ADV A1

Darimana Rasa Gatal Itu Berasal? Inilah Sebab Kita Merasa Gatal

FAJAR Pendidikan

Pernahkah kalian merasa gatal? Tahukah kalian dari mana rasa gatal itu berasal? Kenapa kita bisa merasakan gatal? Menurut dokter kulit Amerika Serikat, Melanie Grossman menjelaskan rasa gatal timbul karena reseptor pada kulit yang disebut Pruriceptors (ujung saraf yang mendeteksi gatal) terstimulasi. Sebagai bagian responsimunitas  tubuh, akhirnya tubuh mengeluarkan zat bernama Histamin, yang mengakibatkan gatal.

BACA JUGA :   Kota Bawah Tanah Ditemukan di Turki, Ini Kisahnya

Sebenarnya, gatal merupakan cara tubuh memberitahu akan adanya bahaya seperti sumber alergi, parasit dan sebagainya, yang mengiritasi kulit. Kulit gatal bisa disebabkan banyak hal. Penyebab gatal pada kulit umumnya karena digigit serangga, alergi, stres, penyakit eksim, sampai psoriasis.

Menurut Melanie, terkadang bahan kimia dalam tubuh bisa menyebabkan gatal. Misalkan obat seperti opioids memiliki efek samping gatal-gatal. Penyakit seperti ginjal dan hati juga dapat menyebabkan gatal akibat penumpukan racun.

BACA JUGA :   15 Jenis Makanan Terburuk Bagi Tubuh Menurut Ahli Kesehatan

Gatal psikogenik disebabkan oleh munculnya serotonin dan norepinefrin, yang disertai oleh kecemasan, Depresi dan stres. Seperti jika anda sedang mengalami stres karena meninggalnya anggota keluarga atau perceraian, terkadang rasa gatal akan timbul. Panas juga bisa menyebabkan anda merasa gatal.

 

 

 

 

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI