Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id –  Sebanyak 8.103 calon mahasiswa baru (Camaba) ikuti Tes Jalur Ujian Masuk Mandiri (UMM) UIN Alauddin Makassar.

Hal ini diungkapkan Rektor UIN Alauddin, Prof Musafir Pababbari melalui konferesi pers di Sekretariat Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Gedung Penjaminan Mutu, Minggu, 21 Juli 2019.

“Alhamdulillah pelaksanaan ujian berjalan lancar, disamping ujian tertulis ada ujian menggunakan komputer. Kemudian camaba yang ikut tes tahun ini capai 8.103 orang yang tersebar di kelompok IPA 2071 orang IPS 2688 orang IPC 3664 orang,” ucapnya.

Terakait jumlah kuota yang akan diterima, Kepala Bagian (Kabag) Akademik, Drs Irwanuddin mengatakan dari 8.103 telah mengikuti tes, jalur UMM menyediakan kuota 2280.

“Kuota awal yang disedikan jalur mandiri yaitu 800 orang, namun kuota melalui empat jalur Nasional hanya terpenuhi 3.135 orang. Sementera kuota calon mahasiswa baru tahun akademik 2019/2020 itu sebanyak 5.415 orang. Jadi untuk menutupi jalur nasional yang tidak terpenuhi kita akan menerima 2.280,” jelasnya.

Baca Juga :   Letakkan Jabatan Rektor, Prof Masrurah Lantunkan Puisi untuk Suami di Hadapan Civitas Akademika UMI

Diketahui, ujian kali ini menggunakan dua sistem yakni, Paper Base Test (PBT) dengan jumlah ruangan 360 terdiri dari kampus II UIN, Pesantren Guppi, MAN Model, MTS Model, MAN 1 Makassar, Pesantren Madani, SD Romang Polong, SD Unggulan Paccinaongan dan  Computer Base Tes (CBT) atau ujian berbasis komputer di Laboratorium Komputer FTK dan FST menempati delapan ruangan. (FP/*)