Sentuh Pustaka, Program Inovasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar

FAJAR Pendidikan

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dari namanya saja bisa membuat kita luluh. Kok bisa? Iya, itulah Sentuh Pustaka atau akronim dari Semua Membantu Menghidupkan Perpustakaan. Sentuh Pustaka adalah inovasi dari Dinas Perpustakaan kota Makassar.

Aktor dibalik ide itu adalah Tulus Wulan Juni atau disapa Pak Tulus (Bukan Penyanyi ya). Ia adalah salah satu Pustakawan di Dinas Perpustakaan kota Makassar yang suka mencari formula untuk mengembangkan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca salah satunya Inovasi Sentuh Pustaka.

“Di Sentuh Pustaka, saya tidak berjuang sendiri, tetapi dibantu berbagai pihak termasuk kolega sesama pustakawan karena memiliki kepedulian yang sama tidak ingin melihat perpustakaan hanya sekedar nama khususnya di perpustakaan sekolah apalagi starting awal pembudayaan kegemaran membaca dimulai diusia dini ditambah lebih dari 1/3 waktu anak-anak dihabiskan dilingkungan sekolah,” terang Tulus.

BACA JUGA :   Lounching Kerjasama Perumahan KPRI LLDIKTI IX dengan PT Cenderawasih Bangun Lestari

Keprihatinan itu akhirnya diawal tahun 2017 membentuk Kelompok Kerja Pustakawan, selanjutnya menggandeng pegiat literasi dan beberapa penerbit.

“Konsep Sentuh Pustaka akhirnya ditawarkan ke unsur pimpinan di Dinas Perpustakaan kota Makassar yang akhirnya di respon dan menjadi formula pembinaan perpustakaan sekolah,” tutur Tulus.

Alhasil, sambungnya, setelah beberapa perpustakaan sekolah di “SENTUH” akhirnya perpustakaan sekolah benar-benar hidup dan denyut aktivitas literasi berjalan dengan semarak.

“Pengunjung perpustakaan sekolah pun meningkat berlipat-lipat. Itu baru 15 sekolah dari 826 sekolah yang ada di kota Makassar, bagaimana kalau semua sekolah sudah ter”SENTUH” ? Bisa dibayangkan budaya baca generasi yang akan datang,” bebernya.

BACA JUGA :   Prof Agus Salim Terpilih Kembali Jadi Rektor UKI Paulus Makassar Periode 2023-2028

Penasaran ‘kan bagaimana proses kerjanya Sentuh Pustaka? Yayasan BaKTI akan mengulasnya lebih jauh dalam diskusi inspirasi BaKTI dengan menghadirkan langsung Tulus selaku Pustakawan/ Inovator dan Drs Muhammad Amran Kudus, MM. selaku Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan kota Makassar/ Bidang yang menangani inovasi Sentuh Pustaka.

Inovasi ini juga telah memenangkan lomba inovasi daerah tingkat Kota Makassar sebagai juara I Innovative Mayor Award (IMA) tahun 2019.

Catat tanggalnya : Kamis, 20 Februari 2020

Pukul : 14.30 Wita sd. Selesai di Kantor BaKTIRegistrasi segera tempat terbatas ke email : info@bakti.or.id atau WhatsApp ke : 0811417052

Bagikan:

Maaf komentar belum bisa digunakan

BERITA DAERAH

BACA JUGA

- ADV D1 -
- ADV D2 -

TERKINI