Rasulullah Muhammad SAW Meriwayatkan, Idul Adha Lebih Agung Dari Pada Idul Fitri. Mengapa ?

FAJAR Pendidikan

Sepanjang sejarah perjalanan hidup ummat Islam, dalam setahun ada dua kali hari besarnya, yang sangat sakral dan Agung. Hari Raya Idul Fitri yang didahului dengan berpuasa sebulan penuh, pada bulan Ramadhan.

Dan Hari Raya Idul Adha, yang baru saja berlalu, diiringi dengan penyembelihan hewan qurban bagi ummat Islam yang longgar ekonominya.

Dari Riwayat Rasulullah, dua hari Agung tersebut, yang paling Agung di sisi Allah SWT (Subhanahu Wataalaa) adalah hari Raya Idul Adha.

Mengapa ? Dari Abdullah bin Qurath, radiayallahu anhu, Rasulullah Muhammad Shallallahu Alaihi wasallam bersabda : Hari yang paling agung di sisi Allah, adalah hari An -Nahr, kemudian hari Al- Qahr.

Pada 10 Zulhijjah, dimana ummat Islam melaksanakan hari Lebaran Idul Adha dan melakukan penyembelihan hewan qurban bagi kalangan yang mampu, disebut sebagai hari An-Nahr yang berarti hari penyembelihan. Sebab pada hari tersebut, adalah permulaan syariat penyembelihan hewan Qurban.

BACA JUGA :   Memaknai Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1444 H

Pada 11 Zulhijjah disebut hari Al – Qarr, yang artinya hari menetap. Karena pada 11 Zulhijjah, orang – orang yang mengerjakan ibadah Haji, bermalam dan menetap di Mina. Kemudian hari berikutnya 12 Zulhijjah, disebut dengan nama hari An-Nafar Al-Awwal. Karena jamaah Haji sudah mulai keluar dari Mina, kembali ke Mekah untuk menjalani ranngkaian ibadah selanjutnya.

Pada 13 Zulhijjah disebut dengan nama hari An-Nafar Ats – Tsany. Karena, hari ini, adalah hari terakhir bagi jamaah Haji di Mina, bagi jamaah Haji yang menginginkan hal yang lebih afdhal.

BACA JUGA :   Renungan Harian Katolik, Selasa 9 Agustus 2022: “Sabda Allah Yang Penuh Kerendahan Hati”

Dari hadist tersebut yang menunjukkan hari An-Nahr, adalah hari yang paling Agung di sisi Allah Subhanahu Wataala. Rasulullah juga menyebutkan, bahwa hari An-Nahr, adalah hari Haji Akbar. Dan termasuk hari Id.ummat Islam.

Sebagaimana hadist Rasulullah yang diriwayatkan Uqbah bin Amir Radhiyallahu anhu. ‘’Hari An – Nahr atau Id.An-Nahr, lebih utama dari pada Idul Fitri.

Lalu apa apa keutamaan Idul Adha dibandingkan dengan Idul Fitri ? An –Nahr, terdapat pelaksanaan shalat Idul Adha, penyembelihan, dan keutamaan dalam sepuluh hari Zulhijjah, serta keutamaan tempat dan waktu yang Agung bagi orang – orang yang melaksanakan ibadah Haji.

Sedangkan pada Idul Fitri, hanya terdapat pelaksanaan shalat Idul Fitri dan shadaqah. Sembelihan, lebih utama dari shadaqah. (ShareWa/ana)

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI