Selayar Bebas Sampah Plastik, Jogging Sambil Pungut Kantong Kresek Populer di Eropa

 

Aksi Patroli plastik sendiri adalah agenda reguler Gerakan Selayar Bebas Sampah Plastik, dimana untuk gelaran kali ini, dilaksanakan sebagai acara puncak dari event Zero Waste and Youth Fest.

Yang sejak 23 Oktober di Kepulauan Selayar, dimana sebelumnya, telah dilangsungkan kegiatan Selayar Bebas Sampah Plastik Road to School di tiga sekolah yang dipilih.

Komunitas Gerakan Selayar Bebas Sampah Plastik didukung oleh Indorelawan, melakukan Patroli Plastik, hingga mengumpulkan puluhan karung sampah dan ribuan kantong belanja sekali pakai pada Minggu, (31/10/2021)

Patroli Plastik adalah aktivitas menukarkan material plastik yang digunakan oleh masyarakat di tempat-tempat umum dengan wadah yang lebih ramah lingkungan.

- Advertisement -

Patroli Plastik sebagai bagian dari event Zero Waste and Youth Fest 2021 juga berisi aktivitas memungut sampah sambil berolah raga (jogging).

“Jogging sambil memungut sampah atau plogging adalah aktivitas yang sangat populer di Eropa,”ucap Hasriani selaku project manager.

Lanjutnya, dan kami adopsi sebagai cara baru mengkampanyekan perilaku less plastic.

Sementara itu ada puluhan karung sampah plastik yang terkumpul pada kegiatan plogging yang dilakukan pada hari yang sama.

“Saat menukarkan kantong plastik yang dipakai warga, kami juga melakukan sosialisasi tentang bahaya polusi sampah plastik, diantaranya dari kresek yang kerap digunakan masyarakat selama ini. Kami melakukannya tentu dengan cara yang simpatik,” ucap Riyadi Achmad selaku Program Leader Gerakan Selayar Bebas Sampah Plastik di lokasi kegiatan, Minggu (31/10/2021).

“Pelibatan komunitas menjadi upaya kami mengangkat problem sampah plastik sebagai isu bersama,” lanjut Riyadi.

Adapun dukungan Indorelawan pada acara Patroli Plastik ini menjadi bagian dari program Temali Project, dimana organisasi Indorelawan memberikan supporting pada komunitas-komunitas yang dinilai memiliki ide yang konstruktif, diantaranya pada isu bebas plastik.

Bagikan

BACA JUGA:

Optimalkan Pekarangan Rumah, GenBI Sulsel Gelar Pemberdayaan Masyarakat

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Guna mengoptimalkan lahan pekarangan rumah, GenBi (Generasi Baru Indonesia) Sulawesi Selatan menggelar kegiatan Pemberdayaan masyarakat melalui konstruksi tanaman Hidroponik. GenBI Hydrogen merupakan salah...

Komunitas Puisi Makassar Gairahkan Sastra di Sulsel Melalui Sastra Sabtu Sore

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komunitas Puisi (KoPi) Makassar menggelar acara Sastra Sabtu Sore, dibuka dengan pembacaan puisi oleh Maysir Yulanwar. Dia tampil membacakan puisi karya Srie Astuti...

Puisi BURHAMZAH Tentang Olah Raga PETANQUE

BURHAMZAH, inisiator PSC ( Petanque alumini SMA Negeri 3 Makassar Club), wadah pembinaan olah raga yang bisa dilakoni segala umur. Dia memberanikan diri untuk mensosialisasikan...

Wujudkan Mimpi Anak Indonesia, Sebar Buku hingga ke Pelosok

Komunitas Sedekah Buku Indonesia Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Hobinya traveling, ia juga seorang psikolog. Nur Anugerah nama lengkapnya. Perempuan berdarah Bandung-Sulawesi ini merupakan pencetus lahirnya gerakan...

Jaringan Lintas Iman Harmoni, Wadah Semua Aliran Kepercayaan Merajut Perdamaian

Keharmonisan seluruh elemen masyarakat menjadi hal yang terkadang diacuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Apalagi, ketika seorang individu berbeda dari lainnya, seperti perbedaan karena agama, suku,...

POPULER

Gempa Cianjur, Pentingnya Warga Pendidikan Miliki Kemampuan Tanggap Bencana

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengapresiasi guru-guru SMA Negeri 2 Cianjur yang mampu mengelola peserta didiknya dengan baik sehingga...