ketika dibuka, Anda akan merasakan kelembutan tahu yang bercampur dengan sayuran dan bumbu yang meresap sempurna.

Hidangan ini juga cukup bergizi. Tahu merupakan sumber protein nabati yang baik, sementara pete mengandung serat, vitamin, dan mineral. Pepes tahu pete adalah pilihan sehat yang cocok untuk vegetarian dan bisa menjadi pelengkap yang lezat dalam hidangan sehari-hari.

Secara keseluruhan, pepes tahu pete adalah hidangan yang tidak hanya enak tetapi juga menarik. Kombinasi rasa, aroma, dan tekstur yang unik menjadikannya favorit di banyak meja makan. Jika Anda menyukai hidangan yang kaya rasa dan bergizi, pepes tahu pete pasti layak untuk dicoba!

Resep Pepes Tahu Pete

Bahan:

  • 600 gram tahu putih di haluskan
  • Pete kupas, banyaknya sesuai selera
  • Cabe rawit hijau, banyaknya sesuai selera
  • Garam dan gula pasir secukupnya
  • 50 ml santan kental
  • Canola oil atau minyak goreng secukupnya

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 10 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • 1 cm jahe
  • 10 buah cabe merah keriting
  • 100 ml air

Tambahan:
Daun pisang secukupnya, panggang sebentar daun pisang di atas kompor hingga sedikit layu, agar daun pisangnya tidak mudah robek pada saat membungkus.

Cara Membuat Pepes Tahu Pete

  1. Panaskan oil, lalu masukkan bahan bumbu yang sudah dihaluskan, lalu tumis hingga tercium bau wangi.
  2. Setelah itu, masukkan cabe rawit, pete kupas, garam dan gula pasir secukupnya, lalu aduk-aduk hingga tercampur rata.
  3. Masukkan juga santannya, tumis hingga bumbunya matang, jangan lupa icip koreksi rasanya.
  4. Selanjutnya masukkan tumisan tersebut ke dalam wadah yang berisikan tahu yang sudah dihaluskan sebelumnya. Aduk dengan spatula hingga tercampur rata.
  5. Ambil selembar daun pisang, lalu letakkan adonan tahu beberapa sendok makan, lalu bungkus. Lakukan seterusnya, hingga adonan habis.
  6. Panggang pepes tahunya di atas grill fan dengan api sedang cenderung kecil. Hingga tercium bau wanginya. Lalu angkat dan sajikan.

Selamat mencoba dan menikmati. (Ana)

Resep Sop Daging Sapi, Kaya Rasa dan Bergizi

0

Rubrik Selera Nusantara edisi kali ini menyajikan resep Sop Daging Sapi by @yoanitasavit. Sop daging sapi adalah hidangan yang kaya rasa dan bergizi, sangat populer di berbagai kalangan.

Sop daging sapi memiliki kombinasi rasa yang kompleks. Daging sapi yang empuk dan juicy memberikan kekayaan rasa, sementara sayuran seperti wortel dan kentang menambah manis alami. Bumbu seperti bawang merah dan jahe memberikan aroma yang menggugah selera, membuatnya sangat mengundang.

Tekstur sop ini juga menarik. Daging yang dimasak hingga empuk mudah disobek dengan sendok, sementara sayuran memberikan sedikit crunch. Kaldu yang kental dan gurih menambah kepuasan saat menikmatinya.

Sop daging sapi adalah pilihan yang bergizi. Daging sapi kaya akan protein, zat besi, dan vitamin B, sementara sayuran menambah serat, vitamin, dan mineral. Ini menjadikannya hidangan yang seimbang dan memuaskan.

Secara keseluruhan, sop daging sapi adalah hidangan yang lezat, bergizi, dan sangat memuaskan. Kombinasi rasa, aroma, dan tekstur yang harmonis menjadikannya favorit banyak orang. Jika Anda belum mencobanya, sop daging sapi pasti layak untuk dihidangkan di meja makan Anda!

Resep Sop Daging Sapi

Bahan:

  • 600 gram daging sapi berlemak, potong kotak kecil, lalu cuci bersih
  • Tulangan sapi secukupnya, lalu cuci bersih
  • 3 liter air
  • 4 buah wortel, potong potong
  • 1 batang daun bawang, diiris iris
  • Garam, gula pasir dan kaldu bubuk secukupya

Bumbu Rempah:

  • 1 buah bunga pekak
  • 2 batang kayu manis ukuran kecil
  • 2 buah cengkeh
  • 1 jempol jahe, geprek

Bumbu yang Dihaluskan:

  • 10 buah bawang merah
  • 10 siung bawang putih

Cara Membuat Sop Daging Sapi

  1. Rebus daging sapi dan tulangan sapi selama 15 menit, lalu cuci bersih daging, dan buang air rebusan pertama. Gunanya, agar kotoran dan air darah, tidak ikut termasak.
  2. Siapkan 3 liter air, rebus daging sapi dan tulangan sapi, bersama bumbu rempah hingga empuk. Di resep ini, menggunakan panci fresto.
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak, hingga tercium bau harum. Masukkan bumbu tumisan ke dalam panci yang berisi daging.
  4. Masukkan wortel, kentang, garam, lada bubuk, kaldu bubuk. Masak hingga sayuran empuk.
  5. Koreksi rasa. Sesaat sebelum diangkat, taburi daun bawang. Lalu angkat dan sajikan.

Selamat mencoba dan menikmati. (Ana)

Renungan Harian Kristen, Selasa, 8 Oktober 2024: Datang kepada Yesus

0

Renungan Harian Kristen hari ini, Selasa, 8 Oktober 2024 berjudul: Datang kepada Yesus

Bacaan untuk Renungan Harian Kristen hari ini diambil dari Matius 11:28

Renungan Harian Kristen hari ini mengisahkan tentang Datang kepada Yesus

Matius 11:28 – Marilah kepada-Ku, semua yang letih lesu dan berbeban berat, Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

Pengantar:

Undangan Yesus, “Marilah kepada-Ku ….” Pada kenyataannya, kita bukannya datang kepada-Nya, melainkan mengemukakan berbagai argumentasi atau dalih. Sebelum dapat datang kepada Yesus, Roh Kudus akan menunjukkan apa yang harus kita lakukan, termasuk hal-hal yang harus dicabut dari akar-akarnya, yang mencegah kita untuk datang kepada-Nya. Kita tidak akan pernah dapat lebih jauh, sampai kita bersedia melakukan hal tersebut.

Renungan Harian Kristen, Selasa, 8 Oktober 2024

Bukankah memalukan untuk diberitahu bahwa kita harus datang kepada Yesus Kristus? Pikirkanlah hal-hal yang membuat kita enggan datang kepada Yesus Kristus. Jika kita ingin tahu bagaimana diri kita yang sebenarnya, ujilah diri kita dengan kata-kata ini — “Marilah kepada-Ku.”

Pada kenyataannya, dalam berbagai dimensi kehidupan, kita bukannya datang kepada Yesus, tetapi malah mengemukakan berbagai argumentasi atau dalih situasi. Kita akan pergi melewati kesedihan daripada datang kepada-Nya dan kita akan melakukan apa pun daripada mengatakan, “Dengan apa adanya saya datang, ya Tuhan” — pada putaran terakhir upaya Anda yang tampaknya semata-mata kebodohan tak terkatakan.

Selama Anda memiliki setitik saja rasa tidak hormat secara rohani (yang membuat Anda tidak datang pada-Nya), hal itu akan terungkap dengan sendirinya dalam kenyataan bahwa Anda mengharapkan Allah untuk memberi tahu Anda melakukan hal yang besar, padahal yang diminta-Nya untuk Anda lakukan adalah, “Marilah kepada-Ku”.

“Marilah kepada-Ku.” Bila Anda mendengar kata-kata itu, Anda akan tahu bahwa sesuatu harus terjadi dalam Anda sebelum Anda dapat datang. Roh Kudus akan menunjukkan kepada Anda apa yang harus Anda lakukan, dan itu termasuk hal-hal apa saja yang harus dicabut dari akar-akarnya, yang mencegah Anda untuk datang kepada-Nya.

Anda tidak akan pernah dapat lebih jauh, sampai Anda bersedia melakukan hal tersebut. Roh Kudus akan memeriksa kubu yang tidak dapat digoyahkan dalam diri Anda, tetapi Dia tidak akan memaksa mengubahnya, kecuali Anda bersedia membiarkan Dia melakukannya.

Alangkah seringnya Anda datang kepada Allah dengan permintaan-permintaan Anda dan pergi dengan berpikir, “Saya sungguh menerima apa yang saya inginkan kali ini!” Namun, Anda pergi tanpa apa-apa, sementara setiap saat Allah telah berdiri dengan tangan terentang tidak saja untuk menyambut Anda, tetapi juga agar Anda menyambut-Nya. Pikirkanlah tentang kesabaran Yesus yang tak terkalahkan, tak pernah goyah, dan tak mengenal lelah, yang dengan penuh kasih mengatakan, “Marilah kepada-Ku.”

Demikian Renungan hari ini, Selasa, 8 Oktober 2024 diambil dari Matius 11:28 yang mengisahkan tentang Datang kepada Yesus dan disadur dari Renungan Oswald Chambers//alkitab.mobi.

Air Merupakan Benda Hidup

0

Air sejatinya merupakan entitas hidup. Ia memiliki kemampuan untuk menyimpan kekuatan, merekam informasi, dan berfungsi sebagai penyembuh.

Kekuatan pesan yang diberikan kepada air akan menentukan seberapa dalam pesan tersebut dapat tertanam. Air dapat mentransfer pesan melalui molekul-molekulnya.

Air yang telah didoakan bisa menyembuhkan orang yang sakit, karena molekul air tersebut menangkap pesan doa dan menyimpannya. Vibrasi dari pesan ini kemudian merambat kepada molekul air lainnya di dalam tubuh yang terbuat dari sebagian besar air, termasuk otak, darah, bahkan tulang.

Air dapat mendengar kata-kata, membaca tulisan, dan memahami pesan. Oleh karena itu, air minum dapat didoakan setiap hari dengan penuh khusyuk kepada Allah agar anak-anak yang meminumnya menjadi soleh/solehah, sehat, dan cerdas, atau agar pasangan suami istri tetap setia.

Air tersebut akan berproses di dalam tubuh, meneruskan pesan kepada air di otak dan pembuluh darah. Dengan izin Allah, pesan ini akan dilaksanakan oleh tubuh tanpa kita sadari.

Air zam-zam, misalnya, dapat mewujudkan niat dan pesan dari orang yang meminumnya. Barangsiapa minum untuk kenyang, maka ia akan kenyang; dan siapa yang minum untuk menyembuhkan sakit, ia akan sembuh. Subhanallah!

Air zam-zam memiliki khasiat luar biasa karena menyimpan doa jutaan orang selama ribuan tahun, sejak zaman Nabi Ibrahim AS.

Ketika air dibacakan Al-Quran dan diperiksa menggunakan mikroskop, ia membentuk kristal yang sangat indah. Namun, jika terpapar kata “SETAN” atau diperdengarkan musik heavy metal, bentuk kristalnya akan rusak dan buruk. Ini menjadi salah satu alasan mengapa musik keras dilarang dalam Islam.

Sebaliknya, ketika dibacakan doa-doa Islam, air akan membentuk kristal bersegi enam dengan cabang-cabang yang berkilauan indah, Subhanallah.

Bila kita merenungkan berbagai ayat Al-Quran yang menyebutkan tentang air, kita akan menyadari bahwa Allah ingin menarik perhatian kita terhadap sifat luar biasa air. Ia bukan sekadar benda mati, melainkan hidup, yang menyimpan kekuatan, daya rekam, daya penyembuh, dan banyak misteri yang menunggu untuk diungkap oleh manusia. (*)

Pengobatan dengan Al-Quran

0

Penyembuhan melalui Al-Quran, yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW dalam bentuk ruqyah, merupakan metode yang sangat bermanfaat dan sempurna, baik untuk kesehatan jiwa maupun fisik. Al-Quran berfungsi sebagai obat untuk segala macam penyakit, baik di dunia maupun di akhirat.

Allah berfirman, “Katakanlah, Al-Quran adalah petunjuk dan penyembuh bagi orang-orang yang beriman.” (Fushshilat/41:44). “Dan Kami turunkan dari Al-Quran sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Al-Israa/17:82).

Allah juga berfirman, “Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepada kalian pelajaran dari Rabb kalian, dan penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada, serta petunjuk dan rahmat bagi orang-orang yang beriman.” (Yunus/10:57).

Jika pengobatan dilakukan dengan niat yang baik, dilandasi keimanan, penerimaan yang penuh, dan keyakinan yang kuat, maka Al-Quran memiliki kekuatan untuk mengatasi segala penyakit. Penyakit tidak akan dapat melawan firman Allah, yang bila diturunkan ke gunung, dapat menghancurkannya, atau jika turun ke bumi, dapat membelahnya.

Allah berfirman, “Apakah belum cukup bagi mereka bahwa Kami telah menurunkan Al Kitab (Al-Quran) kepada mereka yang dibacakan? Sesungguhnya di dalam Al-Quran terdapat rahmat yang besar dan pelajaran bagi orang-orang yang beriman.” (Al-Ankabut/29:51).

Apabila seseorang melaksanakan penyembuhan dengan Al-Quran secara benar, maka dia akan merasakan dampak yang luar biasa dan penyembuhan yang cepat. (*)

LPM Penalaran UNM Gelar Seminar Hasil dan Proposal Penelitian Periode 2023/2024

Makassar – Lembaga Penalaran Mahasiswa (LPM) Penalaran Universitas Negeri Makassar (UNM) kembali mengadakan seminar hasil penelitian lembaga dan seminar proposal penelitian anggota untuk periode 2023/2024. Kegiatan ini berlangsung pada Minggu, 6 Oktober 2024, di Ruang BE 104 dan BE 105 Gedung Flamboyan FIS-H UNM, dihadiri oleh berbagai tim peneliti dari kalangan anggota lembaga.

Terdapat dua tim yang mempresentasikan hasil penelitian lembaga dan empat tim yang mengajukan proposal penelitian anggota. Penelitian pertama dari seminar hasil berjudul “Eksplorasi, Identifikasi, dan Karakterisasi Tumbuhan Obat Daun Sirih Keraton (Cissus Discolor) sebagai Kandidat Antibiotik Alami di Desa Pao,” yang dilakukan oleh Aprilia Eka Syakira S, Nurul Azikra, Sinar Afdalia, Andi Besse Tenri Bau, dan Marzuka. Sedangkan penelitian kedua bertema “Preferensi Fertilitas Ditinjau dari Sosio-Ekonomi sebagai Prediktor pada Pasangan Usia Subur di Kota Makassar,” diteliti oleh Novia Dwi Adriyanti Asis, Evi Afriani, Muh. Naufal Zulfiqh Alexander, dan Hardiansyah Rasyid.

Sementara itu, dalam seminar proposal, empat tim peneliti juga mempresentasikan rencana penelitian mereka. Proposal pertama, berjudul “Pengaruh Self-Disclosure terhadap Tingkat Stres pada Dewasa Awal Ditinjau Berdasarkan Jenis Kelamin,” diteliti oleh Imelda, Ashar Hidayat, Putri Anggun Nur Farahim, Zalzalatul Mufidah As. Samsir, dan Sitti Nurrainun. Proposal kedua, “Implementasi Algoritma Multi Support Vector Machine (SVM) untuk Klasifikasi Tingkat Kematangan Buah Semangka Berdasarkan Fitur Warna,” diteliti oleh Muh. Iqram, Ahmad Khairul Siddiq, Nur Ikhzan, dan Vina Annisa Sofyan.

Tim ketiga mengusulkan penelitian berjudul “Perancangan User Interface dan User Experience Elektronik Library Nalar (E-Libna) Berbasis Mobile Menggunakan Metode Five Planes,” yang diteliti oleh Amelia Syamsuddin, A. Muh. Farid Naufal Alghani, dan Nur Fadhylah As. Sedangkan penelitian keempat, yang diteliti oleh Putri Anggun Nur Farahim, Andi Muthiah Fasha R. Sokku, Salsa Safari Souwakil, Siti Aliana, dan Whennie Younger Oeitama, berjudul “Pengaruh Self-Control Terhadap Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa yang Berorganisasi di Universitas Negeri Makassar.”

Ramdani S., Ketua Umum LPM Penalaran UNM 2023/2024, menyampaikan pentingnya acara ini dalam rangkaian agenda penelitian lembaga. “Hari ini, tim peneliti lembaga mempresentasikan hasil penelitian mereka dan menerima saran dari penanggap untuk penyempurnaan penelitian menuju tahap publikasi. Sementara tim peneliti anggota memulai penelitian dengan seminar proposal dan menerima masukan untuk penelitian yang akan mereka laksanakan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Ramdani berharap bahwa semua penelitian dapat memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi masyarakat. “Kedua agenda ini berjalan lancar. Kami berharap tim peneliti lembaga segera menyelesaikan publikasi, sementara tim peneliti anggota dapat melanjutkan ke tahap seminar hasil dan publikasi di masa mendatang,” tambahnya.

Senada dengan itu, Ketua Divisi Penelitian dan Pengembangan, Muhammad Ilham, mengungkapkan apresiasinya terhadap seluruh tim peneliti yang terlibat. “Alhamdulillah, seminar ini berjalan dengan baik. Kami menerima banyak masukan, terutama untuk penelitian proposal, yang akan menjadi panduan penting ke depannya. Terima kasih kepada semua penanggap ahli atas masukan berharga, dan kami berharap penelitian ini benar-benar memberikan dampak positif bagi masyarakat,” jelasnya.

Ilham juga menyampaikan kabar gembira bagi dua tim terbaik yang akan mendapatkan biaya publikasi ilmiah. “Kami berharap semua tim memberikan yang terbaik, terutama dalam seminar hasil nanti, karena dua tim terbaik akan mendapatkan dukungan biaya publikasi ilmiah,” tutupnya.

Reporter: Andi Moch Ikhsan Syahputra

Mengenal 10 Tarian Tradisional dari Nusa Tenggara Timur dan Keunikannya

Tarian tradisional dari NTB mencerminkan kekayaan budaya lokal, adat istiadat, serta nilai-nilai kebersamaan dan semangat juang masyarakat. Berikut adalah 10 tarian tradisional dari Nusa Tenggara Barat (NTB) beserta keunikannya:

  1. Tari Gandrung (Lombok)
    • Keunikan: Tari Gandrung berasal dari suku Sasak di Lombok dan awalnya digunakan sebagai bentuk pemujaan terhadap Dewi Kesuburan. Tarian ini biasa dibawakan oleh penari wanita yang bergerak lincah dengan irama gamelan dan alat musik tradisional. Tari Gandrung juga melambangkan rasa syukur masyarakat atas hasil panen dan acara-acara pesta adat.
  2. Tari Rudat (Lombok)
    • Keunikan: Tari Rudat adalah tarian yang menggabungkan unsur seni tari dengan seni bela diri dan nilai-nilai Islam. Tari ini biasanya dibawakan oleh penari pria dalam formasi baris, menampilkan gerakan yang energik dan dinamis. Tarian ini juga diiringi dengan tabuhan alat musik tradisional seperti gendang dan rebana.
  3. Tari Mpaa Lenggogo (Lombok)
    • Keunikan: Tari Mpaa Lenggogo merupakan tarian pergaulan dari masyarakat Sasak. Tarian ini memiliki gerakan yang halus dan lincah, dibawakan oleh penari wanita dengan busana tradisional Lombok. Mpaa Lenggogo sering ditarikan pada acara-acara kebudayaan atau perayaan adat, mencerminkan semangat kebersamaan dan persahabatan.
  4. Tari Batunganga (Bima)
    • Keunikan: Tarian ini berasal dari Kabupaten Bima dan terinspirasi dari legenda seorang pria yang tenggelam di sebuah gua bernama Batunganga. Tarian ini menceritakan kisah tersebut dengan gerakan yang dramatis dan penuh makna. Tarian ini menggambarkan kehidupan masyarakat dan mitos lokal.
  5. Tari Nguri (Sumbawa)
    • Keunikan: Tari Nguri adalah tarian tradisional dari Sumbawa yang digunakan untuk menyambut tamu kehormatan atau raja. Tarian ini menggambarkan keagungan dan kemuliaan, dengan gerakan yang lembut dan anggun. Tarian ini sering diiringi oleh musik khas Sumbawa yang menggunakan alat-alat tradisional seperti gong dan gendang.
  6. Tari Bines (Lombok)
    • Keunikan: Tari Bines adalah tarian pergaulan khas masyarakat Sasak di Lombok. Tarian ini biasanya dibawakan oleh remaja putri dalam acara-acara adat atau upacara pernikahan. Gerakan tarian ini gemulai dan penuh dengan nilai estetika, mencerminkan keceriaan dan keharmonisan dalam kehidupan sosial masyarakat.
  7. Tari Sereh Serumpun (Bima)
    • Keunikan: Tari Sereh Serumpun menggambarkan kebersamaan dan kekompakan masyarakat Bima. Tarian ini biasanya dilakukan secara berkelompok dengan gerakan yang harmonis dan kompak. Tari ini sering dipentaskan pada acara adat dan upacara syukuran untuk merayakan persatuan dan gotong royong.
  8. Tari Lenggo (Bima dan Dompu)
    • Keunikan: Tari Lenggo adalah tarian tradisional dari Bima dan Dompu yang menggabungkan gerakan tari dengan musik tradisional khas NTB. Tarian ini biasanya ditarikan oleh perempuan dengan gerakan tangan dan kaki yang anggun. Lenggo biasa dipentaskan untuk menyambut tamu kehormatan dan dalam upacara adat sebagai simbol keramahan.
  9. Tari Tandak (Sumbawa)
    • Keunikan: Tari Tandak merupakan tarian pergaulan yang populer di kalangan masyarakat Sumbawa. Tarian ini biasanya dibawakan oleh penari pria dan wanita yang bergerak berpasangan. Gerakan tariannya menggambarkan keceriaan, saling menghormati, dan persahabatan dalam kehidupan sehari-hari.
  10. Tari Buja Kadanda (Bima)
  • Keunikan: Tari Buja Kadanda adalah tarian perang yang berasal dari Bima. Tarian ini biasanya dibawakan oleh penari pria yang membawa perisai dan pedang, menggambarkan prajurit yang siap bertarung. Tarian ini penuh semangat dan kekuatan, melambangkan keberanian dan ketangguhan prajurit Bima dalam mempertahankan wilayah mereka.

Setiap tarian tradisional dari NTB mencerminkan kekayaan budaya lokal, adat istiadat, serta nilai-nilai kebersamaan dan semangat juang masyarakat. Tarian-tarian tersebut juga erat kaitannya dengan kehidupan sosial, keagamaan, dan sejarah masyarakat Nusa Tenggara Barat.

10 Tarian Tradisional Dari Provinsi Nusa Tenggara Timur dan Keunikannya

Tarian tradisional dari Nusa Tenggara Timur sangat kaya dengan nilai-nilai adat, tradisi, dan budaya lokal yang unik. Berikut adalah 10 tari tradisional dari Nusa Tenggara Timur (NTT) beserta keunikannya:

  1. Tari Caci (Manggarai)
    • Keunikan: Tari Caci merupakan tarian perang tradisional dari suku Manggarai. Tarian ini ditarikan oleh dua pria yang bertarung dengan cambuk (caci) dan perisai. Tarian ini bukan sekadar pertarungan fisik, tetapi juga simbol keberanian dan kejantanan. Setiap gerakan cambuk dan perisai memiliki makna tersendiri, menggambarkan keterampilan dan ketahanan para pria Manggarai.
  2. Tari Dolo-Dolo (Sabu)
    • Keunikan: Tari Dolo-Dolo berasal dari Pulau Sabu dan biasanya dipentaskan untuk menyambut tamu kehormatan. Penarinya bergerak dalam formasi melingkar sambil saling berpegangan tangan. Gerakan tarinya sederhana namun menggambarkan semangat persatuan dan kebersamaan masyarakat setempat.
  3. Tari Lego-Lego (Alor)
    • Keunikan: Tari ini berasal dari suku Alor dan ditarikan oleh banyak orang yang bergandengan tangan membentuk lingkaran besar. Tarian ini mencerminkan rasa kebersamaan dan gotong royong masyarakat Alor. Tari Lego-Lego biasanya dibawakan pada acara-acara adat dan upacara syukuran.
  4. Tari Jai (Ngada)
    • Keunikan: Tari Jai merupakan tarian tradisional dari masyarakat Ngada, di Pulau Flores. Tarian ini biasanya dilakukan secara beramai-ramai dalam bentuk lingkaran. Para penari bergerak dinamis dengan hentakan kaki yang ritmis, diiringi musik gong dan gendang. Tarian ini melambangkan semangat gotong royong dan kekeluargaan.
  5. Tari Hedung (Sikka)
    • Keunikan: Tari Hedung merupakan tarian perang dari suku Sikka di Flores. Penari menggambarkan keberanian dan keterampilan bertarung prajurit dalam menghadapi musuh. Gerakannya agresif dan penuh semangat, sering kali diiringi oleh teriakan sebagai simbol kekuatan dan keberanian.
  6. Tari Tebe (Belu dan Malaka)
    • Keunikan: Tari Tebe berasal dari daerah Belu dan Malaka, dekat perbatasan Timor Leste. Tarian ini biasanya ditampilkan pada upacara adat, terutama untuk menyambut pahlawan atau tokoh penting. Penari bergerak dalam lingkaran dengan langkah-langkah yang penuh semangat, sambil menyanyikan syair-syair adat. Tari ini mengekspresikan rasa hormat dan kebanggaan terhadap pahlawan.
  7. Tari Likurai (Belu)
    • Keunikan: Tari Likurai awalnya merupakan tarian perang yang ditarikan untuk menyambut para prajurit yang kembali dari medan perang. Ciri khasnya adalah penggunaan drum kecil yang dimainkan oleh penari wanita, sementara penari pria menari dengan pedang. Kini, tarian ini lebih sering ditampilkan dalam acara-acara penyambutan dan upacara adat.
  8. Tari Cerana (Kupang)
    • Keunikan: Tari Cerana merupakan tari penyambutan tamu yang terkenal di daerah Kupang dan sekitarnya. Tarian ini biasanya ditampilkan oleh penari wanita yang membawa cerana (wadah kecil berisi sirih pinang) sebagai simbol penghormatan kepada tamu yang datang. Gerakannya lembut dan penuh dengan senyum, menggambarkan keramahan masyarakat setempat.
  9. Tari Kataga (Sumba)
    • Keunikan: Tari Kataga merupakan tarian perang dari Pulau Sumba. Penari pria membawa pedang dan perisai, menampilkan gerakan bertarung yang dinamis dan penuh semangat. Tarian ini menggambarkan keberanian dan kegagahan prajurit Sumba dalam melawan musuh. Biasanya ditarikan pada upacara adat dan perayaan kemenangan.
  10. Tari Bidu (Rote)
  • Keunikan: Tari Bidu adalah tarian pergaulan yang biasanya ditarikan oleh sepasang pria dan wanita. Gerakan tarian ini elegan, lembut, dan penuh dengan makna romantis. Tarian ini sering dibawakan pada acara-acara adat seperti pernikahan atau acara penting lainnya, mencerminkan keindahan dan keharmonisan hubungan sosial di antara masyarakat Rote.

Tarian tradisional dari Nusa Tenggara Timur sangat kaya dengan nilai-nilai adat, tradisi, dan budaya lokal yang unik. Setiap tarian memiliki filosofi tersendiri, baik yang berkaitan dengan keberanian, persatuan, atau penghormatan terhadap tamu. Mereka juga sangat terikat dengan kehidupan sosial masyarakat NTT, di mana tarian sering kali dipentaskan dalam upacara adat atau perayaan penting.

Simak!! 9 Tarian Tradisional Dari Provinsi DI yogyakarta dan Keunikannya

Tarian tradisional dari Yogyakarta kental dengan nuansa filosofis, spiritual, dan mistis. Berikut adalah 9 tari tradisional dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta beserta keunikannya:
  1. Tari Bedhaya
    • Keunikan: Tari Bedhaya adalah tarian sakral yang berasal dari Keraton Yogyakarta. Tarian ini melibatkan sembilan penari wanita dan hanya dipentaskan pada acara-acara khusus keraton. Gerakannya halus, lembut, dan penuh dengan makna filosofis yang menggambarkan hubungan spiritual antara manusia, alam, dan sang pencipta. Tari ini dipengaruhi oleh ajaran-ajaran mistik Jawa.
  2. Tari Beksan Wireng
    • Keunikan: Tari ini merupakan tari perang yang awalnya diciptakan untuk melatih prajurit keraton. Dua penari laki-laki menarikan adegan duel yang mencerminkan keahlian bertarung dan ketangkasan fisik. Gerakannya energik dan penuh semangat, diiringi oleh gamelan yang dinamis.
  3. Tari Golek Ayun-Ayun
    • Keunikan: Tarian ini menggambarkan keanggunan seorang gadis remaja yang sedang belajar berdandan. Gerakannya lembut dan gemulai, mencerminkan kecantikan serta kehalusan budi pekerti perempuan Jawa. Tari ini sering ditarikan dalam upacara-upacara adat dan penyambutan tamu kehormatan.
  4. Tari Serimpi
    • Keunikan: Tari Serimpi adalah tarian yang bersifat sakral dan biasanya dibawakan di lingkungan keraton. Tarian ini ditarikan oleh empat penari perempuan dengan gerakan lambat dan anggun, menggambarkan suasana damai dan kesakralan. Tari ini memiliki makna filosofis tentang keseimbangan antara dunia fisik dan spiritual.
  5. Tari Klana Alus
    • Keunikan: Tari ini menggambarkan sosok raja atau bangsawan yang anggun dan berwibawa. Gerakan tariannya halus, gemulai, dan penuh dengan keindahan, namun tetap menunjukkan kekuatan. Klana Alus menampilkan kesempurnaan dalam tata gerak, kostum, dan ekspresi penari.
  6. Tari Bambangan Cakil
    • Keunikan: Tarian ini menceritakan pertarungan antara ksatria (Bambangan) melawan raksasa (Cakil), yang diambil dari cerita pewayangan. Tari ini menonjolkan karakter ksatria yang tenang dan penuh kesabaran, sementara karakter Cakil digambarkan dengan gerakan kasar dan agresif. Pertarungan antara kebaikan dan kejahatan menjadi tema utama dalam tarian ini.
  7. Tari Angguk
    • Keunikan: Tari Angguk adalah tarian tradisional yang berasal dari Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Tari ini terinspirasi dari gerakan prajurit, diiringi oleh musik rebana dan nyanyian syair islami. Gerakan tari Angguk didominasi oleh hentakan kaki dan kepala yang dinamis, serta penuh semangat.
  8. Tari Jathilan
    • Keunikan: Tari Jathilan, yang juga dikenal sebagai kuda lumping, menggambarkan prajurit berkuda. Penari menggunakan kuda buatan dari anyaman bambu dan menampilkan gerakan perang yang dinamis. Keunikan lain dari tari ini adalah unsur mistis, di mana penari kadang mengalami kesurupan, menambah kesan magis dalam pertunjukan.
  9. Tari Lawung Ageng
    • Keunikan: Tari Lawung Ageng adalah tarian yang menggambarkan latihan perang prajurit keraton. Penari laki-laki membawa tombak (lawung) dan melakukan gerakan bertarung yang lincah dan terstruktur. Tari ini mencerminkan keberanian dan kedisiplinan prajurit dalam melindungi kerajaan.

Tarian tradisional dari Yogyakarta kental dengan nuansa filosofis, spiritual, dan mistis. Banyak di antaranya terkait erat dengan tradisi keraton dan nilai-nilai luhur kebudayaan Jawa, di mana gerakan halus, penuh makna, dan iringan gamelan yang lembut menjadi ciri khas utama.