Rektor Unasman Dr Chuduriah Orasi Ilmiah di Wisuda Universitas Terbuka Majene

Rektor Unasman Polman, Dr Hj Chuduriah Sahabuddin, M.Si, tampil membawakan orasi ilmiah pada acara Wisuda Daerah Universitas Terbuka (UT) Majene, Minggu, 6 November 2022 di Aula LPMP Majene.

Doktor sosiologi politik PPs-UNM ini pada orasinya menegaskan, pada masa Revolusi Industri 4.0 dunia pendidikan mengalami perubahan tren pembelajaran yang berbanding lurus dengan perkembangan teknologi, yang dikenal dengan Pendidikan 4.0.

Komponen utama Era Industri 5.0 adalah manusia mampu menciptakan nilai baru melalui perkembangan teknologi.

- Iklan -

Pengembangan sumber daya manusia bidang pendidikan terdapat lima hal penting yaitu: profesionalitas, daya kompetitif, kompetensi fungsional, keunggulan partisipatif, dan kerja sama, tandas magister ilmu komunikasi PPs-Unhas ini.

Terobosan kebijakan pendidikan baru yang disebut “Merdeka Belajar” telah digulirkan akhir tahun 2021,terobosan tersebut telah merubah wajah pendidkan di Indonesia.

Baca Juga:  Pembukaan Pekan Ilmiah dan Olarahraga HMJ-EI gelar Seminar Nasional dengan Tema "Transformasi Menuju Indonesia Emas 2045: Generasi Muda Harus Apa?"

Namun masih banyak yang bertanya-tanya, apa sesungguhnya merdeka belajar sebagai esensi dari Kampus Merdeka.

- Iklan -

Merdeka Belajar merupakan kebebasan memilih secara bertanggung jawab disertai motivasi, kepercayaan diri untuk memperoleh berbagai informasi, pengetahuan, keterampilan, pengalaman reflektif dan evaluatif, kata Ketua APTISI Provinsi Sulawesi Barat.

Universitas Terbuka memiliki peranan penting sebagai Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PJJ) yang sudah menerapkan metode e-learning, jauh sebelum era pembelajaran daring diterapkan oleh sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia.

UT sebagai pelopor Pendidikan 4.0 menggunakan e-learning sebagai pilar utama. Sehingga betapa pentingnya peran dunia pendidikan dalam menghadapi tantangan lain zaman, maka para pelaku pendidikan dengan konsep Merdeka Belajar harus siap memasuki era industri 5.0.

- Iklan -
Baca Juga:  Abd Mujib Motivasi Dosen IAIN Bone Capai Gelar Guru Besar

Tema wisuda kali ini adalah “Konsep PTJJ dalam Tatanan PTNBH menuju Realisasi Kurikulum Merdeka Belajar di Era 5.0”. Alumni UT yang menjalani prosesi wisuda sebanyak 420 orang.

Pada prosesi wisida UT Majene berlangsung hybrid (online dan offline) dihadiri antara lain: Ketua LPPMP UT, Direktur UT Majene, Wakil Bupati Majene, Aris Munandar, Ketua STAIN Majene Prof. Dr. Wasilah Sahabuddin, ST. MT, Wakil Rektor Unsulbar, Asisten II Provinsi Sulawesi Barat, Ketua DPRD Majene, Kepala Dinas Pendidikan Majene, Ketua IKA UT Majene, pihak bank BRI, BSI, dan puluhan undangan lainnya.(*)

- Iklan -

Bagikan:

BERITA TERKAIT

REKOMENDASI

BERITA TERBARU