Resep Bubur Bola-Bola Ubi, Kuliner Nikmat di Pagi Hari

Kamu lagi cari resep Resep Bubur Bola-Bola Ubi? Sarapan pagi dengan bubu nasi, atau biasa disebut dengan bubur ayam, karena campuran utamanya, ayam yang sudah disuir-suir. Tapi ini rasanya asin. Ada juga orang sarapan paginya dengan yang manis-manis. Kue-kue yang manis, atau bubur ketan yang manis.

Nah, resep berikut ini, juga ala bubur, tapi bahannya bukan  dari nasi, dan campuran yang asin- asin. Resep yang ini, campuran dari yang manis, gula merah. Tapi bahannya, dari ubi, ubi merah, bubur bola-bola ubi.

Selain bisa untuk sarapan, bisa juga makanan selingan, di waktu-sore atau malam, setelah makan malam. Bisa juga sebagai makanan pesta. Rasanya nikmat, karena menggunakan santan, sedikit gula pasir dan gula merah. Bahan ubi merah ini, dibentuk bola – bola seperti kelereng besarnya. Namun harus menggunakan sagu supaya merekat, bila dibentuk bola-bola.

- Iklan -
Baca Juga:  Resep Kripik Sukun, Enak dan Kriuk

Apalagi bahannya murah meriah, ubi merah. Bisa juga ubi ungu. Cuma ubi ungu sangat langka. Selain ubi, santan, gula pasir dan gula merah, campuran lainnya sedikit garam, tepung sagu, air, daun pandan. Yuk kita praktekkan.

Resep Bubur Bola-Bola Ubi

Berikut ukuran – ukuran bahannya, dan cara membuatnya.

Bahan Utama

  • 2 – 3 sdm sasa santan cair
  • 250 gram ubi merah
  • 75 gram tepung sagu
  • 2 sdm gula pasir
  • ½ sdt gram
  • 1 liter air
  • 2 lembar daun pandan, dipotong potong
  • 100 gram gula merah disisir
  • 2 sdm tepung sagu, larutkan dengan sedikit air
Baca Juga:  Resep Fermentasi Mandai, Enak dengan Ayam Goreng

Cara Membuat

  1. Potog ubi merah, lalu kukus hingga matang dan lunak.
  2. Selagi panas, haluskan ubi merah, lalu campur dengan tepung sagu, gula, garam, dan sasa santan cair. Aduk hingga adonan kalis dan bisa dibentuk.
  3. Bentuk adonan ubi menjadi bola-bola sebesar kelereng.
  4. Rebus air Bersama gula merah dan pandan, hingga mendidih dan gula merah larut.
  5. Masukkan bola – bola ubi dan rebus hingga matang mengapung , sebagai tanda sudah matang. Tuangka larutan tepung kanji dan aduk hingga, hingga mengental lalu angkat.
  6. Taruh bubur bol ubi di dalam mangkuk lalu siram dengan sasa santan cair. Hiasi dengan potongan daun pandan , atau edible plower. (p/wa/ana)
- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU