Selasa, Januari 19, 2021

Pentingnya Membuat Catatan Tahunan Untuk Masa Depan


FAJARPENDIDIKAN.co.id – Seperti yang diketahui manusia sudah memiliki jalan masing-masing untuk hidup yang lebih baik. Tapi tidak ada yang tahu jalan yang mana yang harus di lewati. Ketika kamu berada dalam jalan satu arah, maka itu akan menjadi keberuntungan bagimu. Tetapi, jika kamu berada pada jalan yang berliku-liku dan sulit, itu akan menjadi jalan yang susah bagimu.

Kadang, hidup ini tidak semulus yang kita rencanakan, semua tetap pada ketetapan tuhan, kita hanya perlu berusaha dan berjuang.
Karena itu, penting bagi kita untuk menuliskan target dan harapan kita dalam jangka waktu per tahun.

Untuk membangun hidup agar lebih berguna dan bermanfaat. Keinginan yang di usahakan tidak menjadi sia-sia.

Di tahun 2020 ini. Harapan dan tujuan-tujuan kita mungkin sedikit terbengkalai dengan dampak pandemi yang belum juga meredah sampai akhir tahun 2020. Tetapi, hal itu bukan berarti membuat kita harus pasrah dan berhenti sampai di sini. Sebentar lagi menuju pergantian tahun 2020 ke 2021. Saatnya untuk bangkit dan memulai dengan harapan dan tujuan selanjutnya.

Pentingnya Catatan Tahunan Target Masa Depan:

Mendorong Kamu Untuk Tetap Berjuang
Membuat catatan tujuan kamu adalah untuk dirimu sendiri dan ketika kamu merasa sudah lelah maka liat kembali tujuan yang pernah kamu tulis. Catatan itu akan menjadikan kamu terdorong untuk tetap berada pada jalan yang kamu akan tempuh. Menjadikan hidup kamu lebih terarah dan lebih baik lagi dari tahun sebelumnya yang selalu sama saja.

Selalu Mengingat Tujuan Kamu
Ketika kamu berada pada kebuntuan untuk berjalan kemana lagi. Ingat hal yang pernah kamu tulis untuk tujuan yang kamu anggap akan merubah hidup kamu dan selalu konsisten pada tujuan. Catatan kamu akan menjadikan kamu lebih mudah mengingat jalan yang harus kamu ambil.

Jadi jangan pernah malu jika kamu konsisten pada catatan yang kamu buat.

Bukti Keseriusan Untuk Tujuan Yang Lebih Baik
Catatan kamu akan membuat kamu lebih serius untuk mencapainya. Dan kemungkinan terbesar kamu akan bisa mencapainya. Sukses dengan tujuan dan target akan mengarahkan kamu lebih baik lagi. Jika sebelumnya kamu terombang-ambing dan tidak tahu harus serius dengan hal apa. Maka, kali ini harus berbeda yaitu dengan membuat list atau catatan tahunan kamu.

Membuat Kamu Belajar Dari Tahun-Tahun Kemarin
Tidak ada salahnya untuk membuat list tahunan kamu. Karena itu bisa membuat kamu akan berusaha menjadi lebih baik lagi dan bisa belajar dari kegagalan kamu sebelumnya. Bagusnya mencatat akan membuat kita semakin semangat dalam memperjuangkan tujuan dan harapan di masa yang akan datang.

Jangan Pedulikan Orang Lain Tentang Target Masa Depan Kamu
Untuk menjadi lebih baik kamu harus berdiri di kaki kamu sendiri, di jalan kamu sendiri. Jangan mempedulikan orang lain karena mereka berbeda dengan kamu, mereka memiliki pemikiran berbeda dan itu adalah jalannya. Jadi, ketika kamu berusaha maka berusahalah dengan tujuan kamu sendiri dan kuatkan kakimu.

Jangan pedulikan orang lain tentang catatan kamu. Jangan dengarkan orang lain tentang target masa depan kamu. Karena semua manusia punya hidup masing-masing dan punya tempat belajar masing-masing. Seperti kata pepatah, dengarkan yang baik lupakan yang buruk. (JUM)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Sah! STIE Nobel Jalin Kerja Sama dengan PT Sulsel Citra Indonesia (Perseroda)

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia Makassar sepakat melaksanakan kerja sama dengan PT. Sulsel Citra Indonesia (Perseroda), senin 18...

Jasa Raharja Peduli Sasar Masyarakat Terdampak Covid-19 di Empat Lokasi Ini

FAJARPENDIDIKAN.co.id- PT. Jasa Raharja Cabang Sulawesi Selatan mengadakan giat pembagian sembako dengan mengusung tema “Pegawai dan Manajemen Jasa Raharja Berbagi Bantuan Donasi...

Peduli Gempa Sulbar, Sekolah Islam Athirah Galang Donasi

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah melalui Tim Athirah Peduli melakukan penggalangan donasi untuk korban terdampak gempa Majene dan Mamuju, Sulawesi Barat,...

PBB Terbitkan Laporan Demografi; Populasi Laki-Laki Jauh Lebih Sedikit

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Baru-baru ini PBB menerbitkan laporang Demografi suku pertama 2019 yaitu manusia berjumlah 7.7 Milyar orang di planet bumi ini.

Opini : Potensi Unggul Generasi Terancam Demi Korporasi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) bersama Google, Gojek, Tokopedia, dan Traveloka menyelenggarakan program Bangun Kualitas...

REKOMENDASI