Resep Kue Putri Ijo, Enak dan Lembut

Kue Putri Ijo, belum dijelaskan pun, sudah terbayang bahwa kue ini pasti enak, manis dan lembut. Sama dengan karakter seorang putri yang lembut, cantik dan ayu, sesuai dengan pewarnaannya, berwarna hijau yang agak lembut.

Untuk satu resep, bisa dapat kuenya satu nampan sedang. Untuk rasanya, kuenya enak dan teksturnya lembut, manis dan aroma pandannya terasa, karena menggunakan daun pandan asli.

Di bagian bawah, kuenya agak keras karena menggunakan tepung beras, namun teksturnya tetap lembut. Berikut resep @Vlog Masak.

- Iklan -

Bahan Kue Putri Ijo:

-1/4 kg tekur (3-4 butir)

-150 gram gula pasir

-1/2 sendok teh garam

- Iklan -

-1/2 sendok teh pasta vanilla

-100 gram tepung beras

-2 sachet santan kelapa instant 65 ml

- Iklan -

-300 ml air jus pandan, dari 20 lembar daun pandan suji dan 5 lembar daun pandan, yang diblender

Baca Juga:  Resep Nila Bakar Pedas Manis, Bikin Boros Nasi

-500 air

-2 tetes pewarna makanan hijau

Cara Membuat Kue Putri Ijo:

  1. Siapkan telur sebanyak 1/4 kilogram (3-4 butir telur), lalu tambahkan 150 gram gula pasir, 1/2 sendok teh garam, 1/2 sendok tah pasta vanlla atau vanlii bubuk. Lalu kocok hingga tercampur rata dengan menggunakan whisk. Gunakan telur yang masih segar, supaya bau amisnya tidak terlalu menyengat.
  2. Tambahkan 100 gram tepung beras, lalu tambahkan 2 sachet santan kelapa 65 ml, dan aduk semua bahan sampai tercampur rata, tetap dengan menggunakan whisk, dan pastikan tidak ada adonan yang bsrgerindil.
  3. Selanjutnya, tambahkan 300 ml air jus daun pandan untuk adonan. Kemudian tambahkan 500 ml air atau 2 gelas belimbing. Tambahkan 2 tetes pewarna makanan warna hijau. Lalu aduk sampai tercampur rata.
  4. Setelah tercampur rata, sisihkan adonan. Lalu siapkan cetakan kue talam, olesi cetakan dengan minyak goreng, supaya adonannya tidak melengket di cetakan.
  5. Lalu kukus di dalam panci kukusan yang sudah dipanasi 10 menit sebelumnya. Kukus hingga matang menggunakan api sedang. Jangan lupa tutup pancinya dilapisi kain agar air uapnya tidak jatuh ke dalam kue.
  6. Setelah 40 menit kemudian, kuenya pun sudah matang. Angkat dari kukusan, lalu keluarkan dari cetakan kue talam dan pindahkan ke cup puding 50 ml.
  7. Sebetulnya, adonan bisa langsung dikukus dengan cup puding, tetapi tidak mantap bila menggunakan wadah tersebut, karena cup pudingnya tipis. Bisa juga tidak menggunalan cup puding, langsung di tata di atas nampan.
Baca Juga:  Resep Ayam Goreng Lengkuas ala Chef Renatta Moeloek

Selamat menikmati. (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU