Prancis Tawarkan 5 Jenis Beasiswa Kuliah dari D3 Hingga S2

Pemerintah Prancis lewat kedutaan besarnya dan Institut Prancis di Indonesia (IFI) menawarkan lima ragam beasiswa mulai dari program D3, S1, hingga S2.

Beasiswa France Excellence D3/S1 merupakan program lanjutan dari beasiswa Parsial D3/S1 yang telah diluncurkan pada 2020 dan 2021.

Mulai 2022, Pemerintah Prancis memberikan pembiayaan penuh bagi mahasiswa Indonesia unggulan yang akan memasuki tahun pertama pendidikan tinggi di Prancis. Program ini terbuka untuk semua jurusan.

- Iklan -

Selain itu ada juga untuk gelar master yang dibuka pendaftarannya mulai 28 Maret hingga 23 April 2022 untuk tahun pertama atau tahun kedua.

Baca Juga:  Seleksi Beasiswa LPDP Tahap 1 Sudah Diumumkan, Cek Hasilnya

Kemudian ada beasiswa tematik untuk mahasiswa S2 dengan bidang yang sesuai prioritas kerjasama Indonesia-Prancis.

Pada 2022 bidang pilihannya yaitu Ilmu Teknik, Kajian Gender, Ilmu Politik, Ilmu Komputer dan Ilmu Kelautan.

- Iklan -

Khusus bagi perempuan lulusan S1 dengan usia maksimum 30 tahun, ada beasiswa Kartini Sains untuk mendanai pendidikan tingkat master di bidang sains murni.

Tujuan pemberian beasiswa itu untuk memperkuat posisi wanita dalam ranah penelitian ilmiah.

Baca Juga:  Google Buka 10.000 Beasiswa Pelatihan AI di Indonesia, Ini Syaratnya

Menurut UNESCO, peneliti wanita dunia hanya berjumlah 30 persen. Prancis mendukung keberhasilan Indonesia yang memiliki jumlah peneliti wanita yang menonjol dari angka rata-rata dunia yaitu 46 persen.

- Iklan -

Syarat berkas pendaftaran beasiswa itu antara lain bukti identitas seperti paspor atau kartu tanda penduduk, riwat hidup (CV), surat motivasi, surat penerimaan di institusi pendidikan tinggi Prancis, bukti kemampuan bahasa Prancis dan atau bahasa Inggris, ijasah, dan transkrip nilai.

Keterangan selengkapnya di laman https://www.ifi-id.com/beasiswa#/.

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU