ADV A1

Pilihan Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Pelajaran Matematika

FAJAR Pendidikan

Tidak suka dengan mata pelajaran berhitung? Jangan khawatir, kamu bisa memilih jurusan kuliah yang tidak ada matematika. Sesuaikan pilihan dengan minat dan bakat yang kamu miliki.

Jurusan kuliah yang tidak ada matematika umumnya berada dalam rumpun ilmu sosial, bahasa, dan seni. Sedangkan jurusan di bidang sains umumnya masih bersinggungan dengan matematika. Jumlah mata pelajaran matematika ini sesuai dengan kebutuhan di jurusan.

Berikut daftar jurusan kuliah yang tidak ada matematika dan jurusan di bidang sains yang paling sedikit ilmu hitung.

1. Jurusan bahasa, sastra dan budaya

Umumnya, jurusan di fakultas sastra dan ilmu budaya tidak memiliki mata kuliah matematika atau ilmu hitung. Kamu bisa memilih jurusan seperti Sastra Inggris, Sastra Prancis, Sastra Jepang, dan sebagainya.

2. Jurusan seni

Jurusan seni umumnya fokus mengenai seluk beluk berbagai kesenian, misalnya tari, drama, hingga musik. Jurusan ini dapat dikatakan bebas dari matematika.

3. Jurusan ilmu Filsafat

Jurusan filsafat fokus pada cara berpikir. Jurusan ini mengajak mahasiswa untuk berpikir kritis terhadap berbagai hal yang ada di dunia.

4. Ilmu sejarah

Di jurusan ini yang akan kamu pelajari dan dalami adalah berbagai peristiwa yang terjadi di masa lalu. Bukan hanya di Indonesia tapi juga sejarah berbagai negara dan peradaban di dunia. Bisa dipastikan saat berkuliah di jurusan ini Anda tak akan bersinggungan sama sekali dengan matematika.

5. Ilmu Komunikasi

Jurusan ini lebih fokus pada cara berkomunikasi dari berbagai tingkatan mulai dari komunikasi personal, kelompok, hingga media. Di jurusan Ilmu Komunikasi, tak akan bersinggungan dengan matematika atau ilmu hitung.

6. Hubungan Internasional

Di jurusan ini hal yang dipelajari berkaitan dengan interaksi suatu negara secara global. Saat berkuliah, kamu akan mempelajarai mengenai diplomasi, negosiasi, ilmu kebijakan luar negeri, dan lingkup lainnya yang berkaitan dengan hubungan internasional. Bisa dipastikan matematika tak ada di daftar mata kuliah HI yang harus dipelajari.

7. Antropologi

Jurusan ini berfokus pada manusia dan kebudayaanya. Hal yang akan dipelajari saat berkuliah di jurusan ini adalah seluk beluk kebudayaan dan manusia.

8. Sosiologi

Sosiologi adalah ilmu yang membahas perilaku manusia dan cara manusia berinteraksi dengan manusia lainnya. Hal yang akan dipelajari berkaitan dengan karakter, permasalahan dan fenomena sosial yang terjadi di masyarakat.

Berikut jurusan kuliah bidang sains yang hanya sedikit belajar matematika

1. Biologi

Melansir dari Brain Academy, jurusan ini lebih banyak mempelajari tentang makhluk hidup, mikroba dan sejenisnya. Hanya sedikit ilmu hitung yang akan dipelajari di jurusan ini.

2. Psikologi

Jurusan ini bersinggungan antara sains dan ilmu sosial. Jika mengambil kuliah di jurusan ini matematika juga tak akan ditemui di mata kuliah.

3. Keselamatan kerja

Jurusan ini mempelajari soal soal evaluasi lingkungan kerja dan pengelolaanya. Umumnya berkaitan dengan potensi bahaya seperti risiko kecelakaan kerja. Hanya sedikit ilmu hitung di mata kuliah ini.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI