spot_img
spot_img

Resep Sate Ayam Manis, Praktis, Guri dan Lezat!

Adakah yang tidak suka atau tidak doyan makan sate? Entah itu sate sapi, ayam kambing.

Anda mencari Resep Sate Ayam Manis? Namun dari bahan yang satu ini, kambing  banyak dihindari, terutama yang sudah berumur, atau ada masalah dengan  kolsterol tinggi/jahat, lebih-lebih yang sudah pernah menderita penykit stroke, baik stroke ringan, terlebih lagi stroke berat.

Padahal konon, tidak seperti ini image negative tetang kambing benar adanya. Contohnya saja di Arab, daging kambing, bahkan daging unta yang lebih tinggi lagi kandungan proteinnya, tidak dihindari oleh masyarakat Arab untuk mengkonsumsinya.

Dari tiga macam bahan sate tersebut, yang paling banyak dipilih dan banyal dikonsumsi adalah sate ayam. Harganya juga lebih murah ketimbang dua bahan daging lainnya. Meski lebih murah, harga sate ayam, masih juga lebih terhitung mahal bagi kalngan menengah ke bawah.

Seribuan per-tusuk. Isi tusukannya, masih kurang ‘’terasa’’ di leher. Bila untuk konsumsi keluarga, beli dengan harga Rp 20 ribuan, belum menjangkau satu keluarga. Apalagi untuk sajian pesta.

Baca Juga:  Resep Misoa Kuah, Sederhana dan Lezat

Makanya, bila menginginkan untuk konsumsi keluarga, lebih baik bikin sendiri. Sudah bisa mengeyangkan perut satu keluarga. Beli seekor ayam saja yang berat beratnya satu kilogram, hasilnya sudah lumayan. Dan bila tidak menginginkan untuk ditusuk, juga tidak masalah. Lebih hemat lagi.

Bahanbumbunya, bawang merah, bawang putih, cabe merah besar, lengkuas, ketumbar, kemiri. Merica, can kecap dan margarine. Berikut ukuran – ukuran bahannya, dan cara membuatnya.

Resep Sate Ayam Manis

Bahan Utama

  • 1 kg dada ayam, iris

Bumbu yang Dihaluskan

  • 10 buah bawang merah
  • 8 siung bawang putih
  • Tambah sedikit cabe merah besar
  • – sejempol lengkuas atau lebih (sesuai selera)
  • 1 sdm ketubumbar biji
  • Kemiri
  • Merica
  • Jeruk limo
Baca Juga:  Cara Mudah Membuat Tempe Geprek Royco

Bahan Olesan:

  • Kecap manis, margarine dan madu (campur jadi satu )

Cara Membuat:

  1. Hauskan bahan bumbu (bamer, baput, lengkuas, ketumbar, kemiri) dan cabe.
  2. Campur bumbu halus ke irisan ayam. Tambahkan gula merah, kaldu jamur, gula pasir, merica, dan kecap, jeruk limo dan margarine. Aduk sampai rata dan biarkan meresap.
  3. Simpan semalaman di kulkas, biar tambah meresap bumbunya (jadi, bikinnya dari malam, bersoknya baru ditusuk – tusuk dan dibakar).
  4. Cuci dulu liidi sate, lalu bakar, sambil dioles – oles dengan bahan olesan, lalu dibakar, sambil dioles oles dengan bahan olesan dan dibolak balik satenya, sampai matangnya merata.
  5. Jaga bakarnya, jangan sampai ada yang hangus – hangus biar enak makannya. (p/wa/ana)

Bagikan:

REKONDASI UNTUK ANDA