Thursday, July 2, 2020

Sivitas Akademika FT Unhas Gelar Halalbihalal dan Launching Dies Natalis ke-60

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id – Mengawali hari kerja paska libur Hari Raya Idul Fitri 1441, sivitas akademika Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (FT Unhas) menyelenggarakan halalbihalal sebagai bentuk silaturahmi dan meningkatkan hubungan persaudaraan.

Kegiatan yang dirangkaikan dengan launching Dies Natalis FT Unhas ke-60 berlangsung secara virtual melalui aplikasi Zoom, Rabu (27/05). Acara juga disebarluaskan melalui platform YouTube Unhas.

Kegiatan secara langsung dibuka oleh Rektor Unhas, Prof Dr Dwia Aries Tina Pulubuhu. Dalam sambutan pembukanya, Prof Dwia mengapresiasi berbagai kegiatan positif dan inovatif dari Fakultas Teknik Unhas selama masa pandemi covid-19.

Segala bentuk inovasi FT Unhas merupakan dampak dari kerja sama yang baik segenap unsur sivitas akademika FT Unhas dan para alumni.

Masing-masing pihak menunjukkan kepedulian dan komitmen untuk terlibat mengatasi pandemi covid-19.

“Situasi sekarang fokus pembelajaran pada E-learning. Namun, metode seperti ini perlu dilakukan kombinasi dengan metode lain seperti metode pengembangan pembelajaran berbasis lab yang juga perlu diprioritaskan,” jelas Prof Dwia.

Sehingga, sambungnya, perlu adanya proses adaptasi dari rencana pembelajaran semester dengan mengakselerasi metode pembelajaran lainnya.

Pada era normal baru, proses adaptasi dan inovatif sangat dibutuhkan.  Harapannya, sistem pembelajaran ditengah pandemi tetap berkualitas.

Olehnya itu, kapasitas keterampilan dan modul pembelajaran harus ditingkatkan.

Pada kesempatan yang sama, Dekan FT Unhas, Prof Dr Ir Muhammad Arsyad Thaha memaparkan berbagai partisipasi FT Unhas selama masa pandemi covid-19.

Prof Arsyad menjelaskan, selama masa pandemi produktivitas pembelajaran dapat dikatakan berlangsung optimal, serta beberapa aktivitas inovasi yang terus dilakukan.

“Kami membentuk tim satgas dan membuka donasi sebagai bentuk keterlibatan sivitas akademika FT Unhas,” jelas Prof Arsyad.

Selain itu, kata Prof Arsyad, mahasiswa juga sangat aktif dengan menghasilkan produk inovasi seperti chamber, hand washer dengan berbagai varian serta beberapa inovasi lain yang saat ini dipersiapkan,” jelas Prof Arsyad.

Ketua Ikatan Alumni FT Unhas, Ir Haedar A Karim juga berkesempatan memberikan sambutan. Ia mengajak untuk membangun dan merubah mindset, perilaku serta life style dalam situasi pandemi covid-19.

“Kami alumni tentu akan selalu berupaya untuk mendukung semua hal yang bertujuan untuk pengembangan kemajuan dan terobosan baru yang ingin dilakukan FT Unhas,” jelas Haedar.

Olehnya itu, kata Haedar, kebersamaan dan kerja sama perlu ditingkatkan.

Usai sambutan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan hikmah dan refleksi halalbihalal yang disampaikan oleh Dr H Das’ad Latief. Dosen Ilmu Komunikasi FISIP Unhas.(*/FP)

- Advertisement -

Pendidikan adalah bekal terbaik untuk perjalanan hidup.

Aristoteles

Filsuf Yunani
MAJALAH FAJAR PENDIDIKAN

TERKINI

Nasihin Masha Terpilih Anggota DK PWI Pusat

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Nasihin Masha, wartawan senior dan mantan Pemimpin Redaksi Harian Republika Rabu ( 1/7 ) ditetapkan sebagai Anggota Dewan Kehormatan PWI...

Jelang Penutupan Pendaftaran UMPTKIN 2020, UIN Alauddin Kokoh Di Urutan Kedua Kampus Paling Diminati

FAJARPENDIDIKAN.co.id - Panitia nasional penerimaan mahasiswa baru Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) menerbitkan surat edaran tentang perubahan sistem dan jadwal pelaksanaan...

Bupati Bersama Forkopimda Hadiri Upacara Hari Bhayangkara Ke-74 Secara Virtual di Mapolres Bone

Bone, FAJARPENDIDIKAN.co.id- Peringatan Hari Bhayangkara saat pandemi diselenggarakan secara virtual dari Istana Negara dengan Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo, Rabu (1/7/2020).

Panitia Pusat UTBK Unhas Gelar Sosialisasi Pengawas Secara Daring

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Universitas Hasanuddin sebagai Panitia Pusat Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menggelar Sosialisasi Tata Laksana Pengawasan UTBK – SBMPTN secara...

Dongkelor Lolos Kriteria Inovasi Penanganan Covid-19

Makassar, FAJARPENDIDIKAN.co.id - Dongkelor memenuhi kriteria Inovasi Penanganan Covid-19 di Indonesia yang diselenggarakan oleh Jaringan Inovasi Pelayanan Publik Nasional (JIPPNAS) Kemenpan RB...

REKOMENDASI