Tuesday, August 4, 2020

Sentuh Pustaka, Program Inovasi Dinas Perpustakaan Kota Makassar

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Dari namanya saja bisa membuat kita luluh. Kok bisa? Iya, itulah Sentuh Pustaka atau akronim dari Semua Membantu Menghidupkan Perpustakaan. Sentuh Pustaka adalah inovasi dari Dinas Perpustakaan kota Makassar.

Aktor dibalik ide itu adalah Tulus Wulan Juni atau disapa Pak Tulus (Bukan Penyanyi ya). Ia adalah salah satu Pustakawan di Dinas Perpustakaan kota Makassar yang suka mencari formula untuk mengembangkan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca salah satunya Inovasi Sentuh Pustaka.

“Di Sentuh Pustaka, saya tidak berjuang sendiri, tetapi dibantu berbagai pihak termasuk kolega sesama pustakawan karena memiliki kepedulian yang sama tidak ingin melihat perpustakaan hanya sekedar nama khususnya di perpustakaan sekolah apalagi starting awal pembudayaan kegemaran membaca dimulai diusia dini ditambah lebih dari 1/3 waktu anak-anak dihabiskan dilingkungan sekolah,” terang Tulus.

Keprihatinan itu akhirnya diawal tahun 2017 membentuk Kelompok Kerja Pustakawan, selanjutnya menggandeng pegiat literasi dan beberapa penerbit.

“Konsep Sentuh Pustaka akhirnya ditawarkan ke unsur pimpinan di Dinas Perpustakaan kota Makassar yang akhirnya di respon dan menjadi formula pembinaan perpustakaan sekolah,” tutur Tulus.

Alhasil, sambungnya, setelah beberapa perpustakaan sekolah di “SENTUH” akhirnya perpustakaan sekolah benar-benar hidup dan denyut aktivitas literasi berjalan dengan semarak.

“Pengunjung perpustakaan sekolah pun meningkat berlipat-lipat. Itu baru 15 sekolah dari 826 sekolah yang ada di kota Makassar, bagaimana kalau semua sekolah sudah ter”SENTUH” ? Bisa dibayangkan budaya baca generasi yang akan datang,” bebernya.

Penasaran ‘kan bagaimana proses kerjanya Sentuh Pustaka? Yayasan BaKTI akan mengulasnya lebih jauh dalam diskusi inspirasi BaKTI dengan menghadirkan langsung Tulus selaku Pustakawan/ Inovator dan Drs Muhammad Amran Kudus, MM. selaku Kabid Pengembangan Perpustakaan dan Pembudayaan Kegemaran Membaca Dinas Perpustakaan kota Makassar/ Bidang yang menangani inovasi Sentuh Pustaka.

Inovasi ini juga telah memenangkan lomba inovasi daerah tingkat Kota Makassar sebagai juara I Innovative Mayor Award (IMA) tahun 2019.

Catat tanggalnya : Kamis, 20 Februari 2020

Pukul : 14.30 Wita sd. Selesai di Kantor BaKTI Registrasi segera tempat terbatas ke email : info@bakti.or.id atau WhatsApp ke : 0811417052

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Dorong Mahasiswa Lakukan Pengawasan Partisipatif, Bawaslu Minta Dukungan Rektor IAIN Bone

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bone Hj Jumriah lakukan audiensi rencana Workshop terkait sosialisasi pengawasan Pemilu dengan Rektor IAIN...

Persiapan Panen Raya dan Vicon Dengan Kasal, Wadan Lantamal VI Tinjau Lahan Ketahanan Pangan Karuwisi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Makassar, Wakil Komandan (Wadan) Kolonel Laut (P) Baroyo Eko Basuki, S.H, M.M melaksanakan kunjungan ke lahan ketahanan pangan Karuwisi Lantamal...

Wisuda Purna Tugas Wujud Penghormatan Lanal Kendari Terhadap Jasa-Jasa Perwiranya Selama Berdinas Di TNI AL

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kendari, Selasa, (04/08/2020) Lanal Kendari mengadakan Upacara Wisuda Purna Tugas dan Acara Tradisi Pelepasan yang dikemas secara menarik dan mengharukan...

Irjen Pol Merdisyam Ditunjuk Jadi Kapolda Sulsel

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kepala Kepolisian Republik IndonesiaJenderal Idham Azis mutasi Kapolda Sulsel Irjen Mas Guntur Laupe, digantikan Irjen Pol Merdisyam.Kapolri, Jenderal Idham Azis...

SMP Islam Athirah 1 Makassar Edukasi Siswa Perihal Esensi Kurban Melalui Webinar

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Kegiatan kurban merupakan salah satu agenda tahunan yang dilaksanakan oleh SMP Islam Athirah 1 Makassar. Kegiatan kurban tahun ini dibagi...

REKOMENDASI