Pengertian Hewan Mamalia : Ciri, Klasifikasi, dan Contohnya

Hallo! Kali ini guru dan ibu serta teman-teman kembali dengan pembahasan Kata Mamalia berasal dari bahasa Latin, yakniMammae yang memiliki arti menyusui. Dengan begitu setiap hewan yang menyusui merupakan hewan mamalia.

Mamalia merupakan hewan yang menyusui anaknya. Untuk lebih lengkapnya lagi simaklah pembahasan kami mengenai Materi Hewan Mamalia mulai dari Pengertian Mamalia, Ciri Ciri Hewan Mamalia di bawah ini.

Pengertian Mamalia

Kata Mamalia berasal dari bahasa Latin, yakni “Mammae” yang memiliki arti menyusui. Dengan begitu setiap hewan yang menyusui merupakan hewan mamalia. Mamalia merupakan hewan yang menyusui anaknya. Biasanya mamalia ini berkembang biak dengan cara melahirkan, dan tubuhnya yang tertutupi oleh rambut.

- Iklan -

Mamalia merupakan kelas tertinggi dalam kasta hewan, bayangkan saja, hewan mamalia bisa hidup diberbagai tipe habitat yang ada di belahan bumi, mulai dari kutub khatulistiwa, dari dasar laut sampai dengan hutan lebat bahkan gurun pasir.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Adverb (Kata Keterangan) dalam Bahasa Inggris

Ciri-ciri Hewan Mamalia

Mamalia atau hewan menyusui. Seperti sebutannya, mamalia merupakan hewan dengan ciri khas menyusui (memiliki kelenjar susu). Sebelumnya juga sudah kita disebutkan bahwa mamalia merupakan hewan yang memiliki ciri khas rambut di bagian bagian tubuh hewannya. Berikut ini ciri-ciri hewan mamalia :

  • Memiliki tulang belakang.
  • Memiliki anggota gerak untuk berenang, berjalan, memanjat.
  • Memiliki kuku dan cakar.
  • Memiliki gigi taring dan gigi geraham.
  • Memiliki paru–paru sebagai alat pernafasan.
  • Memiliki jantung yang terdiri atas empat ruang (2 bilik dan 2 serambi)
  • Mamalia termasuk homoikoterm atau berdarah panas sehingga mampu untuk mempertahankan suhu tubuhnya serta memiliki sistem peredaran darah tertutup.
  • Hewan mamalia berkembang biak dengan cara melahirkan (vivipar).

Klasifikasi mamalia

Untuk memudahkan klasifikasi mamalia menggunakan pembagian berdasarkan ordo, berikut penjelasannya :

- Iklan -

1. Ordo Marsupialia

Mamalia ordo marsupilia merupakan mamalia yang mempunyai ciri khusus yakni kantung di bagian perut. Kantung tersebut berfungsi untuk membawa dan menyusui bayi-bayi mereka. Contoh mamalia marsupilia yaitu seperti kanguru, kuskus, dan koala. Di dalam kantong koala terdapat kelenjar susu dimana selain sebagai wadah membawa bayinya, juga sebagai tempat bayinya menyusu.

Baca Juga:  Jenis-Jenis Artikel (Article) dan Determiner dalam Bahasa Inggris

2. Ordo Demoptera

Mamalia ordo demoptera adalah mamalia dengan ciri mempunyai parasut meski bukan sayap. Parasut tersebut didapatkan dari kulit / membran yang terhubung antara keempat kakinya. Contoh hewan jenis ordo demoptera adalah monyet terbang, tupai terbang, dan beberapa jenis serangga.

3. Ordo Insektivora

Mamalia ordo insektivora mempunyai karakteristik atau ciri khusus yakni mata yang tertutup, telapak kaki bagian depan yang cenderung melebar, serta cakar yang kuat serta tebal. Mamalia jenis ordo ini tergolong mamalia kecil. Selain itu, mamalia ordo insektivora memiliki ciri suka memakan serangga, cacing, biji bijian dan beberapa hewan kecil lainnya. Contoh mamalia ordo insektivora yaitu tikus tanah dan tapir.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU