Renungan Harian Kristen, Rabu 5 Oktober 2022: Sifat Dosa dalam Diri Manusia

Renungan Harian Kristen hari ini, Rabu 5 Oktober 2022 berjudul: “Sifat Dosa dalam Diri Manusia”.

Bacaan untuk Renungan harian Kristen hari ini diambil dari Roma 5:12

Renungan harian kristen hari ini mengisahkan tentang Sifat Dosa dalam Diri Manusia.

Sebab itu, sama seperti dosa telah masuk ke dalam dunia oleh satu orang, dan oleh dosa itu juga maut, demikianlah maut itu telah menjalar kepada semua orang, karena semua orang telah berbuat dosa. (Roma 5:12)

- Advertisement -

Intro:

Sifat dari dosa yang ada dalam diri setiap orang, baik yang bermoral ataupun yang tidak bermoral adalah: “… akulah tuhan bagi diriku sendiri — I am my own god!” Saya terlahir bersama dosa tersebut dan tidak dapat menanganinya — hanya Allah yang dapat menangani dosa melalui penebusan salib Yesus Kristus.

Renungan Harian Kristen Rabu 5 Oktober 2022

Alkitab tidak mengatakan bahwa Allah menghukum umat manusia karena dosa satu orang, tetapi bahwa sifat/natur dosa, yaitu klaim saya atas hak saya terhadap diri saya, masuk ke dalam umat manusia melalui satu orang.

BACA JUGA :   Ini Kelender Liturgi Bulan November 2022, Lengkap Bacaan Doa Harian

Dan, Manusia lain menanggung sendiri dosa umat manusia dan menyingkirkannya (Ibrani 9:26) — sebuah wahyu yang dalamnya tiada terhingga.

Sifat dari dosa bukanlah keadaan amoralitas dan perbuatan salah, tetapi sifat dari “menyatakan diri” (self realization) yang menggiring kita berkata, “Akulah tuhan bagi diriku sendiri — I am my own god.”

Sifat ini dapat bekerja dalam moralitas yang beradab atau amoralitas yang tidak beradab, tetapi hal itu selalu mempunyai persamaan dasar — klaim saya atas hak saya terhadap diri sendiri.

Ketika Tuhan kita menghadapi orang-orang dengan semua kekuatan jahat dalam diri mereka, atau orang-orang yang hidup bersih, bermoral, dan lurus, Dia tidak menghiraukan degradasi moral yang seorang atau pencapaian moral orang yang lain.

Dia memandang sesuatu yang tidak kita lihat, yaitu sifat atau perangai manusia. (lih. Yohanes 2:25).

BACA JUGA :   Teks Khutbah Jumat 24 November 2022, Tema Ketenangan Hati

Dosa adalah sesuatu yang saya terlahir bersamanya dan saya tidak dapat menanganinya — hanya Allah yang dapat menangani dosa melalui Penebusan.

Melalui Salib Yesus Kristuslah, Allah menebus seluruh umat manusia dari kemungkinan hukuman akibat mempunyai warisan dosa.

Allah tidak pernah menuntut tanggung jawab seseorang karena warisan dosa dan tidak menghukum siapa pun oleh karenanya.

Penghukuman datang apabila saya menyadari bahwa Yesus Kristus datang untuk membebaskan saya dari dosa, tetapi saya menolak Dia melakukannya untuk saya.

Sejak saat itu, saya mulai mendapat meterai hukuman.

“Inilah hukuman itu: Terang telah datang ke dalam dunia, tetapi manusia lebih menyukai kegelapan daripada terang …” (Yohanes 3:19).

Demikian Renungan harian Kristen hari ini Rabu 5 Oktober 2022 diambil dari Roma 5:12 mengisahkan tentang Sifat Dosa dalam Diri Manusia.

 

Sumber: Renungan Oswald Chambers//alkitab.mobi

Bagikan

BACA JUGA:

Renungan Harian Kristen, Sabtu 10 September 2022: Senjata Misionaris (1)

Renungan Harian Kristen hari ini, Sabtu 10 September 2022 berjudul: “Senjata Misionaris (1)”. Bacaan untuk Renungan harian Kristen hari ini diambil dari Yohanes 1:48 Renungan harian...

Apakah Menangis Dapat Batalkan Puasa atau Tidak? Ini Kata Buya Yahya

Puasa adalah ibadah kepada Allah dengan menahan lapar dan haus serta semua yang membatalkan puasa dimulai dari fajar hingga matahari terbenam. Menangis bisa membatalkan...

Apakah Puasa Makruh Apabila Kumur-kumur Saat Berwudhu?

Setiap umat Muslim yang sudah memenuhi syarat diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Jadi ketika berkumur-kumur, apakah dapat membatalkan puasa? Berikut penjelasan...

Keutamaan Berpuasa di Bulan Muharram Menurut Ulama

Terdapat banyak orang berpuasa di bulan Muharram memiliki banyak keutamaan salah satunya disebutkan bahwa puasa yang paling afdal setelah Ramadhan adalah pada bulan Muharram. Dari...

Teks Khutbah Jumat lengkap Tema Sabar atas Kesulitan Hidup

Teks Khutbah Jumat lengkap Tema Sabar atas Kesulitan Hidup. Secara umum, khutbah jumat kali ini menyampaikan pesan penting untuk seluruh umat muslim agar senantiasa...

POPULER