ADV A1

Posko 22 PBL II FKM Unhas Memangkalkan 7 Langkah CTPS Demi Kesadaran Personal Hygiene Generasi Desa Kalukubodo

FAJAR Pendidikan

Posko 22 Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) II FKM Unhas menanamkan nilai kesadaran terkait personal hygiene kepada peserta didik dibangku sekolah dasar di Desa Kalukubodo.

Sebagai upaya dalam memperkuat kekebalan tubuh generasi Desa Kalukubodo melalui penyuluhan Cuci tangan pakai sabun (CTPS) yang baik dan benar.

Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 81 Kalukubodo pada senin, 10 Januari 2022.

“kegiatan penyuluhan ini merupakan upaya menggerakkan kesadaran masyarakat terkhusus bagi peserta didik sekolah dasar di desa Kalukubodo,’’ ucap koordinator posko 22 PBL II FKM, Unhas Crefty Ainil Haq.

fkm unhas

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan wawasan kepada warga desa kalukubodo khususnya bagi peserta didik SDN 81 Kalukubodo sebagai upaya memanamkan kesadaran terkait personal hygiene berupa 7 Langkah CTPS yang baik dan benar sebagai upaya meningkatkan kekebalan tubuh peserta didik dalam melanjutkan proses belajarannya.

BACA JUGA :   Mahasiswa Program Magister Kesling FKM Unhas Gelar Kunjungan Lapangan dan Penyuluhan

Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode penyampaian materi tentang CPTS diselingi dengan dengan bina suasana.

Kegiatan ini diawali dengan pre-test dan diakhiri dengan post-test. Adanya pre-test dan post-test pada kegiatan ini dijadikan sebagai tolak ukur pemahaman peserta terhadap indicator keberhasilan intervensi penyuluhan CTPS.

Pelaksanaan penyuluhan tentang imunasi ini juga dirangkaikan dengan pengaplikasian materi 7 langkah CTPS di tempat cuci tangan di sekolah dan dilanjutkan dengan pemasangan poster terkait 7 Langkah CTPS disetiap kelas serta di tempat cuci tangan yang ada di SDN 81.

BACA JUGA :   FKM Unhas Gelar Sosialisasi Pendampingan Tata Kelola Dinkes Kabupaten Buru

Ada beberapa hal unik dalam pelaksanaan penyuluhan ini, diantaranya adalah pemilihan duta sekolah CTPS.

Hal tersebut bertujuan untuk mendorong peserta didik untuk meninggkatkan kesadaran mereka dalam penerapan personal hygiene yang baik dan benar.

Di tempat terpisah, supervisor posko 22 Desa Kalukubodo, A. Muflihah Darwis, SKM, M.Kes, sangat mendukung kegiatan ini demi pembentukan generasi yang taat protokol kesehatan dalam mencegah wabah Covid-19 menyebar di Desa Kalukubodo.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI