Penting! Jaga Kesehatan Ginjal Secara Alami dengan 8 Cara Berikut

Ginjal merupakan organ tubuh yang bertugas untuk menyaring dan membuang kelebihan natrium, urea, dan limbah lainnya dari hasil metabolisme tubuh. Karena memiliki peran penting, menjaga kesehatan ginjal sangat penting agar berfungsi secara maksimal.

Ada banyak cara untuk menjaga kesehatan ginjal, seperti minum air putih yang cukup dan mengonsumsi makanan bergizi. Mengutip laman Kesehatan Kontan dari WebMD, berikut cara menjaga kesehatan ginjal secara alami dan tepat.

Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

1. Mengontrol Tekanan Darah

Anda sebaiknya rutin mengontrol tekanan darah. Jika tekanan darah terlalu tinggi bisa memicu masalah pada ginjal

- Iklan -

2. Menjaga Kadar Gula Darah

Bagi anda penderita diabetes, sebaiknya wajib mengontrol kadar gula darah. Jika kadar gula darah sering naik-turun, maka bisa memicu masalah pada ginjal. Selain tekanan darah tinggi, penyakit diabetes juga menjadi salah satu penyebab penyakit ginjal.

Baca Juga:  Manfaat Pendidikan Seks Bagi Anak dan Remaja

3. Konsumsi Obat-obatan Sesuai Dengan Aturan

Beberapa jenis obat memiliki efek samping yang merusak ginjal. Oleh sebab itu, anda sebaiknya membiasakan diri untuk mengonsumsi obat sesuai dengan resep dokter

4. Membatasi Konsumsi Garam

Bagi anda penyuka makanan asin seperti keripik kentang, sebaiknya mulailah mengurangi konsumsi garam. Banyak ahli menyarankan anda untuk mengonsumsi garam kurang lebih dari 2300 mg per hari.

- Iklan -

Minum Air Putih Secukupnya

5. Olahraga dan Konsumsi Makanan Sehat

Olahraga secara teratur dan mengonsumsi makanan sehat dengan porsi yang pas dapat membantu menjaga berat badan dan kesehatan jantung. Selain itu, tekanan darah dan kadar gula darah juga ikut terkendali dan ginjal pun tetap sehat.

6. Minum Air Putih Secukupnya

Air putih sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal. Namun, terlalu banyak minum air putih bisa menjadi masalah besar. Sebaiknya minum air putih secara cukup, sesuai dengan aktivitas harian dan berat badan.

Baca Juga:  Begini Cara Berikan Edukasi Seks Pada Anak dengan Autisme

7. Batasi Konsumsi Alkohol

Anda sebaiknya mengonsumsi alkohol tidak lebih dari dua gelas per hari untuk pria dan satu gelas per hari untuk wanita. Perlu anda ketahui bahwa mengonsumsi alkohol yang berlebihan bisa merusak kesehatan ginjal.

- Iklan -

8. Berhenti Merokok

Merokok bisa memberikan dampak negatif untuk ginjal dan memengaruhi tekanan darah. Maka dari itu, sebaiknya anda mulai berhenti merokok jika ingin memiliki ginjal yang sehat. Selain melakukan semua kegiatan seperti di atas, anda sebaiknya rutin memeriksakan diri ke dokter untuk melakukan pemeriksaan pada ginjal.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU