- Advertisement -

RHK 22 Desember 2022: Mempertahankan Upah Sorgawi

Renungan Harian Keluarga (RHK) 22 Desember 2022

Pembacaan Alkitab: 2 Yohanes 1 : 8

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Tema: “Mempertahankan Upah Sorgawi”

Pengkhotbah: Pdt. Grace Runtukahu-Pauran, S.Th

(Dilansir dari Kanal Youtube: Multimedia GMIM Bukit Moria Rike).

Renungan Harian Keluarga Hari ini 22 Desember 2022

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Shalom, Puji Tuhan, Saudaraku, kita jumpa lagi dalam Renungan Harian Keluarga di hari ini. Mari siapkan kehidupan Saudara untuk menghadap hadirat Tuhan.

saudaraku yang diberkati Tuhan bacaan kita saat ini terambil dalam kitab 2 Yohanes 1: 8 firman Tuhan berkata demikian: “Waspadalah, supaya kamu jangan kehilangan apa yang telah kami kerjakan itu, tetapi supaya kamu mendapat upahmu sepenuhnya.”

Saudaraku yang diberkati Tuhan, menggapai atau memperoleh sesuatu itu sulit, tetapi jauh lebih sulit adalah mempertahankan sesuatu yang telah diraih atau yang telah diperoleh.

Hari ini kita renungkan firman Tuhan yang bertemakan: “Mempertahankan Upah Surgawi.” Kita melihat dalam bagian bacaan firman Tuhan di saat ini, dengan jelas di awal bacaan ada ajakan, pun ada perintah yang harus dilakukan oleh umat Tuhan untuk waspada, berhati-hati, berjaga-jaga terhadap berbagai ajaran yang hendak menyesatkan hidup beriman umat kepada Tuhan.

BACA JUGA:  Renungan Harian Kristen, Minggu 15 Januari 2023: Apakah Kamu Berjalan dalam Kekudusan

Pada waktu itu, konteks umat Tuhan diperhadapkan dengan ajaran Taurat dan ajaran genostik yang sama-sama menolak Tuhan Yesus sebagai Allah yang datang berwujud manusia.

-Iklan- Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Rasul Yohanes mau mengajak kehidupan umat Tuhan, untuk terus berupaya menjaga dan mempertahankan, apa yang telah dikerjakan oleh mereka, atau oleh para rasul. Umat telah mendengar dan menerima pengajaran injil dari para rasul, maka umat harus hidup berpadanan dengan Injil itu, yang telah mereka terima.

Umat harus terus pelihara, menjaga secara baik, Injil yang telah mereka peroleh. Karena ternyata ada upah yang akan diperoleh. Upah di sini bukan menunjuk pada keselamatan, karena sesungguhnya keselamatan telah dikerjakan oleh Yesus Kristus sendiri.

Upah di sini adalah buah hasil dari pelayanan yang setia kepada Tuhan. Hasil dari Injil itu sendiri yang akan menuntun hidup umat Tuhan berkenan di hadapan Tuhan.

Saudaraku yang diberkati Tuhan, belajar firman Tuhan hari ini, mengajak saya dan saudara-saudara untuk mari bersama kita terus waspada, terus berjaga-jaga, bersiap-siap dalam menghadapi berbagai pengajaran yang hendak menyesatkan, melemahkan hidup beriman kita kepada Tuhan.

BACA JUGA:  Renungan Harian Kristen, Kamis 12 Januari 2023: Pernahkah Kamu Sendirian dengan Allah? (1)

Kita tetap terus pegang Injil Yesus Kristus, kita tetap terus hidup berpadanan dengan Injil Yesus Kristus, sehingga ada upah yang akan kita peroleh dari dalam Injil Yesus Kristus. Tuhan Yesus memberkati FirmanNya, Amin.

Doa:

Terima kasih Ya Tuhan Yesus, firman-Mu Boleh diberitakan bagi kami, biarlah firman-Mu menuntun kami untuk ada dalam keteguhan Iman, berpegang pada Kebenaran Injil Kristus dan melakukan apa yang berpadanan seperti yang Engkau kehendaki dalam hidup ini.

Tuntun pimpin kami Tuhan, supaya kebenaran firman-Mu benar-benar kami wujudkan di perjalanan hidup kami, bersama kehidupan keluarga kami. Tuhan berkati apa yang menjadi usaha, kerja, harapan hidup kami semua.

Kami persembahkan kepadaMu Tuhan dan biarlah Tuhan yang buat berhasil semuanya di dalam perjalanan hidup ini. Amin

Bagikan

BACA JUGA:

Ini Perbedaan Malam 1 Suro dengan 1 Muharram

Secara umum, malam 1 Suro dan 1 Muharram adalah sama. Yang membedakan antara keduanya hanya dalam hal penyebutan dan tradisi yang mengiringi. Jika 1...

Renungan Harian Katolik, Minggu 17 April 2022: Salib dan Kemenangan

Renungan Harian Katolik, Minggu 17 April 2022 berjudul: “Salib dan Kemenangan“. HR Paskah Kebangkitan Tuhan (P) BcE Kis. 10:34a,37-43; Mzm. 118:1-2,16ab-17,22-23; Kol. 3:1-4 atau 1Kor. 5:6b-8;...

Renungan Harian Katolik, Jumat 2 September 2022: Apabila Mempelai Diambil, Barulah Sahabat-sahabat Mempelai akan Berpuasa

Renungan Harian Katolik hari ini, Jumat 2 September 2022 berjudul: “Apabila Mempelai Diambil, Barulah Sahabat-sahabat Mempelai akan Berpuasa”. Renungan Harian Katolik hari ini, Jumat 2...

8 Kumpulan Hadits dan Ayat Tentang Puasa yang Wajib Kamu Ketahui

Kumpulan Hadits dan Ayat Tentang Puasa yang Wajib Kamu Ketahui. Sebagai umat muslim, perluh di pahami ilmu dan pengamalan dalam suatu ibadah seperti puasa. Salah...

Kelender Liturgi Kamis 19 Januari 2023, Lengkap Bacaan Doa Harian

Kalender Liturgi Hari Ini, Kamis 19 Januari 2023, Pada Kalender Liturgi Januari 2023 ini terdapat informasi mengenai hari-hari penting bagi umat Kristiani. Kelender ini merupakan...

POPULER