Resep Agar-agar Tembikai, Enak dan Menyegarkan

Agar-agar Tembikai benar benar seperti semangka yang diiris-iris dengan cetakan, berbentuk segi empat dan bergerigi.

Dikombinasi dengan dasarnya berwarna hijau, persis kulit semangka yang memang tipis dan bagian atasnya pas betul warna isi semangka. Dan dihiasi dengan biji-biji semangka, dari kismis yang tidak sekadar diletakkan, sehinggan benar-benar menyerupai biji semangka.

Luar biasa kreatifnya Azie Kitchen, mengkreasikan resep ini. Simak cara pembuatannya.

- Iklan -

Bahan Agar-agar Tembikai:

-1 paket serbuk agar-agar (10 gram)

-4 – 4 1/2 cawan air (1 cawan = 190 ml )

-guna 4 cawan

- Iklan -

-gula pasir, 3/4 cawan

-1 sendok kecil esen vanila,

-3 biji telur gred A, pisahkan kuning dan putihnya

- Iklan -
Baca Juga:  Resep Pindang Ikan Gabus, Enaknya dengan Sambel Terasi

-pewarna merah kuning dan hijau

-sedikit kismis

Cara Membuat Agar-agar Tembikai:

  1. Masak agar-agar bersama gula pasir hingga gula pasinya hancur. Masukkan esen vanila, matikan api. Dinginkan adonan agar-agar hingga suam-suan kuku (sekitar 15 – 20 menit).
  2. Kocok putih telur hingga betul-betul mengembang, jika terbalikkan bekas adonan tak tumpah, kemudian masukkan kuning telur satu persatu, kocok lagi hingga mengembang dan gebu.
  3. Tuang satu sendok adonan agar-agar ke dalam sebuah wadah (yang sudah suam-suam kuku) ke dalam bekas adonan telur, sedikit demi sedikit, hingga suam dan rata.
  4. Kocok lagi hingga adonan tercampur rata dan adonan menjadi agak dingin. Ulangi hingga habis. Jangan masukkan agar-agar suam sekaligus. Karena akan menyebabkan lapisan terapung dan terpisah dari agar-agar.
  5. Tuangkan ke dalam wadah yang telah dibasahi. Masukkan 2 sendok kecil pewarna di bagian tengah adonan dan kocok dengan menggunakan lidi atau chopstik.
  6. Aduk dengan berhati-hati agar warna tidak terkena dasar bekas. Letakkan kismis di tengah agar-agar, sebagai biji buah tembikai. Dinginkan ke dalam lemari pendingin. Agar-agar tembikai yang sangat sedap.
  7. Apabila agar-agar sudah membeku, keluarkan agar-agar dari wadah cetakan. Warnakan bagian luar dengan warna hijau sebagai kulit tembikai. Biarkan pewarna mengering sebelum memasukkannya ke lemari es dan dihidangkan.
Baca Juga:  Resep Puding Karamel, Proses Cepat dan Sedehana

Selamat menikmati. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU