Resep Agar-agar Lumut Gula Merah

Agar-agar Lumut Gula Merah bukan kue agar-agar biasa. Maksudnya, selain cara mencampurkan bahannya, cara mengolahnya pun tidak seperti membuat agar-agar biasa.

Makanya bentuknya lebih menarik, seperti kue lapis tetapi bahan menyatu. Menggunakan juga bahan santan dan telur. Dan kedua bahan ini pun larut dan menyatu di dalam agar agar.

Bedanya dengan yang biasa dibikin kebanyakan orang, campurannya mengawang. Padahal saat dimasak hingga mendidih, campurannya menyatu, larut dalam agar-agar. Namun setelah dituang dan mengeras, campuran terpisah. Simak resep @Ni Je Samang

- Iklan -

Bahan Agar-agar Lumut Gula Merah:

-1 paket serbuk agar-agar 10 gram

-1 liter air (4 cawan)

-1 ketul gula melaka (lebih kurang 200 gram)

- Iklan -
Baca Juga:  Resep Ayam Panggang, Enak dengan Lalapan

-1/4 cawan gula pasir

-250 ml santan pekat (100 ml santan kara, selebihnya tambahkan air)

-1 biji telur ayam, masukkan ke dalam santan, lalu kocok dengan garpu

- Iklan -

-secubit garam

-2 helai daun pandan dicuci dan simpulkan

Cara Membuat Agar-agar Lumut Gula Merah:

  1. Masak gula melaka yang disisir halus, campurkan gula pasir bersama 1 cawan air. Masukkan daun pandan yang disimpul, masak sampai mendidih, sambil dikocok terus. Bila sudah siap, saring dan bagi dua cawan.
  2. Siapkan panci bersih, masak 2 cawan air bersama agar-agar. Masak sampai mendidih. Masukkan air gula melaka tadi, aduk terus hingga mendidih.
  3. Keciikan api, lalu masukkan campuran santan yang sudah dikocok bersama telur dan garam. Aduk dan tunggu hingga mengental.
  4. Bila sudah mengental, biarkan sebentar, 1 -2 menit di atas api kecil. Atau bisa besarkan api dan biarkan adonan lebih mengental lagi, sambil diaduk-aduk terus. Aduk terus agar adonan tidak melimpah keluar dari periuk.
  5. Hati-hati, sesuaikan api agar tidak kelihatan adonan berbintik-bintik. Matikan api.
  6. Basahkan loyang atau cetakan yang diinginkan dengan air. Kemudian tuang adonan agar-agar santan hingga mengeras. Bisa simpan di mesin pendingin untuk mendapatkan agar-agar yang dingin dan menyegarkan. Setelah itu, sajikan.
Baca Juga:  Resep Plecing Kangkung, Nikmat Tanpa Lauk

Selamat menikmati. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU