Thursday, July 2, 2020

Ribuan Warga Amsterdam dan Dublin Gelar Aksi Demo Kematian George Floyd

FAJARPENDIDIKAN.co.id – Aksi demo atas kematian George Floyd terus menyebar ke penjuru dunia. Ribuan demonstran ikut menggelar aksi di Amsterdam, ibu kota Belanda dan Dublin, ibu kota Irlandia, untuk memprotes kematian pria kulit hitam itu di tangan polisi Amerika Serikat yang menangkapnya.

Mengabaikan pembatasan terkait pandemi virus Corona, para demonstran di Amsterdam dan Dublin membawa tanda bertuliskan Black Lives Matter” dan “I can’t breathe”, yang mengacu ke kematian Floyd.

Aksi-aksi demo atas kematian Floyd yang melanda kota-kota di AS selama enam hari belakangan ini, telah menyebar ke sejumlah penjuru dunia, termasuk juga di London, Inggris dan Selandia Baru.

Media lokal memberitakan bahwa sekitar 3 ribu demonstran berkumpul di Dam Square di jantung kota Amsterdam pada Senin (1/6) waktu setempat. Massa berdiri berdekatan, mengabaikan aturan social distancing untuk mengendalikan penyebaran virus Corona.

Seperti dilansir kantor berita AFP, Selasa (2/6/2020), aksi protes tersebut diorganisir oleh sebuah kelompok yang bertujuan menghentikan tradisi Natal Belanda, “Black Pete” — salah satu pembantu Santa yang berpakaian hitam.

Sedangkan di Dublin, para demonstran berdemo di luar gedung Kedutaan Besar AS pada Senin (1/6) sore waktu setempat. Mereka meneriakkan nama Floyd dan berlutut di gerbang kedutaan sembari mengheningkan cipta.

Kepolisian setempat memperkirakan bahwa antara 2 ribu hingga 3 ribu orang ikut serta dalam aksi demo damai tersebut.

Para demonstran dari berbagai ras itu membawa spanduk bertuliskan “Black Lives Matter” dan “Police Murder”.

“Kepada siapa Anda berpaling ketika Anda tidak bisa berpaling kepada orang-orang yang seharusnya melindungi Anda?” ujar seorang demonstran, Fionnuala O’Connell, bereaksi atas kematian Floyd saat ditangkap polisi.

“Itu bagian yang paling menakutkan, karena apa yang Anda lakukan?” cetusnya.

“Saya merasa banyak dari kita telah dibungkam dan kita takut untuk berbicara,” kata demonstran Raphael Olympio kepada AFP.

“Hari ini kami hanya ingin bicara dan mengangkat suara kami,” imbuhnya. (WLD/*)

- Advertisement -

Pendidikan adalah bekal terbaik untuk perjalanan hidup.

Aristoteles

Filsuf Yunani
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Kepemimpinan Suardi Saleh, Barru Berhasil Miliki Desa Mandiri Terbanyak di Sulsel

Barru, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Torehan keberhasilan dan prestasi terus dicatatkan Kabupaten Barru di bawah kepemimpinan Suardi Saleh-Nasruddin AM. Terbaru, kabupaten yang dikenal sebagai penghasil...

Aspotmar Danlantamal VI Tebar 10 Ribu Benih Ikan Kakap Putih Di Keramba Jaring Apung Lantamal VI

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Danlantamal VI Kolonel Marinir I. Dewa Gede Wirawan S.E tebar 10 ribu benih ikan kakap...

Pos TNI AL Torobulu Lanal Kendari Lantamal VI Berhasil Gagalkan Upaya Penyelundupan Motor Hasil Curanmor

Kendari, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Jajaran Lantamal VI Pos TNI AL (Posal) Torobulu yang merupakan Pos TNI Angkatan Laut dibawah jPangkalan TNI AL (Lanal)...

Posmat TNI AL Selayar Selamatkan Dan Evakuasi 7 Pemancing Yang Hanyut Di Laut

Selayar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sebanyak 7 pemancing penumpang kapal (Jolloro) asal Kab. Bantaeng yang kapalnya terbawa arus di tengah laut berhasil diselamatkan dan...

Danposal Barru Serma Lis Yosep Beri Kue Ultah Di Hut Ke-74 Bhayangkara Kepada Kapolres Barru

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Polres Kab Barru mendapat kejutan kunjungan dari Komandan Pos TNI AL (Danposal) Barru Serma LIS Yosep RD dan anggota....

REKOMENDASI