ADV A1

2 Dampak Buruk yang Dialami Anak Ketika Melihat Orang Tuanya Bertengkar

FAJAR Pendidikan

Dampak buruk akibat pertengkaran orang tua sangat berpengaruh untuk kesehatan mental anak, dampak buruk ini bisa mempengaruhi pertumbuhan anak yang dapat mengganggu kesehatannya.

Bertengkar dengan pasangan memang wajar tetapi jangan sampai melakukannya di depan anak. Pasalnya, hal ini dapat membawa pengaruh negatif bagi kesehatan mental, bahkan menimbulkan trauma pada buah hati.

Setiap anak memiliki reaksi berbeda, tapi umumnya orang tua bisa melihat perbedaan perilaku anak setelah melihat pertengkaran tersebut.

BACA JUGA :   15 Jenis Makanan Terburuk Bagi Tubuh Menurut Ahli Kesehatan

1. Bertengkar di depan anak membuatnya merasa takut dan cemas

Rasa takut dan cemas ini dapat mengganggu belajarnya di sekolah, pertemanan atau kehidupan sosialnya, hingga memengaruhi aktivitasnya sehari-hari. Anak juga dapat menilai hubungan pernikahan sebagai hal yang negatif atau tidak menyenangkan.

Bahkan anak dapat merasa tidak nyaman di rumah dan mengalihkan rasa trauma tersebut ke pergaulan atau hal negatif.

BACA JUGA :   Kota Bawah Tanah Ditemukan di Turki, Ini Kisahnya

2. Perkembangan emosi anak terhambat

Dampak dari bertengkar di depan anak membuat si kecil menunjukkan perubahan sikap yang tidak biasa. Perubahan sikap akibat melihat pertengkaran kedua orang tua dapat membuat anak menarik diri dari lingkungan sosial dan sering terlihat murung.

Anak juga bisa berulah dengan bersikap nakal untuk mengalihkan perhatian kedua orang tuanya. Jika upaya ini berhasil, anak mungkin akan melakukannya lagi dan lagi.

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI