Sejarah Hari Guru Sedunia, Bentuk Wujud Rasa Peduli

Sejarah Hari Guru Sedunia. Setiap 5 Oktober, diperingati sebagai hari Hari Guru Sedunia sejak tahun 1994. International Labour Organitation (ILO) dan United Nation Economical & Social Coucil (UNESCO) menetapkan tanggal tersebut karena pada 1966 diadakan konferensi antara pemerintah khusus di Paris untuk mengadopsi rekomendasi UNESCO dan ILO mengenai status guru.

Hari Guru Sedunia yang jatuh pada tanggal 5 Oktober ini diperingati sejak tahun 1994. Ada pun tujuan adanya peringatan hari guru ini ialah untuk memberikan dukungan kepada guru-guru di seluruh dunia. Dukungan ini dicanangkan untuk memberi keyakinan bahwa generasi masa depan kehidupannya ditentukan oleh guru.

UNESCO (United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization) menyatakan bahwa adanya peringatan Hari Guru Sedunia ini merupakan sebuah wujud rasa peduli, pemahaman, dan apresiasi untuk guru yang mengajar dan mendidik membangun generasi.

BACA JUGA :   Tahukah Kamu 3 Bahaya Jika Meminum Air Laut? Simak Disini
- Advertisement -

Penetapan Hari Guru sedunia ini berdasarkan penandatanganan dokumen UNESCO terkait status guru di dunia. Dalam dokumen yang ditandatangani dijelaskan bahwa standar perekrutan, pelatihan guru di dunia, dan kondisi pekerjaan guru bisa diadvokasi.

- Advertisement -

Tidak hanya sebatas penghargaan atas jasa-jasa guru di dunia, Hari Guru Sedunia juga menjadi tolok ukur terkait hak, tanggung jawab, rekrutmen, dan kegiatan belajar mengajar. Momentum peringatan di tahun ini kiranya juga akan fokus pada kegiatan guru yang mengajarkan siswa dari rumah akibat pandemi COVID-19.

BACA JUGA :   Apa Itu LGBTQ+ dan Megapa Dilarang di Piala Dunia Qatar?

Biasanya, di beberapa negara, peringatan Hari Guru Sedunia ini dilakukan dengan memberikan hadiah sederhana (bunga atau coklat) yang diberikan oleh siswa. Hal ini menunjukkan ungkapan terima kasih dari siswa kepada guru yang sudah mengajarnya.

Tapi, tahukah Bapak/Ibu Guru sekalian? Bahwa peringatan Hari Guru Sedunia di tanggal 5 Oktober itu tidak bersamaan dengan peringatan Hari Guru Nasional di beberapa negara negara.

Contohnya saja di Indonesia. Hari Guru Nasional Republik Indonesia diperingati bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia di tanggal 25 November. Sejarah Hari Guru Sedunia.

Bagikan

REKOMENDASI UNTUK ANDA
- Advertisment -

POPULER: