Descriptive adjectives, Pengertian, Jenis dan Fungsi dalam Kalimat.

Dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa jenis adjective yang umum digunakan. Descriptive adjectives adalah salah satu jenis adjective yang sering digunakan dalam Bahasa Inggris. Berikut penjelasan lengkap mengenai Pengertian Descriptive adjectives , Jenis Descriptive adjectives dan Fungsi Descriptive adjectives dalam kalimat.

Pengertian Descriptive adjectives

Descriptive adjectives dalam bahasa Inggris adalah kata sifat yang digunakan untuk menjelaskan atau memberikan informasi tentang karakteristik, sifat, atau kondisi dari orang, tempat, benda, atau konsep tertentu. Contoh descriptive adjectives antara lain “beautiful” (cantik), “big” (besar), “expensive” (mahal), “friendly” (ramah), dan “delicious” (lezat).

 

- Iklan -

Jenis Descriptive adjectives

Descriptive adjectives dalam bahasa Inggris dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kategori berdasarkan karakteristik atau sifat yang mereka gambarkan. Berikut adalah beberapa jenis descriptive adjectives:

  1. Physical Attributes: Adjectives yang menggambarkan penampilan fisik seseorang atau sesuatu, seperti “tall” (tinggi), “short” (pendek), “slim” (langsing), “round” (bulat), dan “hairy” (berbulu).
  2. Emotional States: Adjectives yang menggambarkan keadaan emosional atau perasaan, seperti “happy” (bahagia), “sad” (sedih), “excited” (terexcitasi), “anxious” (cemas), dan “relaxed” (santai).
  3. Personality Traits: Adjectives yang menggambarkan kepribadian atau karakter seseorang, seperti “friendly” (ramah), “honest” (jujur), “generous” (dermawan), “ambitious” (ambisius), dan “kind” (baik hati).
  4. Size: Adjectives yang menggambarkan ukuran atau skala suatu objek, seperti “big” (besar), “small” (kecil), “huge” (besar sekali), “tiny” (sangat kecil), dan “gigantic” (raksasa).
  5. Color: Adjectives yang menggambarkan warna suatu objek, seperti “red” (merah), “blue” (biru), “yellow” (kuning), “green” (hijau), dan “purple” (ungu).
  6. Age: Adjectives yang menggambarkan usia seseorang atau sesuatu, seperti “young” (muda), “old” (tua), “new” (baru), “ancient” (kuno), dan “modern” (modern).
  7. Material: Adjectives yang menggambarkan bahan atau komposisi suatu objek, seperti “wooden” (kayu), “metallic” (logam), “plastic” (plastik), “cotton” (katun), dan “glass” (kaca).
  8. Origin: Adjectives yang menggambarkan asal atau tempat suatu objek berasal, seperti “French” (Perancis), “Chinese” (Cina), “Italian” (Italia), “American” (Amerika), dan “African” (Afrika).
  9. Shape: Adjectives yang menggambarkan bentuk suatu objek, seperti “square” (persegi), “round” (bulat), “triangular” (segitiga), “oval” (oval), dan “cylindrical” (silindris).
  10. Taste and Texture: Adjectives yang menggambarkan rasa dan tekstur makanan atau bahan, seperti “spicy” (pedas), “crunchy” (rempah-rempah), “smooth” (halus), “creamy” (kental), dan “tender” (empuk).
Baca Juga:  Modal Verb, Pengertian, Jenis, dan Fungsi dalam Kalimat

Itu hanya sebagian dari jenis-jenis descriptive adjectives dalam bahasa Inggris. Setiap kategori ini dapat memiliki berbagai macam kata sifat yang lebih spesifik untuk menggambarkan berbagai hal dengan lebih tepat.

 

- Iklan -

Fungsi Descriptive adjectives

Descriptive adjectives memiliki beberapa fungsi penting dalam bahasa Inggris:

  1. Menggambarkan Karakteristik: Fungsi utama dari descriptive adjectives adalah untuk menggambarkan karakteristik fisik, emosional, kepribadian, ukuran, warna, usia, bahan, asal, bentuk, rasa, dan tekstur suatu objek, orang, atau konsep. Misalnya, “beautiful” untuk menggambarkan penampilan yang indah, “exciting” untuk menggambarkan perasaan yang menggairahkan, atau “large” untuk menggambarkan ukuran yang besar.
  2. Memperjelas Informasi: Adjectives membantu dalam memperjelas informasi dan membuat kalimat lebih spesifik. Misalnya, “The tall man” memberikan informasi tambahan tentang tinggi badan orang tersebut.
  3. Menggambarkan Perbandingan: Descriptive adjectives sering digunakan dalam perbandingan untuk membandingkan satu objek dengan yang lain. Contohnya, “The red apple is sweeter than the green one.”
  4. Menambahkan Detail: Adjectives menambahkan detail dan nuansa dalam bahasa, sehingga membantu pendengar atau pembaca untuk membayangkan dengan lebih jelas tentang objek atau situasi yang dijelaskan.
  5. Mengarahkan Perhatian: Penggunaan adjectives yang tepat dapat membantu mengarahkan perhatian pada aspek tertentu dari suatu objek atau situasi. Misalnya, “The shiny car” menyoroti bagian mobil yang berkilauan.
  6. Mengungkapkan Opini: Descriptive adjectives juga dapat digunakan untuk menyatakan opini atau penilaian seseorang terhadap sesuatu. Misalnya, “The delicious cake” mengungkapkan bahwa penutur menganggap kue tersebut lezat.
  7. Meningkatkan Gaya Bahasa: Penggunaan adjectives yang kreatif dan variatif dapat meningkatkan gaya bahasa dan membuat tulisan atau percakapan lebih menarik dan deskriptif.
Baca Juga:  20 Soal UAS Bahasa Inggris Kelas 7 Semester 2 Kurikulum Merdeka, Yuk disimakk

Jadi, secara umum, descriptive adjectives memiliki fungsi penting dalam memberikan informasi yang lebih kaya dan menjadikan bahasa lebih berwarna dan jelas dalam menggambarkan dunia di sekitar kita.

Itulah Penjelasan lengkap mengenai Pengertian Descriptive adjectives , Jenis Descriptive adjectives dan Fungsi Descriptive adjectives dalam kalimat.

- Iklan -

 

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU