Friday, September 18, 2020

Sivitas Akademika FKM Unhas Siap Sambut Mahasiswa Baru 2019

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Setelah terbitnya Panduan Penerimaan dan Pengembangan Karakter Mahasiswa Baru (P2KMB) Universitas Hasanuddin (Unhas) yang ditandatangani oleh Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu, MA., Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Unhas segera menggelar rapat panitia yang telah dibentuk dan diantisipasi sebelumnya.

Rapat dipimpin oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof Sukri Palutturi, SKM., M Kes., MSc PH, PhD., berlangsung di Ruang Kandouw FKM Unhas pada hari Rabu, 24 Juli 2019.

Sebelum memaparkan tentang jadwal kegiatan, Prof Sukri menguraikan mengenai panduan P2KMB ini. Menurutnya, P2KMB ini merupakan sarana bagi mahasiswa baru untuk mengenal dan mengetahui tata kelola, sistem pendidikan, serta lingkungan fisik kampus Unhas dalam rangka pengembangan potensi dirinya.

Kegiatan P2KMB Unhas 2019 juga dimasukkan sebagai titik tolak inisiasi pembinaan idealisme, menanamkan dan memperkuat rasa cinta tanah air dan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan.

“Tujuan P2KMB memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar mereka dapat lebih cepat beradaptasi dengan kehidupan kampus serta lingkungan sosialnya. Adapun asas P2KMB Unhas adalah dibangun berdasarkan asas keterbukaan, asas demokratis dan asas humanis,” jelas Prof Sukri.

Ada beberapa hal yang berkaitan dengan P2KMB sebelumnya terutama berkaitan dengan kegiatan Basic Learning Skills, Character, and Creativity (Balance), tahun ini kegiatan Balance dijadwalkan pada tanggal 14 – 16 Agustus 2019 yang merupakan bagian dari agenda P2KMB dan selanjutnya kegiatan mentoring setiap hari Sabtu Selama enam minggu pada tanggal 24,31, Agustus, dan tanggal 7,14,21, 28 September 2019.

Sementara materi mahasiswa baru oleh BEM Fakultas diagendakan pada tanggal 13 Juli 2019 dan selanjutnya kegiatan pendampingan mahasiswa baru oleh BEM  Fakultas dan Himpunan Departemen, mulai dilaksanakan setiap hari Sabtu pada tanggal 5,12,19,26 Oktober, tanggal 2,16, 23, 30 November, dan tanggal 7, 14, 21, 28, Desember 2019.

Ketua Panitia P2KMB FKM Unhas, Adelia U Mangilep, SKM., MARS., dan didampingi oleh sekretaris panitia, Dian Saputra Marzuki, SKM., M Kes., menyampaikan draft materi yang akan berlangsung mulai 8 Juli 2019 sampai 17 Agustus 2019.

Upacara penerimaan mahasiswa baru program sarjana tahun akademik 2019/2020 dan pembukaan P2KMB Unhas akan dijadwalkan pada tanggal 8 Agustus 2019 pada tingkat Unhas sementara pada tanggal 9 dan 12 Agustus 2019 akan diisi dengan materi fakultas baik yang berkaitan dengan akademik, sarana dan prasarana maupun materi kemahasiswaan juga materi pengenalan departemen dan prodi.

Selanjutnya pada tanggal 13 Agustus 2019 akan diisi oleh materi BEM dan Maperwa berkaitan dengan struktur organisasi lembaga kemahasiswaan tingkat fakultas/departemen; kepengurusan, proses menjadi anggota, dan program kerja; jenis kegiatan kemahasiswaan untuk meningkatkan ketaqwaan, mengasah penalaran, bakat/minat dan sosial/pengabdian kepada masyarakat dan materi pilihan disesuaikan dengan kebutuhan.

Unhas Day diagendakan pada tanggal 17 Agustus 2019 yang merupakan momentum untuk menampilkan dan memperkenalkan berbagai prestasi kegiatan kemahasiswaan melalui BEM dan UKM.

Berbagai masukan juga datang peserta rapat dan akan disempurnakan oleh panitia terutama yang berkaitan dengan hal-hal teknis misalnya keamanan, perlengkapan sebelum dan setelah kegiatan berlangsung juga termasuk aspek kesehatan mahasiswa baru. Rapat ditutup oleh Prof. Sukri, sesaat sebelum masuk waktu sholat dzuhur. (FP/*)

- Advertisement -

Ini kekeliruan dunia pendidikan kita, yang menganggap mata pelajaran sains lebih penting, dan mendiskriminasi budi pekerti. Akibatnya banyak anak cerdas yang justru terjerumus dalam narkoba, seks bebas, tawuran, dan korupsi ketika dewasa.”

Seto Mulyadi

Pemerhati Anak

TERKINI

Sekolah Islam Athirah Berikan Penghargaan Guru dan Karyawan Berprestasi

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah kembali memberikan apresiasi kepada guru dan karyawan berprestasi. Pengumuman apresiasi bertajuk Human Capital Award 2020 itu dilaksanakan...

Luar Biasa, Guru TK Islam Athirah 2 ini Raih Penghargaan The Best Teacher

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Sekolah Islam Athirah (SIA) menggelar kegiatan forum jumat pada hari Jumat, 18 September 2020. Kegiatan forum jumat kali ini berbeda...

BPJS Ketenagakerjaan Gencar Ajak Guru Mengaji Jadi Peserta, Ini Manfaatnya!

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- BPJS Ketenagakerjaan gencar melakukan sosialisai mengajak penerimaan insentif guru mengaji untuk menjadi pesertanya. Hal tersebut seperti yang...

DKM Bakal Lakukan Pameran Daring ‘Semangat 2020’

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Pandemi Covid-19 telah berlangsung lebih dari setengah tahun. Semua lini kehidupan seperti sedang diuji daya tahannya, termasuk posisi seni...

Danlantamal VI Sambut Hangat Kunjungan Dirut PT. Semen Tonasa

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Komandan Lantamal VI (Danlantamal VI) Laksamana Pertama TNI Dr. Benny Sukandari, S.E., M.M., CHRMP., menyambut hangat kunjungan Direktur Utama...

REKOMENDASI