Resep Bolu Sarang Semut, Tanpa Mixer Bisa Montok

Bolu Sarang Semut, dengan resep “Dapur Mamika”, simple bikinnya. Tanpa mixer, hanya diaduk dengan whisk, hasilnya montok dan benar-benar bersarang semut.

Praktis dan cepat proses pembuatannya, karena tidak ribet, bahan cairnya hanya dikocok sampai tercampur rata saja. Cocok untuk pesta.

Bahan Bolu Sarang Semut:

– 450 gram gula pasir
– 500 ml air
– 5 butir telur
– 150 gram tepung terigu
– 150 gram tepung tapioka
– 1sdt backing powder
– 1 sdt soda kue
– 200 ml susu kental manis
– 1/2 sdt vanilli
– 150 gram margarine cair

Baca Juga:  Resep Ayam Goreng Serundeng Lengkuas, Cocok Menu Lebaran

Cara Membuat Bolu Sarang Semut:

  1. Lelehkan gula pasir (caramel), masukkan air, aduk sampai tercanpur rata, sisihkan.
  2. Godok bahan kering, siapkan wadah, tuangkan tepung terigu dan tepung tapioka, tambahkan backing powder, soda kue, aduk sampai tercampur rata, sisihkan.
  3. Siapkan mangkok, masukkan telur, susu kental manis, vanili cair atau bubuk. Kocok menggunakan whisk atau garfu saja. Tidak perlu pakai mixer, masukkan bahan-bahan kering sambil diayak, agar adonan tidak bergerindil. Aduk hingga adonan halus. Masukkan air caramel sambil diaduk. Masukkan margarine cair, aduk rata lagi.
  4. Untuk memastikan tidak ada adonan yang menggumpal saring terlebih dahulu, kocok saringan dengan whisk.
  5. Siapkan loyang 24 x 24 cm yang sudah diolesi margarine dan ditaburi tepung terigu. Tuangkan adonan lalu panggang ke dalam oven, 10 menit setelah dipanaskan. Panggang dengan suhu 200’c dengan api bawah, selama 50 menit Bila bawahnya sudah matang, dan atasnya masih basah, lanjut dengan api atas, dengan suhu 180’c, selama 15 menit. Lalu angkat dan keluarkan dari loyang kemudian iris-iris, sajikan. (ana)
Baca Juga:  Resep Honey Castella Sponge Cake, Lumer di Mulut
- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU