- Advertisement -

Peristiwa Hari Ini: 17 Maret, Hari Perawat Nasional

Berbagai peristiwa penting terjadi pada 17 Maret. Salah satunya, yakni organisasi profesi perawat di Indonesia terbentuk. Tanggal 17 Maret juga diperingati sebagai Hari Perawat Nasional, sesuai dengan lahirnya Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang menjadi wadah bagi mereka yang bekerja di bidang keperawatan di tingkat nasional.

Hari Perawat ditetapkan bersamaan dengan hari terbentuknya PPNI pada 17 Maret 1974. Pada masa itu, sebelum 1974, organisasi perawat di Indonesia sudah berkembang pesat. Sejak zaman penjajahan, perawat Indonesia sudah ada seiring dengan adanya rumah sakit.

BACA JUGA:  Mengenal Beberapa Musim di Bumi, Ternyata Ada 6 Lho!
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ketika itu sudah terdapat beberapa organisasi, di antaranya Perkumpulan Kaum Verpleger fster Indonesia (PKVI), Persatuan Djuru Kesehatan Indonesia (PDKI), Persatuan Perawat Indonesia (PPI) serta Ikatan Perawat Indonesia (IPI).

Organisasi-organisasi perawat saat itu mengadakan pertemuan, diantaranya IPI, PPI dan PDKI. Hadir Ojo Radiat, HB Barnas dan Drs Maskoed Soerjasumantri sebagai pimpinan sidang.

Dari pertemuan itu, mereka sepakat untuk membangun organisasi dan menyatukan diri dalam satu wadah organisasi yang saat itu masih bernama Persatuan Perawat Nasional. Pengabungan organisasi perawat tersebut dilakukan di Ruang Demontration, Jl Prof Ejkman No 34 Bandung, Jawa Barat.

BACA JUGA:  Benarkah Komsumsi Nanas Muda Dapat Gugurkan Kandungan Hamil
-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sejak saat itu, 17 Maret 1974 disetujui dan dilakukan pernyataan bersama terbentuknya Persatuan Perawat Nasional Indonesia. Setelah itu, dibentuk suatu kepanitian untuk mempersiapkan Kongres Pertama yang dilangsungkan pada 1976.

PPNI berkomitmen untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat dan profesi keperawatan dengan menyusun RUU keperawatan yang saat ini terus diperjuangkan untuk disahkan menjadi undang-undang. (*)

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: