Teks Kultum Ramadhan Tentang Perintah Sholat

FAJAR Pendidikan

Teks Kultum Ramadhan Tema Tentang Perintah Sholat, Di bulan ramadhan yang mulia ini tentu berbagai macam amalan sholeh terutama rutin mendengar kajian ramadhan baik saat sholat tarwih maupun sehabis sholat subuh.

Anak-anak ayang masih belajar bertausiyah bisa belajar dari sini, Dilansir dari laman Ayobandung, Berikut contoh teks kultum ramadhan dengan tema perintah sholat. Sholat merupakan tiang agama.

Contoh Teks Ceramah Kultum Tarawih Ramadhan Tentang Perintah Sholat

Tentang Perintah Sholat

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat serta hidayah-Nya sehingga kita semua selalu sehat dan dalam perlindungan-Nya. Tidak lupa sholawat serta salam semoga tercurahkan kepada nabi Muhammad SAW.

Pada pagi yang cerah ini, izinkan saya menyampaikan materi yang berkaitan dengan shalat. Shalat merupakan kewajiban bagi pemeluk agama Islam. Rasulullah SAW bersabda “Shalat itu seperti sebuah tiang di dalam agama”

BACA JUGA :   Sebulan Penuh! Kelender Liturgi Bulan Oktober, Lengkap Bacaan Harian

Hal ini dapat diibaratkan seperti sebuah rumah, jika tidak mempunyai tiang maupun tembok sebagai penyangga pasti roboh dan tidak dapat berdiri.

Mengingat betapa pentingnya sholat, maka orang yang sedang sakit pun tetap diwajibkan sholat. Apabila tidak mampu berdiri bisa sembari duduk atau tiduran sesuai dengan ketentuan yang telah diatur.

Rasulullah SAW pernah berkata kalau manusia mengetahui bahwa pahala shalat subuh dan asar maka setiap orang akan mendatanginya walaupun harus merangkak. Hal ini menjadi bukti begitu besarnya pahala dari mengerjakan shalat.

Shalat tidak hanya menjadi suatu kewajiban saja melainkan juga sebagai bukti keimanan seseorang kepada Allah. Di dalam surat Al Ma’uun: 4-5 Allah berfirman yang artinya:

BACA JUGA :   Ini Kelender Liturgi Bulan Oktober 2022, Lengkap Bacaan Harian

“Celakalah mereka yang shalat, yaitu orang-orang yang telah lalai dengan shalatnya.”

Orang-orang yang tidak mengerjakan shalat maka akan celaka dan rugi. Jika shalat seseorang baik maka amalan yang lain ikut baik. Namun, apabila sholatnya buruk maka amalan lainnya juga buruk.

Shalat sebaiknya dilaksanakan tepat waktu secara khusuk. Saat kumandang adzan terdengar, bersegeralah datang ke masjid. Namun, untuk perempuan lebih diutamakan shalat di rumah.

Shalat juga berfungsi mencegah perbuatan keji dan mungkar. Hal ini seperti firman Allah di surat Al-Ankabut. Dengan demikian, seseorang tidak akan melakukan perbuatan dosa seperti mencuri, berzina, melakukan tindak kekerasan dan lain-lain.

Bagikan:

- Advertisment -
REKOMENDASI UNTUK ANDA