Pengertian Suhu, Alat Pengukur dan Skala Perbandingannya

Pengertian Suhu. Suhu merupakan ukuran kuantitatif terhadap temperatur panas dan dingin, diukur dengan termometer.

Suhu tidak dapat dilihat, tetapi dapat dirasakan. Makin tinggi suhu suatu benda, maka makin tinggi derajat panas yang dimilikinya. Suhu hanya dapat diketahui dari akibat yang ditimbulkannya pada benda lain. Seperti misalnya tubuh kita dapat merasakan suhu dalam bentuk rasa panas.

Keadaan suhu sebuah benda dikatakan berubah apabila pada benda-benda tersebut terjadi perubahan-perubahan diantaranya; perubahan kimia, wujud, volume dan warna. Energi kinetik partikel-partikel pada suatu benda merupakan faktor penting yang dapat mempengaruhi suhu.

- Iklan -

Alat pengukur suhu

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu dengan tepat dan menyatakannya dengan suatu angka. Pembuatan termometer dipelopori oleh Galileo Galilei pada tahun 1595. Termometer dibuat untuk memanfaatkan gejala perubahan volume suatu zat cair yang ditempatkan di dalam pipa kapiler.

Baca Juga:  Descriptive adjectives, Pengertian, Jenis dan Fungsi dalam Kalimat.

Manusia dapat merasakan suhu yang rendah maupun yang tinggi, tetapi berbagai percobaan menunjukkan bahwa perasaan manusia tidak dapat menentukan suhu dengan tepat. Selain tidak akurat, pengukuran suhu dengan menggunakan tangan bisa menimbulkan kerusakan pada tangan karena benda yang diukur terlalu dingin atau terlalu panas.

Alat pengukur suhu yang baik harus memenuhi dua hal berikut:
  • Nilai suhu yang ditunjukkan tidak dipengaruhi oleh nilai suhu sebelumnya.
  • Memberikan pembacaan suhu dengan cepat. Misalnya alat ukur suhu sebelumnya digunakan untuk mengukur suhu rendah, setelah itu langsung digunakan untuk mengukur suhu tinggi. Maka alat ukur suhu harus secepatnya memberikan pengukuran suhu tinggi.
Baca Juga:  Kunci Jawaban Tema 8 Kelas 3 SD Hal 84, 85, 89, dan 90: Perilaku Pengamalan Sila Pertama Pancasila

Skala Suhu

Skala suhu digunakan untuk memberikan tampilan nilai yang terukur pada suhu. Sampai saat ini, terdapat 4 skala suhu yang digunakan pada termometer diantaranya Celcius ( oC), Reamur (oR), Fahrenheit (oH) dan Kelvin (K).

- Iklan -

Skala Celcius dan Fahrenheit banyak kita temukan di kehidupan sehari hari, sedangkan skala suhu yang ditetapkan sebagai Satuan Internasional adalah Kelvin. Di Indonesia menggunakan satuan skala celcius (C)

Perbandingan Skala Suhu

Skala C: skala R: skala F : skala K = 100 : 80 : 180 : 100
Skala C : skala R: skala F: skala K = 5 : 4 : 9 :5
t C : tR : (tF – 32) : (tK – 273) = 5 : 4 : 9 : 5

Perbandingan di atas dapat digunakan untuk menentukan konversi skala suhu.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU