Sabar dan Salat Jadi Penolong

Pada dua ayat dalam surat Al Baqarah, Allah menerangkan pada hambaNya untuk memimta pertolongan dengan sabar dan salat.

Allah SWT berfiman, “Jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sangat berat kecuali orang orang yang khusyuk. (QS. Al Bsqarah : 45).

“Hai orang orang yang beriman, jadikanlah sabar dan salat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah bersama orang orang yang sabar”. (QS. Al Baqarah: 153).

- Iklan -

Sabar Kunci Keberhasilan

Syekh Muhamnad bin Shalih al Utsaimin Rahimahullah berkata, “Allah memerintahkan agar kita meminta pertolongan dalam setiap hal dengan bersabar dalam menghadapinya”.

Seorang hamba jika bersabar dan menunggu keberhasilan yang Allah berikan maka niscaya masalah yang dihadapinya akan menjadi ringan.

Jika engkau mendapat suatu musibah, maka engkau butuh bersabar dalam menghadapinya. Bersabarlah dan peganglah janji.

- Iklan -
Baca Juga:  Meraih Berkah Ramadan

Nabi shallallahu alaihi wasallam nersabda, “Dan ketahuilah sesungguhnya kemenangan itu beriringan dengan kesabaran. Jalan keluar beriringan dengan kesukaran. Dan sesudah kesulitan akan datang kemudahan. (HR Ahmad, sahih. (Syarh Riyadhus Shalihin)

Ayat di atas menunjukkan secara khusus keutamaan sabar. Karena sabar menjadi sebab datangnya pertolongan Allah dari berbagai pendetitaan dan musibah.

Para ulama menjelaskan, kesabaran mencakup 3 hal:
1. Sabar dalam melaksanakan ketaatan kepada Allah
2. Sabar dalam.meninggalkan larangan Allah
3. Sabar salam menghadapi takdir Allah
(tafair al Baqarah ayat 45)

- Iklan -

Salat Sebab Pertolongan

Salat adalah sebab pertolongan berbagai oermasalahan dunia dan agama.

Syekh Muhammad bin Shalih al Utsmainin Rahimuhullah berkata, “Adapun salat, maka akan menjadi penolong setiap urusan dunia maupun agama.

Baca Juga:  Puasa Identik dengan Kesabaran

Sehingga diseburkan dalam sebuah hadisr, bahwa Rasulullah SAW apabila mengalami sesuatu masalah serius beliau segera melakukan salat (HR Abu Daud; hasan)

Allah telah menerangkan falam kitabNya bahwa salat akan mencegah dari perbuatan keji dan mungkar.”

Jika seorang hamba meminta pertolongan dengan melakukan salat dalam setiap urusannya, maka Allah akan memudahkan baginya. Karena salat mruupakan penghubung antara hamba dengan Rabb-Nya.

“Berhentinya aktivitas hamba,.kemudian melaksanakan salat, menjalin hubungan dengan Rabb-Nya berdoa dan mendekatkan diri kepada Allah dan disertai pula dengan amalan amalan sunbah yang dia lakukan saat salat tersebut maka ini aemua nerupakan sebab salat yang dia lakukan menjadi pefolongan baginya”. (Syaikh Riyadhis Shalihin/ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU