ADV A1

Pengertian Perjanjian Internasional Lengkap Contohnya

FAJAR Pendidikan

Pengertian Perjanjian Internasional Lengkap Contohnya

Pengertian Perjanjian Internasional

Perjanjian internasional adalah sebuah perjanjian dalam bidang ekonomi dan pilitik yang dengan bergabagi negara sehigga dapat disimpulkan antara satu negara dengan negara lain.

Dalam perjanjian internasional terdapat membentuk yang saling menguntungkan dengan tujuan utama adalah kesejahteraan negara-negara yang telah menandatangani dalam perjanjian tersebut.

Perjanjian internasional dibidang bilateral dan multilateral antara dua negara, dan perjanjian multilateral disimpulkan antara lebih dari dua negara. Maka Indonesia telah menjadi negara yang memiliki perjanjian bilateral dan multilateral.

10 Contoh Perjanjian Internasional

Dari beberapa ulasan singkat di atas maka kami juga akan memberikan beberapa macam contoh dalam sebuah perjanjian internasional, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Perjanjian Linggarjati

Perjanjian Linggarjati adalah salah satu perjanjian dibidang internasional yang pernah ditandatangani oleh negara Indonesia dan telah menjadi perjanjian setara internasiona.

Namun hal ini juga sangat populer hingga saat ini dalam Istana Merdeka di Jakarta, menghasilkan beberapa keputusan penting yang ada pengakuan faktual tiga wilayah Indonesia oleh negara Belanda.

BACA JUGA :   10 Kerajaan Di Jawa beserta Sejarah Perkembangannya

2. Perjanjian Renville

Perjanjian Renville adalah salah salah satu bentuk kerja sama yang fenomenal sehingga hal ini dapat dilakukan di atas geladak kapal perang dari negara Amerika Serikat.

Perjanjian ini dilaksanakan oleh negara Indonesia dan Belanda dengan maksud dapat mengakui hanya tiga wilayah resmi Indonesia yang tercatat dalam perjanjian tersebut,

3. Perjanjian Roem-Royen

Perjanjian Roem-Royen adalah salah satu bentuk isi dari perjanjian dalam kembalinya pemerintah Indonesia ke Yogyakarta yang sesuai dengan fungsi dalam perjanjian internasional dalam mensyaratkan perjanjian yang saling menguntungkan dari kedua belah pihak.

4. Perjanjian KMB

Perjanjian KMB adalah salah satu bentuk perjanjian antara tiga negara, yaitu Indonesia, Belanda serta Amerika Serikat supaya dapat pengakuan kedaulatan Republik Indonesia.

Yang, sesuai dengan persyaratan dalam perjanjian internasional yang akan berlaku, dengan adanya keputusan yang kondusif dalam kehidupan internasional.

BACA JUGA :   Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6, Subtema 1 Pembelajaran 4, Halaman 42 43 46 48 49

5. Perjanjian New York

Perjanjian New York dalah salah satu bentuk perjanjian yang berlangsung antara Indonesia denga Belanda sebagai perjanjian internasional yang telah dibuat oleh Indonesia dalam bentuk perjanjian yng dapat menjaga kerja sama yang baik.

6. Perjanjian Bangkok

Perjanjian bangkok adalah sebuah perjanjian tahap internasional yang terjadi di Thailand, dalam hal ini dapat ditandatangani oleh banyak negara, termasuk, Indonesia, Thailand, sebagai bentuk mengakhiri konfrontasi dengan negara Malaysia.

7. Perjanjian Bongaya

Perjanjian Bongaya adalah salah satu bentk dengan kesimpulan yag berlangsung antara Indonesia dan Belanda guna untuk mencapai suatu kesepakatan dengan beberapa fase dari suatu perjanjian yang sangat penting.

8. Perjanjian Jepara

Perjanjian Jepara adalah salah satu bentuk perjanjian antara Indonesia dan Belanda denagan membuat keputusan penting untuk menyerahkan pantai utara.

Dengan hal ini menang selama pemberontakan Trunojoyo maka perjanjian Jepara ini menjadi salah satu perjanjian yang terpenting yang pernah dibuat ileh negara Indonesia.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI