ADV A1

Profil Mieke Wijaya, Artis Senior dengan Kiprah Panjang di Dunia Perfilman Indonesia

FAJAR Pendidikan

Mieke Wijaya meninggal dunia di usia 82 tahun pada Selasa (3/5) malam. Kabar duka ini dikonfirmasi oleh anak Mieke, Nia Zulkarnaen lewat sebuah unggahan di akun Instagram pada Rabu (4/5) pagi.

Kepergian Ibu 4 anak tersebut memberi duka mendalam bagi seluruh anggota keluarga dan sahabat yang ditinggalkan.

Mieke Wijaya sendiri bukan orang sembarang. Dia merupakan aktris senior yang sudah berkecimpung di dunia hiburan Tanah Air sejak 1955.

Profil Mieke Wijaya

Biodata

Mieke Wijaya lahir pada 17 Maret 1939 di Bandung, Jawa Barat. Perempuan berparas cantik ini merupakan keturunan Belanda.

Pada 1965, Mieke Wijaya menikah dengan aktor Dicky Zulkarnaen. Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai empat anak termasuk artis Nia Zulkarnaen.

Karier

Melansir Suara.com Mieke Wijaya termasuk salah satu aktris Tanah Air dengan kiprah panjang dalam dunia perfilman Indonesia.

Tercatat, Mieke Wijaya telah membintangi puluhan judul film dan sinetron semasa hidupnya. Mieke Wijaya memulai kariernya dengan membintangi film berjudul ‘Gagal’ pada tahun 1955.

Mieke Wijaya mulai dikenal publik dan membintangi berbagai judul film, seperti ‘Tjorak Dunia’ (1955), ‘Pilihlah Aku’ (1956), ‘Tiga Dara’ (1956), hingga ‘Asmara Dara’ (1958).

Sejumlah film beken mulai dari Bing Slamet Koboi Cengeng (1974) Badai Pasti Berlalu (1977) , Ali Topan Anak Jalanan (1977) hingga Gerhana pun makin melambungkan nama Mieke Wijaya.

Dua judul sinetron legendaris TVRI juga telah dibintangi Mieke Wijaya yakni “Rumah Masa Depan” (1984) dan “Losmen” (1986).

Mulai tahun 2000-an, Mieke Wijaya pun fokus membintangi berbagai sinetron. Mulai dari ‘Kemilau Cinta Kamila’ yang berlanjut dari tahun 2010 hingga 2011.

Film terakhir Mieke Wijaya di dunia perfilman adalah Ayat-Ayat Cinta yang tayang pada 2008.

Penghargaan

Berkat akting memukaunya, Mieke Wijaya berhasil meraih Piala Citra pada 1967, 1975 dan 1981. Masing-masing penghargaan didapat lewat perannya dalam film Gadis Kerudung Putih, Ranjang Pengantin dan Kembang Semusim.

Mieke Wijaya juga pernah dianugerahi Lifetime Achievement Award di ajang Festival Film Bandung pada 2011 dan Indonesian Movie Actors Awards di tahun 2015 lalu.

Itulah profil artis senior Mieke Wijaya, mulai dari biodata, perjalanan karir, hingga deretan penghargaan yang mengantarkannya menjadi artis film legendaris.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI