- Advertisement -

Prodi S1 Ilmu Gizi FKM Unhas Lakukan Visitasi untuk Reakreditasi

Tim Asesor Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPT-Kes) melakukan Visitasi Akreditasi Program Studi Ilmu Gizi Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) selama dua hari, pada tanggal 12-13 Januari 2023.

Tim Asesor dari LAMPT-Kes yang hadir pada kegiatan yakni, Dr Nurul Muslihah, SP MKes dari Universitas Brawijaya dan Dr Sufiati Bintanah, SKM MSi dari Universitas Muhammadiyah Semarang.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Prof Nur Nasry Noor Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin yang dihadiri oleh pimpinan universitas, pimpinan fakultas, pimpinan departemen, pimpinan program studi, guru besar, dosen dan tenaga kependidikan.

Selain itu, beberapa alumni, stakeholders dan juga mahasiswa sebagai undangan dalam kegiatan visitasi ini.

Rektor Universitas Hasanuddin yang diwakili Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof drg Muhammad Ruslin, MKes PhD SpBM(K) menyampaikan bahwa proses akreditasi ini diharapkan menjadi input atau masukan, baik untuk universitas, fakultas dan program studi.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam sambutannya juga disampaikan bahwa ini merupakan proses reakreditasi yang ketiga oleh BAN PT dan LAMPT-Kes, dan menjadi program studi yang pertama yang terakreditasi internasional (ASIIN).

Pada kegiatan ini juga hadir seluruh pimpinan fakultas, Dekan dan Para Wakil Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin.

BACA JUGA:  Kegiatan Magang Promosi Kesehatan FKM Unhas Dukung Pencapaian Agenda SDGs

Dalam sambutannnya, Prof Sukri Palutturi, SKM MKes MSCPH PhD menyampaikan bahwa Program Studi Ilmu Gizi FKM Unhas ini sudah berkembang dengan sangat pesat.

“Sampai saat ini, Prodi Ilmu Gizi tercatat telah menjadi program studi di bidang gizi terbaik di wilayah Indonesia Timur,” ungkap Dekan FKM Unhas.

Saat ini, Prodi Ilmu Gizi sudah menunjukkan komitmen membenahi prodi dan selama ini juga sudah mendapatkan dukungan dari Universitas Hasanuddin.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Salah satu dukungan untuk prodi ilmu gizi tertuang dalam rencana strategis, diantaranya pembentukan fakultas gizi dan pembuatan pusat kajian, dimana pusat kajian ini sudah berdiri.

Tim Asesor LAMPT-Kes menyampaikan kunjungannya adalah untuk memotret melalui proses asesmen atau pemantauan lapangan secara fisik.

Kunjungan kali sudah dengan bentuk dokumentasi yang terbaru dengan 9 kriteria.

Dr dr Citrakesumasari, MKes SpGK selaku ketua program studi menyampaikan bahwa terdapat beberapa mata kuliah unggulan yang menjadi bentuk implementasi penerapan visi misi, terutama yang berkaitan dengan benua maritim.

Dalam kegiatan ini juga sebagai pihak UPPS, ketua Gugus Penjaminan Mutu dan Peningkatan Reputasi, Prof dr Hasanuddin Ishak, MSc PhD memaparkan bahwa sistem penjaminan mutu yang diterapkan oleh pihak fakultas bertugas untuk ikut melakukan evaluasi dalam proses pembelajaran.

BACA JUGA:  Dekan FKM Unhas Lepas 218 Mahasiswa PBL II di Kabupaten Pangkep

Selain mata kuliah unggulan, menurut Ketua Departemen Ilmu Gizi, Dr Healthy Hidayanti, SKM MKes kurikulum yang diterapkan oleh program studi ilmu gizi saat ini sudah menerapkan OBE (Outcome Based Education), dimana pengukurannya sangat jelas untuk mencapai Capaian Pembelajaran (CPL).

Tim Asesor juga menyampaikan bahwa idealnya tiap semester harus dilaksanakan evaluasi CPL.

Tidak hanya proses pembelajaran yang menjadi bahan diskusi, melainkan juga sarana dan prasarana yang tersedia dan dapat dimanfaatkan oleh pendidik dan mahasiswa.

Sekretaris Departemen Gizi, Dr Abdul Salam, SKM MKes menyampaikan bahwa progres program studi saat ini terkait sarana dan prasarana sudah sangat terlihat dengan tersedianya beberapa alat laboratorium yang dibutuhkan dan pembukaan laboratorium antropometri sebagai penujang pembelajaran.

Tim Asesor LAMPT-Kes yakin Program Studi Ilmu Gizi terus berbenah, baik dari segi tata kelola, tata pamong dan juga layanan kepada mahasiswa.

Demikian pula peningkatan kinerja dosen dan prestasi lainnya mengalami kemajuan.

Bagikan

BACA JUGA:

FKM Unhas Gelar Seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menyelenggarakan seleksi Pemilihan Mahasiswa Berprestasi (Pilmapres) Sabtu, 9 Maret 2019 di Ruang Kandouw FKM...

Mahasiswa PBL FKM Unhas Gelar Emo Demo Bahaya Rokok

Takalar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) yang sedang melaksanakan Pengalaman Belajar Lapangan II (PBL Dua) yang berada di posko 4 dan posko...

Mahasiswa FST UIN Alauddin Raih Best Project Bidang Kuantum Kimia di Rusia

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Mahasiswa Program Studi (Prodi) Kimia Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Alauddin Makassar kembali menorehkan prestasi di event Internasional. Dia Ulfiyah Ningsih merupakan...

Expo Kewirausahaan UNM, Rektor Berkomitmen Lahirkan Entrepreneur

FAJARPENDIDIKAN.co.id- Universitas Negeri Makassar (UNM) melalui Lembaga Inovasi dan Pengembangan Kewirausahaan menggelar Expo Kewirausahaan Universitas Negeri Makassar (UNM) kegiatan tersebut berlangsung mulai hari hari...

439 Wisudawan Dikukuhkan, Ini Pesan Ketua STIE Nobel Indonesia

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Nobel Indonesia kembali mencetak lulusan sebanyak 439 wisudawan/wisudawati, yang terdiri dari 47 lulusan Sarjana Manajemen, 11 lulusan Sarjana Akuntansi...

POPULER