Ramaikan Malam Nifsu Syaban dengan Cara Berikut Ini

Pada malam Nisfu Syaban (15 Syaban) yang tahun ini jatuh pada malam tanggal 25 Februari 2024 dianjurkan bagi kaum muslimin untuk menghidupkannya dengan berbagai amalan shalih.  Seperti salat, membaca Al Quran, dzikir, doa, sedekah dan lainnya. Termasuk di dalamnya banyak istigfhar tobat dan memaafkan.

Rasulullah SAW bersabda, ” Sesunggugnya Allah memperingatikan hambaNya pada malam nisfu Syaban. Kemudian Dia akan mengampuni dosa semua machluk-Nya, kecuali orang musyrik dan nasyahin (orang yang hatinya ada kebencian permusuhan antar sesama umat Ialam”. ( HR. Ath- Thabrani).

Dan dianjurkan banyak berdoa karena ternasuk dalam 5 amalan utama untuk berdoa.

- Iklan -

5 Malam Afdal Berdoa

Imam Asy Syafi’i rahimuhullah berkata, “sesungguhnya doa dikabukan di lima malam : malam Jumat, malam Idul Adha, malam Idul Fitri, di awal malam bulan Rajab, dan malam nisfu Syaban”. (Kitab Al Umm : 1264).

Syaikhul Islam dalam kitab Istidha Shirath Mustaqim (2/136) berkata, ” Tentang keutanaan malam nisfu Syaban telah diriwayatkan beberapa hadist yang marfu’ dan atsar yang kesemuanya menunjukkan, sesungguhmya ia merupakan malam yang diutamakan. Dan sesungguhnya sebagian para salaf mengkhususkannya dengan salat di dalamnya”.

- Iklan -
Baca Juga:  Meraih Berkah Ramadan

Masih dalam halaman yang sama (2/136), setelah menyampaikan keterangan di atas, beliau menyebutkan pendapat sebagian kecil ulama yang mengingkarinya, akan tetapi pendapat ini diingkari lleh beluau dengan menyatakan, ” Akan tetapi, yang merupakan pendapat meyoritas ulama dari para sahabat kami (ulama madzab Hanbali) dan dari mereka, bahwa ia diutamakan.

Dan hal tersebut telan ditunjukkan oleh penjelasan Imam Ahmad, karena berbilangnya hadist yang telah datang dalam masalah ini dan hal ini juga dibensrkan oleh berbagai atsar dari para salaf. Sebagian keutamaannya felah di riwsyatkan dalam kitab “Musnad dan Sunan”.

Beliau Syaikhul Islam petnah ditanya tentang salat nisfu Syaban. Maka beliau menjawab, “Apabila seorang insan menunaikan salat di malam nisfu Sysban sendirian atau di dalam jamaah khusus sebagaimana dahulu sekompok salaf pernah melakukannya, maka hal itu merupakan perkara yang baik”. ( Majmu’ Al Fatawa ; 23/131)..

- Iklan -

Doz agar umur panjang, penuh berkah, penuh rasa syukur dan taqwa, ” Allahumma ak- thir maalii wa walafil wa baarik lii fiimaa a’tothanii wa athil hayaati ‘ala thoatik wa ahsin amalii wagh fir lii. Artinya, ya Allah perbanyaklah harta dan anakku serta berkahilah kerunia yang Engkau beri. Panjangkanlah umumrku dalam ketaatan padaMu, dan baguskanlah amalku serta ampunilah dosa dosaku

Baca Juga:  Hukum Bersedekah dengan Uang Haram

Doa untuk khusus orang usianys telah sampai dan lebih dari 40 tahun, ” rabbi auzi’niii an asykura ni’matakal latiii an amta alayya wa alaawalidayya wa an amala sholihan thardhohu wa ashlih lii fii dzurrtatil inni tubtu ilaika wainni minal Muslimiin. Artinya, ys Tuhanku, tunjukilsh kami untuk mensyukuti ni’matMu yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engksu ridhoi, berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan ) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubst kepadaMu dan sesungguhnya aku termasuk orang orang yang bersersh diti. (QS.Al Ahwsf ayat 15).

Allahumma baarik lanaa fii Rojab wa Sya’ban wa balignaa Romadhon. Artinya, yaa Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan perjumpakanlah kami dengan bulan Ramadhan”. Aamiin yaa Rabbal Aalamiin. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU