Rezeki di Dalam Al-Quran

Manusia dalam kehidupannya, yang paling utama dan terpenting dikejarnya, adalah rezeki. Setiap hari sibuk ke luar runah, yang dicarinya adalah reezeki.

Pantas saja bila seperti itu. Sebab, bagaimna ada kelangsungan hidupnya, bila tanpa rezeki. Tanpa makan, rumah dll kebutuhan hidup tergantung dari perolehan rejekinya.

Namun rata rata orang menganggap, rezeki hanyalah dalam bentuk uang. Padahal, rejeki, bukan itu saja. Hingga bila tidak mendapatkan uang pada hari itu, dianggapnya, tidak dapat rejeki.Lalu kurang bersemangat.

- Iklan -

Karena itu, agar tetap selalu semangat, meskipun pada aktivitasnya hati itu, tidak membawa uang pulang ke rumah, perlu memahami.lebih dulu pengertian mengenai rezeki.

Baca Juga:  Peristiwa Isra Miraj, 27 Rajab, Rasulullah SAW Bertemu Allah SWT

Apa Itu Rejeki?

Rezeki di dalam Al-Quran, ada beberapa jenis. Diantaranya.

- Iklan -

1. Rezeki yang Dijamin

“Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bimi melainkan Allah lah yang memberikan rezekinya. Dan dia yang mengetshui tempat berdiam binsrang itu dan tempat penyimpanannya”. (. QS. Hud: 6).

2. Rezeki Karena Usaha

- Iklan -

” Dan bahwasanya seorang manusia, tiada mempetoleh selain apa yang telah diusahakannya. Dan bahwasanya usaha itu kelak akan diperlihatkan kepadanya”. (QS.An NAJM : 39 ).

Baca Juga:  Ahmad Ghazali: Kebencian Rugikan Diri Sendiri (21)

3. Rezeki Karena Bersyukur

” Sesungguhnya, jika kamu bersyukur niscaya Aku akan menambah (nikmat) kepadamu. Tetapi, jika kamu mengingkari (nikmst – Ku), maka psti azab – Ku sangat berat”. ( QS. Ibrahim :7 ).

4. Rezeki Karena Istigfhar

” Mohonlah ampun kepada Tuhanmu. Sesungguhnya Dia Mahha Pengampun ( jika kamu memohon ampun) niscaya Dia akan menurunkan hujan yang lebat dari langit kepadamu. (QS. Buh :10 – 11 ). ( PPMI/ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU