Selesaikan Masalah dan Penyakit dengan Sedekah

Sedekah adalah mengeluarkan sebagian rezeki. Dengan demikian, ada bagian yang dikeluarkan untuk menjadi hak milik orang lain.

Maka secara tidak langsung jumlah harta berkurang. Namun meskipun jumlah harta berkurang, sedekah dipercaya, mampu mengatasi berbagai macam masalah hidup.

Sedekah juga dapat mengubah takdir buruk. Seperti menolak bala. Dan mampu melancarkan rezeki seseorang. Allah Subhanahu Wataala berfirman, “Siapa yang disempitkan rezekinya (miskin), hendaklah menafkahkan sebagian rezekinya (sedekah) (QS At Talaq).

- Iklan -

Sangat jelas bahwa siapa pun yang ingin hidupnya lapang atau dipermudah segala urusannya, maka cobalah dengan bersedekah. Tidak ada yang maksimum dan minimum dalam nilai sedekah. Namun, semakin besar nilai yang disedekahkan, maka semakin baik dalam mengatasi kesulitan hidup.

Setiap niat sedekah, harus dilakukan dengan ihlas, supaya Allah akan menggantikan, semua nilai sedekah, dengan jalan keluar yang tak diduga duga.

Membuat Rezeki Berjalan Lancar

- Iklan -

Terkadang ada orang dengan gampangnya mengeluarkan uang puluhan ribu rupiah. Atau bahkan mengeluarkan ratusan ribu rupiah untuk sekedar duduk duduk di kafe. nonton di bioskop, karaoke dan jalan jalan dan lain lain.

Tetapi sulit sekali rasanya untuk sekedar mengeluarkan uang, untuk bersedekah. Padahal kalau kita faham dan merasakan dampaknya, kita tidak akan berhenti bersedekah.

Baca Juga:  Efek Dahsyat Bersedekah

Dan kita akan ketagihan untuk bersedekah. Terus bagaimana yang sudah bersedekah, tapi ternyata rezekinya belum nambah nambah ?.Mari kita lihat dulu niat sedekah kita.

- Iklan -

Ada faktor-faktor yang mempengaruhi nilai sedekah itu, tidak? Misalnya dengan sedekah, kifa berharap dapat dinilai, orang dermawan. Atau mungkin yang kita sedekahkan, tidak ikhlas.

Atau, mari kita menghitung lagi rezeki yang selama ini sudah kita peroleh. Baik pendidikan, kesehatan, jabatan, perkerjaan dan lain lain. Semua itu adalah rejeki dari Allah SWT.

Kalai dihitung hitung ulang, mungkin kita malah berhitung sama Allah. Ada lagi selain punya manfaat. Sedekah juga punya keutamaan lain. Mari kita simak, ayat dibawah ini.

“Ambil zakat dari sebagian harta mereka. Dengan zakat itu, kamu, membersihkan dan mensucikan mereka. Dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya dia, kamu itu (menjadi), ketentraman jiwa bagi mereka.

Dan Allah (menjadi ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui” (QS At Taubah, 103).

Obati Penyakit

Sakit yang kita rasakan, salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita. Karena, dengan sakit, Allah ingin kita lebih dekat dengannya. Dan memohon kesembuhan, hanya kepada Allah, atas sakit yang kita alami.

Baca Juga:  Renungan Harian Kristen, Kamis, 27 Juni 2024: Pelepasan dari Allah yang Mengikuti Hidup Kita

Allah selalu memiliki jalan di setiap kesulitan yang kita alami. Tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah. Semua akan berjalan sesuai kehendakNya. Termasuk kesembuhan dari sakit.

Kesulitan saat meengalami sakit, tidak akan selamanya kita alami. Obatilah sakit itu, dengan melakukan amal saleh, untuk mengundang kasih sayang Allah. Dan Allah berikan kesembuhan untuk kita.

Bersedekah, salah satu amalan yang bisa kita lakukan, agar Allah kehendaki pertolongannya, untuk menyembuhkan sakit yang kita rasakan.

Kekuatan bersedekah, tidak hanya dirasakan di akherat saja. Allah menjanjikan bagi orang yang sedekah,.mampu mengolah sakitnya. Dengan sedekah akan mengantarkan kita kepada kasih sayang Allah.

Hingga Allah pun akan mendekatkan kita kepada hal hal yang baik. Rasulullah SAW bersabda, “Obatilah orang yang sakit diantara kalian dengan bersedekah”,. (HR. Abu Dawud At Thabarani dan Al Baihaqi, dihasankan oleh Syeikh Al Albaini dalam Shahidul Jami’).

Ada sedekah yang pahalanya tidak akan terputus, walaupun kita telah meninggal dunia. Rasulullah SAW bersabda, “Apabila manusia meninggal dunia, maka terputus amalnya, kecuaii 3 perkara, Sedekah Jariah, ilmu yang bermanfaat, atau anak saleh yang mendoakannya ” (HR Muslim). (Ana)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU