Puasa Nifsu Syaban: Ini Niat, Keutamaan serta Amalan yang Dilakukan

Peringatan Nisfu Syaban tentu sangat dinantikan oleh seluruh umat muslim. Nisfu Syaban adalah peringatan tanggal 15 bulan kedelapan dari kalender Islam. Kehadiran malam Nisfu Syaban sendiri sangat istimewa, karena malam Nisfu Syaban juga disebut sebagai malam pengampunan.

Pada malam Nisfu Syaban, Allah SWT akan mengampuni dosa semua umat yang memohon ampunan, mengasihi mereka yang memohon kasih, menjawab setiap doa yang dipanjatkan, serta membebaskan umatnya dari siksa neraka.

Salah satu amalan yang bisa dilakukan saat Nisfu Syaban adalah puasa. Puasa Nisfu Syaban juga bertepatan dengan puasa Ayyamul Bidh. Namun selain puasa, ada beberapa amalan lain yang dapat dilakukan umat muslim pada malam Nisfu Syaban. Dikutip dari berbagai sumber, berikut niat puasa Nisfu Syaban dan amalan yang bisa dilakukan di malam tersebut:

- Iklan -

Puasa Nisfu Syaban

Puasa pada malam Nisfu Syaban biasanya dilaksanakan pada Ayyamul Bidh. Puasa Ayyamul Bidh adalah puasa yang dikerjakan pada pertengahan bulan, yaitu pada hari ke 13, 14, dan 15 hijriah tiap bulannya kecuali pada Ramadan. Jadi puasa Nisfu Syaban bisa dilakukan pada 27, 28, 29 Maret 2021.

Baca Juga:  Renungan Harian Kristen, Rabu, 8 Mei 2024: Iman untuk Bertekun

Niat puasa Nisfu Syaban pada malam hari:

Nawaitu shauma ghadin ‘an adai sunnati Sya’bana lillahi ta’ala.

- Iklan -

Artinya:

Saya niat puasa sunah Syaban besok karena Allah Ta’ala.”

Niat puasa Nisfu Syaban pada siang hari:

- Iklan -

Nawaitu shauma hadzal yaumi ‘an adai sunnati Sya’bana lillahi ta’ala.

Artinya:

Saya niat puasa sunah Syaban hari ini karena Allah Ta’ala.”

Dzikir

Ada banyak amalan yang bisa dilakukan saat Nisfu Syaban, salah satu amalan yang bisa umat muslim lakukan saat malam Nisfu Syaban ialah perbanyak zikir. Zikir saat malam Nisfu Syaban akan memperbanyak pahala bagi Anda.

Sayyid Muhammad bin Alawi telah menjelaskan:

Baca Juga:  Mudik Dunia dan Mudiak Akhirat

“Seyogianya seorang muslim mengisi waktu yang penuh berkah dan keutamaan dengan memperbanyak membaca dua kalimat syahadat, La Ilaha Illallah Muhammad Rasululullah, khususnya bulan Syaban dan malam pertengahannya.”

Istighfar

Selanjutnya umat muslim juga dapat memperbanyak istighfar pada malam Nisfu Syaban. Istighfar dikatakan dapat menjadi pembuka ampunan atas segala dosa-dosa yang telah dilakukan. Terlebih lagi pada bulan Syaban dosa-dosa akan akan diampuni, kesulitan dimudahkan, dan kesedihan dihilangkan.

Berdoa

Selin zikir dan istighfar, pada saat Nisfu Syaban, umat muslim juga dianjurkan untuk memperbanyak doa. Selain memohon pengampunan, umat muslim dapat memanjatkan doa meminta keberkahan dan keridhoan Allah SWT.

Hadis riwayat Abu Bakar bahwa Nabi Muhammad SAW mengatakan:

(Rahmat) Allah SWT turun ke bumi pada malam Nisfu Sya’ban. Dia akan mengampuni segala sesuatu, kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian (kemunafikan),” HR. Al-Baihaqi.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU