Pengertian Reptil : Ciri, Klasifikasi, Contoh, dan Gambar Reptil

Berikut penjelasan tentang Pengertian Reptil : Ciri, Klasifikasi, Contoh, dan Gambar Reptil, Reptil merupakan hewan yang berjalan dengan cara melata atau merayap. Reptil sendiri diambil dari kata reptans yang berarti melata atau merayap.

Simak pembahasan mengenai Pengertian Reptil : Ciri, Klasifikasi, Contoh, dan Gambar Reptil di bawah ini.

Pengertian Reptil

Reptil merupakan hewan yang berjalan dengan cara melata atau merayap. Reptil sendiri diambil dari berasal darikata reptans yang berarti melata atau merayap. Secara umum,  reptil merupakan kelompok hewan vertebrata yaitu berdarah dingin serta memiliki sisik yang menutupi tubuhnya.

- Iklan -

Ciri Ciri Umum Reptil

Secara umum, Reptil bisa diketahui dengan cara melihanya dari ciri ciri khusus yang dimiliki seperti di bawah ini :

  • Reptil memiliki sisik (Scales). Sisik-sisik kecil, lempengan keras yang terbuat dari protein yang disebut keratinScute merupakan cangkang kura-kura dan Kulit buaya dan sangat mirip dengan sisik. Berbeda dengan sisik (Scales), Scute merupakan struktur tulang dan berkembang pada tingkat kulit yang lebih dalam daripada sisik. Baik sisik dan Scute berfungsi untuk memberikan perlindungan fisik dan membantu mencegah kehilangan air melalui kulit.
  • Hawan melata adalah hewan yang memiliki tulang belakang atau biasa disebut dengan vertebrata.
  • Semua hewan melata berkembang biak dengan bertelur (ovipar), meskipun ada beberapa hewan melata dari golongan spesie squamata yang melahirkan.
  • Semua hewan melata memiliki ciri khusus yakni tubuh yang bersisik.
  • Hewan melata merupakan hewan berdarah dingin dengan artian mereka mampu mengontrol suhu tubuh mereka sendiri.
Baca Juga:  100 Contoh Kalimat yang Mengandung Noun. Yuk di simak!!!

Klasifikasi Reptil

Reptilia merupkan hewan dengan empat tungkai ( tetrapoda ) dan menelurkan telur yang embrionya diselubungi oleh membran yang bernama amniotik. Terdapat beberapa jenis ordo yang dapat dijabarkan menjadi empat ordo reptil, yakni diantaranya :

1. Ordo Testudinata yakni reptil yang berasal dari bangsa kura – kura. Berdasarkan penielitian, jumlah spesies ada 300 spesies.

- Iklan -
Baca Juga:  Pengertian Descriptive text, Ciri, Struktur dan Tujuan

2. Ordo Crocodila adalah ordo dari reptil yang memiliki ukuran besar dan telah muncul sekitar 83,5 juta tahun yang lalu pada periode Cretaceous akhir. Ordo ini adalah kerabat dekat dari burung. Jumlah spesies saat ini ada 23 spesies.

3. Ordo Squamata merupakan ordo yang terdiri dari kadal dan ular. Anggota dari ordo ini bisa dibedakan dari kulit mereka. Saat ini spesies dari ordo squamata mencapai 7.900 spesies.

4. Ordo Sphenodontia adalah reptil yang mirip kadal mencakup hanya satu spesies saja dan mendiami di Negara Selandia Baru. Terdapat 2 spesies dari ordo ini yakni Rhynchocephalia dan Tuatara.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU